Penyebab dan Cara Mengobati Sariawan

No Comments
Penyebab dan Cara Mengobati Sariawan

Penyebab dan Cara Mengobati Sariawan. Obat sariawan yang sering Anda gunakan belum tentu efektif untuk menyembuhkan sariawan. Bahan kimia yang terkandung pada obat sariawan akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan darah. Sering mengkonsumsi obat-obatan akan mengganggu kinerja beberapa organ tubuh. Banyak cara mengobati sariawan, salah satunya dengan menggunakan bahan alami herbal. Obat sariawan herbal ini terbukti ampuh mengurangi rasa sakit pada sariawan dan mempercepat proses penyembuhan. Obat sariawan alami ini juga aman digunakan oleh bayi, balita, anak-anak, dan orang dewasa.

Penyebab Munculnya Sariawan

  1. Adapun beberapa penyebab munculnya sariawan adalah sebagai berikut.
  2. Karena bibir atau lidah tergigit. Bibir atau lidah yang tergigit akan meninggalkan luka berdarah yang kemudian akan menjadi sariawan.
  3. Kurangnya vitamin C, B12, dan Zat besi juga menjadi salah satu faktor penyebab timbulnya sariawan. Oleh karena itu makan lah buah-buahan yang banyak mengandung tiga nutrisi tersebut.
  4. Banyak mengkonsumsi makanan yang pedas dan panas.
  5. Penggunaan bahan kosmetik kimia yang tidak cocok.
  6. Menggunakan pasta gigi yang berbahaya/tidak cocok.

Oleh karena itu, untuk mencegah timbulnya sariawan alangkah baiknya Anda memperhatikan beberapa hal diatas. Pepatah mengatakan “ mencegah lebih baik dari pada mengobati”.

Cara sederhana mengobati sariawan

Cara sederhana ini merupakan kebiasaan yang sering Anda lakukan yang dapat mengobati sariawan. Sariawan timbul karena beberapa penyebab, jadi untuk terhindar dari sariawan Anda harus Menjauhi hal-hal yang dapat menyebabkan sariawan itu sendiri.

1. Kurangi frekuensi berbicara.

Jika anda berbicara terlalu cepat, besar kemungkinan bibir atau lidah anda akan tergigit. Oleh karena itu, hilangkan kebiasaan berbicara cepat.

2. Jauhi makanan yang dapat menyebabkan sariawan.

Salah satu faktor penyebab sariawan adalah makan makanan yang pedas dan panas. Hal ini tentunya menjadi perhatian untuk Anda yang suka mengkonsumsi makanan pedas secara berlebihan. Mengurangi konsumsi makanan pedas adalah langkah baik untuk terhindar dari sakit sariawan.

3. Rajin membersihkan mulut.

Kebiasaan membersihkan mulut sepertinya menjadi solusi yang mudah untuk menghilangkan sariawan. Jika Anda sering membersihkan mulut secara langsung bakteri yang menempel pada sariawan pun akan mati sehingga proses penyembuhan pun akan cepat. Oleh karena itu, perhatikan kebersihan mulut dan gigi serta perbanyak minum air putih agar bibir Anda tidak kering.

Cara Mengobati Sariawan Secara Alami Herbal

Seperti yang saya jelaskan tadi, penggunaan bahan kimia sebenarnya akan berdampak buruk untuk kesehatan. Memang sih dampaknya tidak langsung Anda rasakan sekarang, tapi nanti jika anda sudah berumur 4o tahun keatas dampak obat-obatan kimia pun akan muncul. Oleh karena itu, cara pengobatan sariawan dengan bahan alami sangat baik disamping berkhasiat, harganya pun juga cukup murah. Untuk mengetahui cara mengobati sariawan dengan bahan alami, simak ulasan berikut.

1. Air Kelapa

Kandungan nutrisi pada air kelapa dipercaya berkhasiat sebagai obat sariawan. Selain menghilangkan racun dalam tubuh, cara mengobati sariawan dengan air kelapa juga memberikan rasa dingin di mulut sehingga mengurangi rasa sakit pada sariawan. Sering mengkonsumsi air kelapa juga akan terhindar dari dehidrasi. Oleh karena itu, perbanyak konsumsi air kelapa agar bibir Anda cepat sembuh dari sariawan.

2. Daun Jambu Biji

Selain dapat digunakan sebagai obat diare dan obat sakit maag, daun jambu biji juga efektif untuk menghilangkan sariawan. Kunyahlah tiap hari daun jambu biji, kemudian bilas dengan air bersih. Jika tidak sanggup mengunyah, bisa anda tumbuk lalu ambil air tumbukan daun jambu biji tersebut kemudian kumur air tumbukan tadi lalu bilas dengan air bersih. Alangkah baiknya gunakan daun jambu biji yang masih muda. Daun jambu biji untuk mengobati maag

3. Pisang dan Madu

Selain air kelapa dan daun jambu biji, campuran pisang dan madu juga berkhasiat untuk mengobati sariawan yang manjur. Cara penggunaannya pun cukup mudah, halus kan pisang yang sudah di campur dengan madu hingga halus seperti jus, kemudian diminum. Selain rasanya yang nikmat, jus pisang dan madu ini juga banyak manfaat untuk kesehatan sistem pencernaan.

4. Yogurt

Yogurt adalah susu yang difermentasikan. Kandungan yogurt dapat membunuh bakteri pada mulut sehingga bakteri sariawan pun juga akan ikut mati. Dengan begitu, sariawan pun akan cepat sembuh.

5. Jeruk

Buah yang satu ini sudah tidak asing lagi, jeruk memang terbukti ampuh menghilangkan sariawan. Kandungan vitamin C akan memberikan nutrisi pada kulit bibir sehingga sariawan akan cepat hilang. Salah satu penyebab sariawan adalah kekurangan vitamin C. Oleh karena itu, alangkah baiknya sering mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C.

6. Tomat

Tomat mengandung vitamin yang baik untuk kesehatan bibir. Mengkonsumsi tomat tiap hari bisa menjadi cara mengobati sariawan secara cepat dan alami.

Baca :  Manfaat Tomat bagi Kesehatan dan Kecantikan

Nah, itulah tadi sedikit penjelasan tentang tips atau cara untuk mengobati sariawan. Alangkah baiknya hindari hal-hal penyebab sariawan. Jika sudah terkena sariawan, gunakan obat alami tradisional yang tentunya ampuh menghilangkan sariawan.

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Untuk informasi produk
silakan hubungi kami
sms / whatsapp :

087881220500

Info Kesehatan Lainnya

See all posts