Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Wasir

No Comments
gambar wasir Gejala Wasir atau Ambeien dan Penyebabnya

Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi Wasir. Penyakit wasir atau ambeien akan membuat penderitanya tidak pernah merasa nyaman, bahkan tidak dapat melakukan aktivitas sebagaimana mestinya. Duduk terlalu lama sakit, melakukan perjalanan keluar kota menjadi perjalanan yang menyebalkan, kegiatan olahraga seperti voli, basket, sepak bola, angkat besi yang sudah terlanjur menjadi hobi pun terpaksa ditinggalkan.

Wasir bisa diderita oleh siapapun tanpa terkecuali, namun wasir lebih terjadi pada wanita daripada pria. Ini disebabkan karena wanita lebih sering mengalami pelebaran pembuluh vena (misalnya saat hamil) dibandingkan pria. Selain memberikan rasa sakit, wasir juga dapat memberikan rasa minder dan malu pada penderitanya. Kebanyakan wasir terjadi didalam tubuh, sedangkan wasir yang terjadi di luar tidaklah seberapa banyak jumlah penderitanya.

Wasir perlu diwaspadai dan ditangani dengan baik agar mudah diobati. Dalam mengobati wasir tidak cukup hanya dengan mengobati wasirnya, tapi kontraksi otot anusnya juga harus diperbaiki. Jangan acuhkan dan remehkan bahaya penyakit wasir karena penderitanya dapat dibuat menderita seumur hidup apabila wasir tidak tertanggulangi dengan baik sampai ke akar-akarnya.

Mengenal wasir ?

Wasir atau ambeien dikenal dalam istilah kedokterannya hemoroid. Wasir adalah pelebaran atau pembengkakan pembuluh darah balik (vena) yang berada di dalam dan di sekitar anus serta bagian luar dari dubur dengan disertai peradangan. Jika hal tersebut dibiarkan, maka akan terjadi perdarahan yang mengakibatkan penderitanya kekurangan darah (anemia).

Secara umum ada wasir dibagi menjadi :

Wasir dalam (hemoroid interna).

Pembengkakan terjadi dalam rektum sehingga tidak bisa dilihat dari luar. Tanda yang dapat diketahui adalah pendarahan saat buang air besar. Masalahnya jadi tidak sederhana lagi, bila wasir dalam membesar dan keluar ke anus yang menyebabkan kesakitan. Wasir yang terlihat berwarna pink ini sesudah sembuh dapat masuk kembali, tetapi dapat juga didorong masuk.

Wasir luar (hemoroid eksterna)

Pembengkakan pembuluh darah vena terjadi di luar dan wasir menonjol keluar sehingga terlihat di sekitar anus, menimbulkan rasa sakit, perih, dan gatal. Jika terdorong keluar oleh feses, wasir ini dapat mengakibatkan penggumpalan (trombosis), yang menjadikan wasir berwarna biru keunguan.

Penyebab wasir atau ambeien

Wasir dapat disebabkan oleh beberapa hal, antara lain :

  1. Sering sembelit (sulit BAB) karena adanya penekanan feses yang keras pada usus
  2. Sering mengedan saat BAB yang mengakibatkan pembesaran pada pembuluh darah vena disekitar anus
  3. Kebiasaan BAB yang tidak teratur
  4. Kurang baiknya fungsi usus besar karena penggunaan obat pencahar yang berlebihan
  5. Pekerjaan yang menuntut duduk atau berdiri terlalu lama
  6. Sering mengangkat beban terlalu berat
  7. Kegemukan
  8. Hubungan seks melalui anus
  9. Infeksi disekitar anus
  10. Tekanan pada usus akibat pembesaran rahim pada masa kehamilan.
  11. Faktor keturunan
  12. Stres, merupakan penyebab tidak langsung karena dapat menyebabkan gangguan pada organ pencernaan dan kelenjar endokrin sehingga mengakibatkan sembelit dan akhirnya menyebabkan wasir.
  13. Usia lanjut
  14. Mengkonsumsi makanan rendah serat
  15. Jarang melakukan aktifitas fisik
  16. Diare menahun

Gejala dan stadium wasir

Dalam penyakit wasir, ada empat tingkat atau stadium:

1. Stadium 1

Hanya terjadi pendarahan yang berwarna merah segar dengan rasa gatal dan panas pada anus saaat BAB. Jarang sekali dirasakan penderitanya sehingga belum menggangu aktifitas

2. Stadium 2

Sudah terjadi pendarahan berwarna merah segar disertai rasa sakit disertai munculnya benjolan kecil ketika BAB yang dapat masuk kembali tanpa bantuan tangan.

3. Stadium 3

Adanya pendarahan bewarna merah segar dengan benjolan yang keluar sesudah BAB, benjolan tersebut tidak dapat masuk sendiri, untuk memasukkannya harus didorong dengan bantuan jari tangan.

4. Stadium 4

Adanya benjolan permanen yang akan terus keluar walaupun sudah didorong, dan bentuknya bahkan cukup besar berbentuk lingkaran disekitar dubur. Penderita biasanya sangat kesakitan karena jaringan terjepit dan darah yang tinggal di dalam menjadi menggumpal (trombosis).

Penanganan wasir atau ambeien

Penanganan Non Invasive.

  1. Tindakan pencegahan dengan cara hindari sembelit kronik, hindari makanan pedas, banyak makan yang mengandung serat (buah dan sayur), hindari mengedan saat BAB serta jangan memakai pencahar.
  2. Obat-obatan dapat diberikan untuk mengurangi iritasi dan rasa sakit, menghentikan perdarahan, rasa gatal serta suplemen fiber dan pelunak feses di perlukan juga agar proses BAB menjadi lebih mudah.

Penanganan Invasive.

Minimal Invasive (Instrumentasi) :

  1. Skleroterapi, dengan menyuntikkan cairan kimia ke sekiling pembuluh darah untuk mengecilkan wasir
  2. Rubber band ligation, sebuah gelang karet ditempatkan di dasar wasir di dalam rektum. Gelang tersebut akan memotong sirkulasi sehingga wasir akan menghilang dalam beberapa hari.
  3. Cryosurgery
  4. Infra Red Coagulation, pembekuan dengan menggunakan infra merah untuk membakar jaringan wasir .
  5. Stapler, dimana wasir dipotong dan dihentikan aliran darahnya dengan menggunakan stapler, sehingga wasir menyusut dan mengecil. Keuntungan tehnik ini alatnya sekali buang sehingga lebih hygienis, metodenya berlangsung cepat serta memungkinkan pasien pulih lebih cepat. Dengan tehnik ini rasa sakit yang terjadi setelah operasi ataupun saat BAB menjadi berkurang.

Operasi

Operasi biasanya dilakukan pada stadium 3-4. Beberapa tehnik operasi wasir yaitu :

1. Operasi konvensional

Penanganan wasir dengan cara membuang jaringan yang membengkak dengan menggunakan pisau bedah dan gunting. Tehnik ini membuat tidak nyaman saat BAB

2. Bedah laser

Operasi dilakukan dengan menggunakan sinar laser sebagai alat potong dan pematri pembuluh darah (light amplification by stimulated emission of radiation). Cara ini tidak memberi keuntungan lebih dibandingkan tehnik operasi konvensional. Biayanya lebih mahal namun tetap tidak mengurangi rasa sakit.

3. Diathermi hemoroidektomy

Pengangkatan wasir dengan menggunakan alat bersuhu tinggi kurang lebih 150 derajat celcius. Tindakan ini akan mengurangi rasa sakit setelah operasi tapi tidak mengurangi rasa sakit saat BAB, yang biasanya berlangsung sampai 6-8 minggu.

Tips pencegahan

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya wasir antara lain adalah :

  1. Konsumsi makanan yang berserat dan yang banyak mengandung air seperti biji-bijian, sayuran dan buah sangat bermanfaat memperlunak feses dan memudahkan BAB
  2. Jangan makan makanan yang bersifat panas dan mengandung lemak (penyebab sembelit) seperti makanan pedas, daging, jeroan dan junk food.
  3. Hindari penyebab dehidrasi seperti alkohol, kopi dan perbanyaklah minum air putih minimal 8- 10 gelas perhari
  4. Lakukan olahraga secara teratur. Pilihlah olahraga yang memberi beban ringan pada perut dan anus, misalnya berenang dan jalan. Hindari olahraga seperti voli, basket, sepak bola, dan angkat berat.
  5. Jangan menahan untuk buang air besar karena akan membuat feses menjadi keras dan sulit dikeluarkan
  6. Kontrol asupan garam. Kelebihan garam dalam makanan menyebabkan menyusutnya cairan, menyebabkan pembengkakan di semua pembuluh darah dan dapat memperparah wasir.
  7. Setelah duduk lebih dari 3-4 jam, usahakan berdiri atau berjalan-jalan.
  8. Hindari stress
  9. Jangan membiasakan membaca sambil BAB
  10. Frekuensi BAB sebaiknya teratur setiap hari
  11. Menjaga berat badan agar tetap ideal
  12. Hindari duduk atau berdiri lama saat bekerja.

Cara mengatasi wasir secara alami

Bagi Anda yang sedang mencari cara mengatasi wasir untuk menyembuhkan penyakit wasir secara alami yang Anda derita, kami merekomendasikan obat herbal wasir K-Muricata sebagai solusinya. Obat herbal K-Muricata merupakan teh perpaduan dari Daun sirsak dan tanaman keladi tikus. Daun sirsak dan keladi tikus adalah tanaman obat tradisional yang sangat terkenal sebagai bahan baku obat herbal alami karena memiliki manfaat dan khasiat yang ampuh untuk mengobati berbagai penyakit.

1. Obat Alami Wasir K-Muricata

Daun sirsak memiliki kandungan antioksidan yang tinggi untuk membantu mengobati penyakit serta menangkal radikal bebas dalam tubuh. Manfaat daun sirsak selain sebagai antikanker dan antitumor, khasiat daun sirsak lainnya juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit diabetes, asam urat, rematik, darah tinggi, kolesterol dan juga sebagai salah satu cara mengatasi wasir.

Cara mengatasi wasir atau ambeien tanpa operasi dengan obat tradisional wasir K-Muricata akan bisa dirasakan ketika mengkonsumsi obat herbal K-Muricata obat ambeien wasir tersebut secara rutin.

Senyawa acetogenis yang terkandung dalam obat alami ambeien ini bermanfaat untuk melancarkan BAB serta mencegah terjadinya sembelit. Kelebihan K-muricata lainnya adalah memiliki sifat detoksifikasi yang kuat, dalam mengeluarkan racun atau toxic dari tubuh.

Antioksidan yang terkandung dalam K-Muricata sangat ampuh mengobati wasir dan mengobati infeksi yang mungkin timbul karena peradangan pada bagian dubur yang mengalami benjolan atau pendarahan pada saat buang air besar.

Obat herbal wasir Amazon Plus

Cara Mengatasi Wasir selanjutnya dengan Amazon plus. Amazon plus merupakan obat herbal ambeien atau wasir yang aman untuk mengobati penyakit wasir. Komposisi kandungan dalam obat wasir alami Amazon Plus merupakan bahan-bahan alami pilihan yang diproses dengan bioteknolohi canggih.

Mengapa Amazon Plus ampuh sebagai obat wasir alami? Hal itu di karenakan khasiat kandungan yang ada dalam Amazon Plus saling mendukung satu dan lainnya dalam mengobati atau mengatasi penyakit wasir.

1. Xanthones

Senyawa xanthone dalam kulit buah manggis terbukti berkhasait dalam mengobati diare dan sembelit yang menjadi penyebab penyakit wasir. Xanthone akan menjelajah seluruh tubuh untuk meningkatkan kesehatan sistem pencernaan serta organ tubuh lainnya.

2. Antosianin dan xanthones

Mempunyai sifat anti peradangan atau imflamasi, yaitu mengurangi hingga menghilangkan rasa nyeri akibat wasir sehingga sangat berkhasiat untuk membantu mengobati penyakit wasir atau ambeien.

3. Resveratol

Senyawa Resveratol yang terkandung dalam buah blueberry berperan dalam menyehatkan system pencernaan. Mengkonsumsi blueberry secara teratur dapat mencegah terjadinya sembelit dan melancarkan BAB.

4. Hydroxytyrosol

Hydroxytyrosol merupakan senyawa aktif yang terkandung dalam buah zaitun yang berfungsi untuk menghentikan pendarahan pada saat BAB.

Perpaduan senyawa aktif dalam obat wasir alami ini menjadikan Amazon plus sangat direkomendasikan sebagai obat wasir yang ampuh, aman dan tanpa menimbulkan efek samping.

Selain cara mengatasi Wasir dengan mengkonsumsi perpaduan obat wasir K-Muricata dan Amazon Plus, harus dibarengi dengan menjalankan pola hidup sehat. Menerapkan pola makan yang seimbang merupakan cara terbaik dalam mendukung pencegahan dan pengobatan penyakit wasir. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi seperti kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan dan sayur-mayur. Hal lainnya yang dapa membantu menyembuhkan wasir adalah aktivitas jalan kaki selama 60 menit, akan sanggup memulihkan fungsi usus agar bisa buang hajat dengan mudah, sehingga mencegah ambeien.

Testimoni Cara Mengatasi Wasir dengan K-Muricata

 Cara Mengatasi wasir atau ambeien

Saya menderita penyakit wasir atau ambeien sudah cukup parah, ada benjolan dan sering ter­ja­di pendarahan di anus.
Suatu ketika saya datang ke kantor Pusat PT. Bintang Sejagat, saya mem­baca sebuah brosur cara mengatasi wasir dengan K-Muricata. Di brosur tersebut tertulis bahwa K-Muricata dapat menyembuhkan penyakit wasir atau ambeien. Saya langsung ambil ke­pu­tus­an untuk membeli produk K-Muricata tersebut. Se­la­ma seminggu saya mengkonsumsi produk herbal tersebut, saya dapat merasakan adanya perubahan yang lebih baik. Pendarahan sudah berhenti, pada minggu kedua saya se­makin yakin dengan khasiat obat wasir alami ini. Karena apa yang sa­ya rasakan sungguh luar biasa, badan saya menjadi sehat dan wasir yang saya derita sudah hilang. Untuk lebih mengoptimalkan obat alami wasir K-Muricata, saya juga mengkonsumsi Amazon Berries sampai sekarang. Selain saya yang mengkonsumsi obat herbal amazon berries ini, istri saya yang ber­­profesi sebagai instruktur senam aerobik, juga ikut mengkonsumsi Amazon Berries, hasilnya sungguh menakjubkan, stamina menjadi ber­tambah dan tidak mudah capek..

Terima kasih Tuhan karena dengan K-Muricata Engkau sem­buhkan saya.■

 

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Untuk informasi produk
silakan hubungi kami
sms / whatsapp :

081586839029

Info Kesehatan Lainnya

See all posts