Penyebab Sakit Maag dan Pencegahannya

No Comments
Penyebab Sakit Maag dan Pencegahannya

Penyebab Sakit Maag dan Pencegahannya. Penyakit maag, merupakan salah satu penyakit yang menyerang banyak orang, terutama masyarakat perkotaan yang menganut paham workaholic. Penyakit ini sebenarnya kebanyakan disebabkan karena pola makan yang tidak teratur.

Tentunya sebagian besar dari kita tidak asing lagi dengan penyakit ini. Penyakit ini menyerang siapa saja tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Bagi anda penderita penyakit ini, tentunya anda jelas sekali bagaimana rasanya terkena serangan maag.

Rasa sakit yang amat sangat akan menghambat segala aktivitas anda. Apalagi pada penderita maag akut. Untuk lebih jelas mengenai penyakit maag dan pencegahannya ini, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

1. Mengenal gastritis

Gastritis merupakan sebutan untuk penyakit maag di dalam dunia kedokteran. Gastritis merupakan sebuah kondisi dimana terjadi peradangan pada lambung. Peradangan ini sebenarnya disebabkan karena adanya infeksi oleh bakteri atau terjadi iritasi.

Akan tetapi, sebenarnya peradangan ini juga bisa dipicu oleh obat penghilang rasa sakit atau alkohol. Penyakit ini dapat terjadi secara tiba-tiba (akut0 atau secara perlahan-lahan (kronis). Dalam beberapa kasus, penyakit ini juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker lambung.

Namun, bagi sebagian besar orang penyakit ini bukanlah penyakit yang serius dan dapat disembuhkan dengan perawatan yang baik.

Pada mulanya, penyakit ini akan menyerang dengan menimbulkan rasa sakit pada perut bagian atas, mual, muntah-muntah, kehilangan nafsu makan, rasa penuh pada perut bagian atas, dan penurunan berat badan.

Pada penyakit gastritis akut, biasanya akan terjadi secara tiba-tiba dan menyebabkan rasa mual dan rasa sakit pada ulu hati. Sedangkan pada gastritis kronis, penyakit ini akan berkembang secara bertahap dan menyebabkan rasa penuh dan kemudian menyebabkan penderitanya kehilangan nafsu makan.

Gejala sakit maag lainnya adalah seperti jantung berdebar-debar atau denyutnya menjadi lebih cepat. Namun, biasanya gejala yang satu ini dialami oleh penderita maag yang kronis.

2. Penyebab Sakit Maag dan Pencegahannya

Sakit maag dan pengobatanya sebenarnya bukan hal yang rumit untuk dilakukan. Penyakit ini biasanya terjadi karena lapisan dinding lambung yang menjadi lemah. Mukus melindungi dinding lambung dari asam yang membantu proses pencernaan.

Karena lapisan pada dinding lambung ini menjadi lemah, maka asam lambung akan mulai mengikis dinding sehingga menyebabkan peradangan. Adapun beberapa faktor yang dapat menyebabkan sakit maag, yaitu :

  1. Terjadi infeksi helicobacter pylori yang biasanya menyebabkan terjadinya maag kronis. Bakteri ini akan menyebabkan perubahan pada dinding lambung. Seseorang rentan terhadap bakteri ini bisa terjadi karena faktor keturunan atau gaya hidup yang tidak sehat, misalnya merokok atau karena stres.
  2. Penyakit ini juga bisa terjadi karena adanya kebiasaan mengonsumsi obat penghilang rasa sakit, misalnya aspirin, ibuprofen, dan naproxen yang dapat menyebabkan terjadinya maag kronis. Penggunaan berlebihan obat ini juga akan melemahkan proteksi dinding lambung.
  3. Maag juga terjadi karena kebiasaan mengonsumsi alkohol terlalu banyak. Alkohol ini kemudian akan menyebabkan terjadinya iritasi pada dinding lambung sehingga dinding  lambung ini akan menjadi lebih rentan terhadap asam lambung.
  4. Rasa stres yang disebabkan karena pembedahan, infeksi akut, cedera berat, dan lainnya juga bisa menyebabkan terjadinya maag akut pada seseorang.
  5. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh penyakit empedu yang dapat mengakibatkan cairan empedu masuk ke dalam lambung dan menyebabkan terjadinya iritasi.

Untuk mencegah terjadinya maag, dapat dilakukan dengan cara :

  1. Mengatur pola makan yang baik, sehingga kinerja lambung akan menjadi lebih teratur. Pola makan yang tidak teratur ini merupakan salah satu penyebab sakit maag terbesar seseorang menderita sakit maag.
  2. Sebaiknya anda juga menghindari kebiasaan minum alkohol, karena lambung tidak bisa bekerja secara maksimal apabila terdapat alkohol di dalamnya.
  3. Sebaiknya anda juga menghindari obat-obatan yang dapat memicu naiknya asam lambung, misalnya obat penghilang rasa sakit atau obat penenang.
  4. Kurangi juga rasa stres dengan cara menghilangkan pikiran-pikiran yang dapat membuat stres, misalnya hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan kantor.

Baca juga : Obat penyakit maag alami dan murah

Demikianlah uraian singkat mengenai Penyebab Sakit Maag dan Pencegahannya. Semoga bermanfaat

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Untuk informasi produk
silakan hubungi kami
sms / whatsapp :

087886358209

Info Kesehatan Lainnya

See all posts