Angelina Jolie, inspirasi penderita kanker payudara

No Comments
Angelina Jolie, inspirasi penderita kanker payudara

Angelina Jolie, inspirasi penderita kanker payudara – Pengangkatan payudara sebagai pengobatan kanker memang lumrah dilakukan. Namun, bagaimana jika hal itu dilakukan untuk sekedar mencegah risiko kanker? Itulah yang dilakukan aktris Hollywood Angelina Jolie. Pemeran Lara Croft dalam Tomb Raider itu membuang dua payudaranya atau disebut mastektomi ganda, untuk mengurangi risiko kanker payudara akibat mutasi (perubahan genetik) pada gen bernama BRCA.

Baca : Ciri dan penyebab kanker payudara

Perlu diketahui, setiap orang memiliki gen BRCA (breast cancer susceptibility gene), baik tipe 1 atau tipe 2. Kedua gen berfungsi melindungi sel dari risiko kanker dengan memproduksi protein untuk memperbaiki DNA. Ketika terjadi mutasi, gen BRCA itu sendiri yang rusak. Akibatnya, DNA tidak bisa diperbaiki sehingga memicu risiko kanker. Pada beberapa orang, salah satu gen berpotensi bermutasi sehingga meningkatkan risiko kanker. Perempuan dengan mutasi BRCA berisiko 60 – 80% mengalami kanker payudara.

Baca : Gejala kanker payudara stadium awal

Lalu, apakah mutasi itu hal yang umum terjadi? Tidak mudah untuk memperkirakan potensinya. National Human Genome Research Institute memperkirakan perempuan dewasa berisiko 12% mengalami kanker payudara. Centers for Disease Control and Prevention (CDC), lembaga federal di bawah Departemen Kesehatan dan Pelayanan AS, mengatakan risiko kanker bisa muncul akibat faktor keturunan. Jika terdapat anggota keluarga yang mengalami mutasi gen, terdapat 50% peluang kanker diturunkan pada generasi berikutnya.

Baca : Cara mencegah kanker payudara dan lainnya

Beberapa faktor lain juga dapat memicu mutasi gen. Sebagaimana dimuat pada cancer.org, faktor gaya hidup merupakan pemicu kanker selain genetik, seperti kebiasaan merokok, minuman beralkohol, pola makan, dan radiasi. Lantas, perlukah mastektomi dilakukan pada setiap orang dengan mutasi gen? Meski CDC meng-klaim operasi pengangkatan payudara merupakan cara terefektif mencegah kanker, Anees Chapgar, Direktur Breast Center, di New Heaven, AS, mengatakan semua metode pengobatan merupakan pilihan pasien.

Baca : Penyakit kanker payudara dan pengobatannya

Beberapa perempuan bahkan memilih menjalani skrining, sedangkan yang lainnya menggunakan obat tamoxifen yang diklaim dapat mengurangi risiko kanker hingga 50%. Namun, mastektomi sebagai pencegahan bukanlah hal yang mudah dijalani setiap orang.

Baca : Obat kanker payudara alami yang ampuh

Demikian sedikit ulasan mengenai inspirasi penderita kanker payudara, semoga bermanfaat.

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Artikel Yang Lain 

See all posts