Tanaman obat untuk rematik dan nyeri sendi

No Comments
Tanaman obat untuk rematik dan nyeri sendi

Tanaman obat untuk rematik dan nyeri sendi. Sebelum membahas tentang tanaman obat yang dapat untuk mengobati sakit rematik, kita harus mengetahui apa penyebab dan gejala rematik. Penyakit rematik merupakan peradangan sendi yang kronis terjadi akibat adanya gangguan autoimun.

Gangguan auto imun terjadi saat masuknya virus, bakteri dan jamur lalu menyerang sel serta jaringan pada tubuh sendiri. Pada penyakit ini, imun gagal membedakan antara jaringan itu sendiri dengan benda asing. Jaringan yang sering salah keliru adalah jaringan sinovium yaitu selaput tipis yang melapisi sendi. Hasil dari kekeliruan tersebut dapat menyebabkan pembengkakan, kerusakan nyeri, peradangan sendi, serta dapat menimbulkan kecacatan.

Rematik biasa menyerang persendian seperti pergelangan tangan, buku buku jari, lutut, engkel kaki, sendi tulang belakang, pinggul, leher, bahu, rahang bahkan sambungan antar tulang sangat kecil di telinga.

Baca : Perbedaan Penyakit asam urat dan rematik

Rematik bisa juga mempengaruhi jantung, pembuluh darah, kulit dan paru paru. Rematik ini biasa menyerang sendi yang simetris kedudukannya dalam tubuh manusia.

Gejala yang sering di derita oleh pengidap rematik adalah :

  1. Terjadinya rasa kaku pada sendi di pagi hari
    Biasa terjadi 1 jam di pagi hari
  2. Pembengkakan dan nyeri sendi
    Sendi ini terasa hangat dan lembek apabila disentuh.
  3. Nodul (benjolan)
    Karena terjadinya peradangan kecil pembuluh darah, dapat menyebabkan benjolan kecil dibawah kulit sebesar biji kacang.
  4. Penumpukan cairan
    Dapat menjadi kista kanker jika kantung sendi di belakang lutut mengalami penumpukan

Penyebabnya rematik adalah dikarenakan kombinasi dari berbagai faktor, termasuk genetik yang rentan, infeksi virus ataupun perubahan hormon. Pada seorang wanita hamil, rematik dapat memperburuk keadaannya.

Nyeri sendi sering diartikan sebagai gejala dari penyakit rematik, namun nyeri sendi bukan juga bersebab karena penyakit rematik contoh beberapa nyeri sendi yang terjadi :

  1. Nyeri sendi jari jari tangan, nyeri sendi pada tangan tidak hanya terjadi dikarenakan rematik dapat juga terjadi karena penyakit lain seperti penyakit trigger finger penyakit ini terjadi dikarenakan terjepitnya otot otot jari ditelapak tangan kita yang menyebabkan nyeri di sekitar daerah tersebut.
  2. Kemudian pada nyeri sendi di kaki, nyeri sendi di kaki dapat disebabkan oleh asam urat, nyeri sendi yang terjadi karena asam urat biasanya menyerang sendi pangkal ibu jari kaki.
  3. Nyeri sendi bahu dan siku, nyeri ini bersumber pada bahu yang apabila di lengan diangkat ke atas mengakibatkan nyeri dikarenakan penyakit shoulder impingement.
  4. Nyeri pinggul dan lutut, penyakit yang dapat menyebabkannya adalah penyakit pengapuran sendi. Dimana menipisnya tulang rawan. Tulang rawan mengisi setiap ujung tulang sendi jadi apabila tulang rawan tidak ada, sendi tersebut langsung bergesekan sehingga membuat nyeri.

Tanaman obat untuk rematik dan nyeri sendi

  1. Alpukat

    Lemak pada alpukat memberikan lubrikasi secara alami pada persendian

  2. Asparagus

    Biasa digunakan untuk mengobati rematik

  3. Strawberry

    Bisa diminum sebagai upaya penyembuhan rematik

  4. Jus semangka

    Tanaman untuk mengobati rematik dan nyeri sendi ini dapat mengeluarkan asam urat yang berlebih jika diminum malam hari, semangka yang dipilih adalah semangka tanpa biji. Jika kadar asam urat berkurang nyeri sendi yang di sebabkan asam urat pun akan berkurang.

  5. Singkong

    Singkong sebagai umbi umbian yang dapat mengobati rematik dengan pemakaian di dalam dan diluar.
    Pada pemakaian luar :
    Haluskan daun singkong , jahe merah dan kapur sirih lalu oleskan pada bagian yang terasa nyeri.
    Pada pemakaian dalam :
    Buah singkong tersebut dicampur dengan sereh, jahe, di rebus kemudian disaring dan diminum sebanyak 2x1hari

  6. Tumbuhan putri malu

    Akar putri malu di rendam dengan arak putih selama 2minggu lalu oleskan pada bagian yang nyeri.

  7. Bunga matahari

    Bagian tengah bunga matahari dan jahe direbus sampai kental lalu tempelkan pada bagian yang sakit ataupun nyeri.

Baca juga : Cara mengobati asam urat secara alami

Jadi Tanaman obat untuk rematik dan nyeri sendi banyak terdapat disekitar kita sehingga kita dapat menggunakannya sebagai obat herbal yang alami tanpa ada efek samping khusus dan kita dapat pula terbebas dari ketergantungan obat penghilang rasa sakit.

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Artikel Yang Lain 

See all posts