Perawatan Kanker Serviks Berdasarkan Stadiumnya
in ,

Perawatan Kanker Serviks Berdasarkan Stadiumnya

Perawatan Kanker Serviks Berdasarkan Stadiumnya. Kanker serviks adalah salah satu penyakit kanker yang menyerang wanita, dan satu-satunya kanker yang sudah diketahui penyebab awalnya. Dan penyebabnya adalah virus HPV, dan virus HPV dapat menular melalui media kontak fisik. Awal mula terbentuknya kanker serviks adalah ketika adanya perubahan sel dalam tubuh yang menjadi sel abnormal, dan kemudian sel tersebut terus menggandakan diri. Dan yang paling berbahaya adalah sel kanker ini tidak bisa mati dan mereka akan terus menggandakan diri.

Baca juga : Cara Mengobati Kanker Serviks Secara Alami

Gejala kanker serviks

Tapi jika anda mengetahui gejala awal dari kanker ini maka anda akan mendapatkan pertolongan yang tepat untuk, sehingga tidak menyebar dan menyebabkan hal berbahaya lainnya.

Contact bledding, contac bleeding adalah gejala paling khas dari kanker ini karena sekitar 70% hingga 80% mengalami pendarahan pada bagian Miss V. bisa habis melakukan hubungan atau saat buang air besar, biasanya miss V mengeluarkan cairan yang disertai dengan darah.

Pendarahan yang tidak teratur pada miss V, sering terjadi kram, jumlah pendarahan tidak begitu banyak, dan sertai perut nyeri adalah gejala lainnya dari kanker serviks.

Rasa sakit, adanya rasa sakit pada bagian bawah atau pinggang, terkadang juga pada bagian perut bagian atas, atau kaki bagian atas dan pinggan, dan rasa nyeri tersebut terjadi saat masa menstruasi, BAB, atau berhubungan.

Cairan dari Vagina bertambah banyak, keputihan yang terjadi tidak normal dan mengeluarkan lendir dan disertai bau dan warna yang berubah merupakan gejala awal dari kanker serviks.

Penyebab Kanker serviks

Setelah mengetahui gejala awal maka anda harusnya segera melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat,. Lalu apa penyebab kanker serviks.

Seperti disinggung diatas, penyebab utama dari kanker serviks adalah adanya virus HPV atau Human Papiloma Viruses dan virus itu terjangkit melalui kontak fisik atu berhubungan intim. Dan penyakit ini lebih banyak menyerang wanita yang memiliki lebih dari satu partner teman pria dan sering melakukan hubungan seksual.

Cara Mencegah Kanker Serviks

Setelah mengetahui gejala, kemudian penyebabnya maka saat untuk melakukan pencegahan agar tidak terserang kanker serviks.

  1. Melakukan tes papsmear secara teratur
    Tes ini berfungsi untuk mengetahui apakah anda memiliki resiko terkena kanker serviks atau tidak. Dengan melakukan tes pap smear secara teratur akan membantu meminimalisir penyakit itu menyerang dan dapat mengambil pertolongan pertama yang tepat guna menjaga keselamatan anda.
  2. Vaksin HPV
    Lakukan pengobatan atau penguatan tubuh dengan menggunakan vaksin HPV secara teratur. Karena akan membantu anda mencegah menyebarnya sel abnormal yang menjadi penyebab kanker rahim.
  3. Setia pada satu Patner
    Virus HPV sangat mudah menyebar melalui kontak fisik, jadi sangat disarankan untuk sembuh atau menghindari tertularnya virus HPV cukup setia pada satu pasangan anda.
  4. Pola hidup sehat
    Selain melalui cara diatas, langkah paling mudah untuk anda lakukan adalah dengan menciptakan pola hidup yang sehat. Tidak melakukan kebiasaan yang merusak tubuh dan kesehatan. Menghindari semua perbuatan yang merusak kesehatan, rajin berolahraga dan pastinya setia pada satu pasangan. Tidak hanya kanker serviks namun penyakit berbahaya lainnya juga dapat anda hindarkan.

    Baca :  Makanan Pencegah Kanker Rahim dan Kanker Serviks

Perawatan kanker serviks berdasarkan stadiumnya.

Kanker serivks atau yang juga dikenal dengan sebutan kanker leher rahim, menjadi salah satu penyakit penyebab kematian utama bagi wanita dibeberapa Negara. Penyebab kanker serviks belum diketahui dengan pasti, diduga kanker ini terjadi akibat adanya sel-sel yang tumbuh tidak normal, berkembang dengan cepat kemudian membentuk massa.

Pada tahap (stadium) awal, umumnya penderita tidak merasakan adanya gejala hingga kanker memasuki stadium yang lebih lanjut. Gejalanya yaitu, pendarahan setelah melakukan hubungan seksual atau diantara jadwal menstruasi, keluarnya cairan berbau dari vagina dan nyeri di sekitar pinggul saat berhubungan seks.

Adapun tahapan kanker serviks berikut cara perawatan yang dapat dilakukan, adalah :

  1. Kanker serviks Stadium 1.
    Tumor baru mengenai lapisan terluar dari rahim.
    Tindakan perawatan untuk kanker serviks stadium 1 adalah konisasi (pengambilan jaringan serviks), terapi radiasi internal, histerektomi radikal (bedah pengangkatan rahim).
  2. Kanker serviks Stadium 2.
    Tumor mulai melebar kebagian atas vagina atau ke jaringan sekitar pinggul.
    Untuk tindakan perawatan kanker serviks stadium 2 adalah histerektomi radikal, pembuangan getah bening, kombinasi antara terapi radiasi internal, eksternal dan kemoterapi.
  3. Kanker serviks Stadium 3.
    Tumor mulai melebar ke vagina bagian bawah dan dinding rahim. Jika tumor menghambat aliran urin, fungsi dari satu atau kedua ginjal dapat terganggu.
    Tindakan perawatan kanker serviks stadium 3 adalah kombinasi antara terapi radiasi internal, eksternal dan kemoterapi.
  4. Kanker serviks Stadium 4.
    Tumor sudah melebar hingga ke bagian kandung kemih dan anus, dapat pula menyebar ke bagian tubuh lainnya.
    Tindakan perawatan kanker serviks stadium 4 adalah kombinasi antara terapi radiasi internal, eksternal dan kemoterapi.

Baca juga :  Obat Herbal Kanker Serviks Paling Ampuh

Demikian gejala kanker serviks, penyebab, dan perawatan kanker serviks berdasarkan stadiumnya. Memang tidak mudah untuk memulai pola hidup yang sehat tapi jika ingin memiliki tubuh dan bebas dari berbagai penyakit kanker maka segera ubahlah pola hidup anda. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter untuk memulihkan kembali kesehatan dan mental anda. semoga bermanfaat

Written by Obat Herbal

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Cara Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa

Cara Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa

Apakah Penyakit Maag Kronis Bisa Menyebabkan Kematian

Apakah Penyakit Maag Kronis Bisa Menyebabkan Kematian