Penyebab Pria Mandul Yang Jarang Ketahui

No Comments
Penyebab Pria Mandul Yang Jarang Ketahui

Penyebab Pria Mandul Yang Jarang Ketahui. Seorang laki-laki dikatakan infertil primer (bahasa awamnya: mandul) jika dalam setahun sejak menikah tidak bisa membuahi pasangannya, walaupun dengan aktifitas seksual yang rutin tanpa kontrasepsi apapun.

Berbagai penyebab pria mandul penting untuk diketahui sebagai tindakan pencegahan. Terlebih lagi dengan kenyataan bahwa penyebab pria mandul kebanyakan adalah akibat hal-hal yang mungkin anda lakukan sehari-hari.

Normalnya setiap laki-laki mampu memproduksi kira-kira 1000 sperma setiap jantungnya berdetak. Dengan demikian sebenarnya produksi sperma berlangsung terus menerus selama individu tersebut dalam keadaan sehat tanpa gangguan.

Sekitar 70% kasus infertil bisa diobati dan kabar baiknya lagi, 25% kasus sangat bisa dihindari dengan sebelumnya mengetahui gaya hidup yang bisa membahayakan produksi sperma.

Penyebab Pria Mandul

Berikut beberapa yang menjadi penyebab pria mandul yang dikaitkan dengan kebiasaan sehari-hari:

1. Rendahnya kadar testosteron.

Testosteron merupakan hormon yang bertugas untuk memicu produksi sperma dalam testis. Dengan demikian semua keadaan yang mengakibatkan turunnya kadar testosteron bisa berakibat kemandulan.

Kebiasaan sehari-hari yang terbukti menurunkan kadar testosteron darah adalah merokok, konsumsi minuman alkohol, ganja, kokain, dan obat-obat anti nyeri opioid. Hal-hal di atas sangat potensial untuk menurunakan kadar testosteron atau menurunkan kualitasnya.

TIPS: berhenti merokok, minum minumam beralkohol dan penggunaan jangka lama obat-obat anti nyeri opioid adalah langkah yang baik.

Baca : Ketahui manfaat berhenti merokok

Faktor lain adalah penggunaan hormon testosteron buatan. Ini biasanya dikonsumsi oleh para Body builder atau binaraga untuk memperbesar otot. Jika digunakan dalam waktu yang lama efek sampingnya kadar testosteron jelas menurun. Bahkan banyak dari mereka juga tahu bahwa anabolik steroid bisa memperbesar otot namun memperkecil testis. Tambahan hormon sintetis memang secara langsung menambah kadar testosteron di dalam darah. Namun dengan bertambahnya testosteron dari luar, otak menangkap signal bahwa kadar testosteron dalam tubuh selalu tercukupi. Oleh karena itu produksi testosteron alami oleh tubuh akan ditekan.

Tips: Olah tubuh itu baik, namun lebih baik lagi jika dilakukan dengan cara yang natural. Apa gunanya kelihatan macho dengan otot yang besar namun ternyata infertil?

Tubuh yang sering terpapar oleh radiasi sinar-X (biasanya pada pemeriksaan rontgen) dalam jumlah tinggi dan sering juga berpotensi menimbulkan infertilitas bahkan sterilitas (mandul permanen). Namun ini bukan alasan bagi anda untuk menolak pemeriksaan rontgen apabila diperlukan. Yang beresiko tinggi dalam hal ini adalah para petugas yang bekerja di laboratium radiologi yang sehari-harinya terpapar oleh radiasi sinar-X.

Tips: Jika anda akan menjalani pemeriksaan foto radiologi, coba tanyakan apa tersedia pelindung untuk testis anda. Walaupun di Indonesia memang kebanyakan rumah sakit tidak menyediakan pelindung ini. Artikel ini juga sekaligus nasihat untuk para pengambil keputusan di rumah sakit untuk lebih memperhatikan keselamatan pasien dan petugas radiologi.

2. Suhu tinggi pada lingkungan sekitar testis

Suhu yang tinggi pada lingkungan sekitar testis juga berpotensial memicu kemandulan. Kebiasaan ini juga banyak dilakukan bahkan tidak diketahui sebagai salah satu penyebab mandul pada pria.

Mandi berendam air panas terlalu sering, celana ketat, berkendaraan terlalu lama (baik motor atau mobil) semuanya mengakibatkan testis “KEPANASAN”. Suhu yang lebih tinggi bahkan hanya 2 derajat Celcius di atas suhu normal bisa mengganggu proses produksi sperma.

Tips: Hindari celana dalam yang ketat, celana jeans ketat, pokoknya semua yang ketat-ketat pada testis anda. Jangan berkendara terlalu lama dengan motor,, istirahat beberapa saat itu lebih baik. Bagi pengendara mobil agar memakai lapisan duduk khusus untuk mengurangi panas sekitar testis.

3. Trauma

Benturan pada testis bisa merusak saluran sperma yang berfungsi menyalurkan dan melindungi sperma dari sistem imun tubuh. Jika ada kerusakan pada saluran sperma ini, fungsi pelindung terhadap sperma akan menurun. Sperma yang sudah diproduksi akan dikenali sebagai bahan berbahaya dan diserang oleh antibodi tubuh sendiri. Jika sperma sudah terpapar dengan antibodi, maka sperma tersebut akan terganggu kemampuannya untuk berenang dan membuahi sel telur.

Tips: Pakai pelindung testis saat berolahraga, terutama olahraga keras seperti karate (saat kumite) dan olahraga beladiri lainnya, rughby, dan aktifitas lainnya yang beresiko untuk terjadi trauma testis. Trauma testis ini juga sering terjadi pada kecelakaan lalu lintas, jadi hati-hati saat berkendara.

4. Penyakit Menular Seksual

Penyakit menular seksual yang paling sering ditemukan pada pria adalah Gonorrhea atau biasa disebut kencing nanah. Penyakit ini seperti penyakit menular seksual lainnya menimbulkan inflamasi pada saluran kemih dan sperma bahkan bisa menimbulkan jaringan parut yang mengganggu distribusi sperma saat ejakulasi.

Baca : Penyebab dan Gejala Penyakit Raja Singa

Bayangkan saja, akibat penyakit menular seksual ini bukan saja anda menderita gejala yang menyakitkan seperti rasa sakit saat berkemih, keluar nanah dari lubang kemaluan, demam, dan penampakan kelamin yang mengerikan. Tentunya juga menjadi efek penyebab pria mandul.

Tips: Bertakwalah kepada Allah, jangan lakukan hubungan seksual yang tidak halal, setia pada pasangan anda masing-masing. Takwa adalah penghalang berbagai macam penyakit.

5. Obesitas (kegemukan)

Menumpuknya lemak pada individu yang kegemukan meningkatkan produksi estrogen. Sebab estrogen diproduksi dalam jaringan lemak. Sebagai hasil baliknya, testosteron akan menurun. Olahraga rutin untuk menjaga berat badan ideal itu penting untuk menjaga kondisi tubuh dan menghindari banyak penyakit. Walaupun olahraga yang terlalu berat juga berpengaruh jelek pada produksi sperma.

Tips: Olahraga rutin secukupnya, komitmen pada diri anda untuk meluangkan waktu khusus berolahrga. Seiring dengan itu, rencanakan diet Anda. Olahraga tanpa perencanaan diet tidak akan berhasil baik.

6. Faktor paparan lingkungan

Pestisida, logam berat dan agen industri sama halnya dengan racun pada rokok. Penggunaan bahan plastik bekas juga lebih baik dihindari sebab Bisfenol A (BPA) yang terkandug dalam botol-botol plastik diduga punya keterkaitan dengan kasus kemandulan.

Tips: Perhatikan makanan anda. Hindari makanan pabrikan yang tidak jelas komposisinya. Jangan gunakan botol air mineral bekas untuk tempat air minum. Juga hindari jajanan minuman botolan yang anda curigai memakai botol plastik minuman bekas.

Semua penyebab pria mandul di atas sebenarnya mudah untuk dihindari. Prinsip agama yang kuat ditambah dengan kebiasaan hidup sehat adalah kuncinya.

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Untuk informasi produk
silakan hubungi kami
sms / whatsapp :

087881220500

Info Kesehatan Lainnya

See all posts