, ,

Resep obat tradisional asam urat

Resep obat tradisional asam urat, Pada artikel sebelumnya kami sudah memberikan informasi kepada anda mengenai gejala dan penyebab Asam Urat. Nah, apabila anda sudah mengetahui penyebabnya maka 50% anda sudah memahami bagaiamana pencegahannya. Namun, Jika anda sudah terlanjur mengalami penyakit ini maka mau tidak mau harus disembuhkan dengan cepat. Dalam ulasan kali ini kami akan memberikan informasi bagaimana Cara mengobati asam urat secara alami

Resep obat tradisional asam urat

Penyakit Asam urat adalah penyakit akibat kelebihan purin yang menyebabkan ginjal tidak dapat mengeluarkan asam urat sehingga asam urat menumpuk pada persendian berupa kristal asam urat. Penyakit asam urat biasanya terjadi pada laki-laki usia diatas 30 tahun namun tidak dipungkiri dapat terjadi pada wanita. Berikut ini kami sampaikan beberapa resep ramuan alami obat tradisional asam urat yang bisa Anda buat secara mudah.

1. Tanaman Sidaguri (Sidarhombifolia)

Tanaman sidaguri mengandung alkaloid, kalsium oksalat, tannin, saponin, fenol, asam amino, niyak atsiri, sat phlegmatic untuk ekspektoran, dan lubrikan. Akar tanaman sidaguri mengandung steroid dan aphredine. Rasa tanaman sidaguri manis, sedikit panas dan sejuk. Tanamanan sidaguri berfungsi sebagai antiradang, peluruh kencing, dan penghilang rasa sakit. Bagian yang digunakan untuk pengobatan adalah akar.

Cara menggunakan tanaman sidaguri untuk pengobatan Asam Urat

  1. Rebus 15-30 gram tanaman sidaguri yang telah kering atau 30-60 gram tanaman sidaguri basah dengan 3 gelas air sampai tersisa setengahnya.
  2. Minum 3 kali sehari masing-masing setengah gelas.
  3. Apabila menggunakan akar, gunakan 10-15 gram saja.

2. Tanaman Sambiloto (Adrographispanniculata)

Kandungan yang terdapat pada tanaman sambiloto diantaranya senyawa flavanoid, alkane, keton, aldehid dan beberapa mineral (kalsium, kalium dan natrium). Tanaman ini berasa pahit, fungsinya sebagai anti peradangan, penghilang nyeri (analgetik), dan penawar racun. Semua bagian tanaman digunakan untuk pengobatan.

Cara menggunakan tanaman sambiloto untuk pengobatan Asam Urat

  1. Cuci bersih dan rebus sambiloto kering (10 gram), 10 gram rimpang temulawak kering, 5-10 gram komfrey, 1 gram lada.
  2. Rebus semua bahan kedalam 5 gelas air hingga mendidih dan bersisa 3 gelas.
  3. Minum 3 kali sehari, satu jam sebelum makan atau dua jam setelah makan secara rutin.

3. Tanaman Kumis Kucing (Orthosiphonaristatus)

Khasiat tanaman kumis kucing adalah sebagai diuretik yaitu penghancur batu saluran kencing. Rasa tanaman ini manis sedikit pahit. Garam kalium pada tanaman kumis kucing berfungsi sebagai penghancur batu saluran kencing. Kandungan sintesinnya bersitas sebagai antibakteri dan senyawa orthosiponin glikosida berguna membantu membuang kelebihan asam urat lewat urin.

Cara meramu tanaman kumis kucing untuk menyembuhkan asam urat

  1. Siapkan 10 gram daun kumis kucing kering atau 20 gram daun kumis kucing basah, 10 gram meniran sawi tanah kering, 15 gram jahe merah, 10 gram kapulaga.
  2. Semua bahan dicuci bersih
  3. Memarkan jahe merah
  4. Rebus semua bahan dalam satu liter air hingga tersisa setengahnya
  5. Minum tiga kali sehari, masing-masing ¾ gelas.

4. Daun Salam (Eugeniapolyanta)

Daun salam bersifat astrigent. Senyawa yang terdapat pada daun salam diantaranya: minyak atsiri, tannin dan flavanoid.

Cara menggunakan daun salam untuk pengobatan asam urat alami adalah

  1. 10-15 gram daun salam direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas air.
  2. Minum 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.

5. Ubi Jalar Merah

Ubi jalar merah ternyata bisa digunakan sebagai obat asam urat alami. Cara menggunakan ubi jalar untuk pengobatan asam urat tradisional ini adalah

  1. 200 gram ubi jalar merah, 5 butir cengkeh, 1 buah biji pala, 1 ruas jari kayu manis, 15 gram jahe merah, 5 butir kapolaga, 10 butir merica dan gula merah secukupnya.
  2. Rebus semua bahan dengan 1,5 liter air hingga menjadi ½ liter air.
  3. Minum  airnya dua kali sehari.

6. Pare

Buah pare yang rasanya pahit ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Banyak yang memanfaatkan buah pare sebagai obat diabetes melitus, selain itu juga bisa digunakan sebagai obat asam urat. Inilah resep obat tradisional asam urat dengan buah pare:

  1. 1 buah pare mentah buang bijinya, cuci bersih dan potong-potong.
  2. Rebus dengan 2 gelas air hingga menjadi 1 gelas air.
  3. Minum 1 kali sehari.

Resep obat tradisional asam urat diatas memang tergolong sangat alami karena semunya berasal dari hasil alam dengan melalui proses pengolahan tradisonal pada umumnya. Oleh karena dijamin aman dan tidak banyak mengandung efek samping bagi tubuh.

Tetapi kaau Anda tidak mempunyai waktu yang cukup atau repot membuat ramuan obat tradisonal asam urat, Anda bisa mengonsumsi Obat asam urat tradisional K-Muricata yang jauh lebih praktis dan lebih ampuh.

Obat asam urat K-Muricata merupakan teh herbal perpaduan ekstrak umbi keladi tikus dan daun sirsak. Manfaat Daun sirsak untuk obat asam urat  dipercaya mampu mengobati penyakit asam urat dan hipertensi serta penyakit berat lainnya seperti kanker dan tumor.

Written by Obat Herbal

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cara Alami Mengobati Penyakit Kista

Cara Alami Mengobati Penyakit Kista

Penyebab dan Tanda Gejala Usus Buntu