, ,

Tips Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil

Tips Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil. Bagaimana cara mengatasi keputihan saat hamil? Mungkin ada banyak ibu hamil yang memiliki pertanyaan seperti itu atau mungkin memang Anda salah satunya. Keputihan merupakan cairan yang keluar dari organ intim wanita. Keputihan ini ada yang bersifat normal atau fisiologis dan ada keputihan yang tidak normal atau patologis.

Para wanita yang bisa mengalami keputihan di antaranya adalah wanita yang sedang dalam masa subur, wanita yang akan atau sudah menstruasi, wanita yang kelelahan dan sedang dalam stres, wanita yang sedang menjalankan program diet, wanita yang menggunakan obat tertentu atau memakai pil KB, dan juga wanita yang sedang hamil.

Baca : Penyebab dan Cara Mengobati Keputihan

Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil

Bagaimana cara mengatasi keputihan saat hamil? Wanita hamil rentan terhadap keputihan karena terjadinya perubahan hormonal pada ibu hamil dan juga terjadi perubahan bentuk tubuh. Apalagi jika ibu hamil memasuki masa trismester kehamilan atau pada masa semester akhir ketika perut sudah semakin membesar dan daya tahan tubuh semakin berkurang.

Jika terjadi keputihan pada ibu hamil, sebaiknya diamati dulu apakah keputihan tersebut masih normal atau akan berbahaya bagi kesehatan ibu hamil dan janinnya.

Jika masih normal, maka tidak perlu khawatir. Namun jika keputihan tidak normal, harus dicari penyebabnya dan dicari cara mengatasi keputihan saat hamil agar tidak berpengaruh buruk pada janin.

Keputihan yang Harus Diwaspadai

Keputihan yang harus diwaspadai oleh ibu hamil adalah keputihan yang memiliki bau tidak enak, keputihan yang menimbulkan rasa gatal, dan jika keputihan berwarna kuning kehijauan atau cokelat.

Jika ibu hamil mengalami keputihan yang seperti disebutkan, maka ibu hamil harus segera mengobatinya atau memeriksakannya ke dokter kandungan karena keputihan tersebut terjadi karena adanya jamur, bakteri, parasite. dan juga bisa disebabkan oleh virus.

Jamur yang biasa menyerang ibu hamil adalah jamur Candida sp akibat dari kelembapan pada organ kewanitaan dan biasanya sering terjadi pada bulan-bulan akhir kehamilan sampai menjelang persalinan.

Solusi Keputihan Saat Hamil

Cara mengatasi keputihan saat hamil jika memang sudah terasa mengganggu aktivitas dan menimbulkan ketidaknyamanan bisa dengan menggunakan bahan-bahan alami atau tanaman obat, salah satunya adalah dengan menggunakan daun sirih.

Daun sirih sangat baik karena dapat meghilangkan kuman dan bakteri jahat. Caranya adalah dengan merebus daun sirih sebanyak 10 lembar menggunakan 2 liter air sampai mendidih dan sisa air setengahnya. Setelah hangat-hangat kuku gunakan untuk membersihkan vagina.

Daun sambiloto juga bisa digunakan untuk menghilangkan keputihan. Ada juga daun pegagan, daun sembung atau juga dengan temulawak, dan kunyit.

Baca juga :Amazon Plus atasi Keputihan pada Ibu Hamil

Demikian cara mengatasi keputihan saat hamil. Semoga bermanfaat bagi ibu hamil yang mengalami keputihan.

Written by Obat Herbal

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Penyebab dan Cara Mengobati Keputihan

Penyebab dan Cara Mengobati Keputihan

Sayur dan Buah Untuk Penyakit Jantung

Sayur dan Buah Untuk Penyakit Jantung