, ,

Penyebab Darah Tinggi Dan Pengobatannya

Penyebab darah tinggi dan pengobatannya. Anda sering menderita sakit kepala yang hebat? Atau mungkin jantung sering berdebar-debar kencang? Berhati-hatilah karena bisa jadi Anda mungkin menderita penyakit hipertensi atau darah tinggi. Penyakit ini bisa menimpa siapa pun tanpa mengenal jenis kelamin atau pun kelompok umur.

Penyakit darah tinggi bisa didefinisikan sebagai penyakit yang terjadi ketika tekanan darah berada di atas angka normal (di atas 140 mm/hg). Penyakit ini walau pun pada beberapa orang sudah biasa, jika dibiarkan terus menerus bisa mengganggu. Bahkan bisa menyebabkan penyakit lain yang lebih sering hingga kematian.

Baca juga : Gejala Tekanan Darah Tinggi dan Resikonya

Penyebab darah tinggi

Penyebab darah tinggi yang pasti belum diketahui. Adapun dari data nyata di lapangan, penyebab ini bisa diuraikan sebagai berikut.

  1. Hal yang paling banyak yang membuat orang menjadi darah tinggi adalah merokok. Hal ini terjadi karena nikotin rokok bersifat meningkatkan kerja otot jantung (stimulan). Jantung yang asalnya memompa darah secara normal akan menjadi lebih cepat. Akibatnya sistol-diastol (tekanan darah yang terjadi saat darah masuk ke jantung dan tekanan darah yang terjadi saat darah ke luar jantung) menjadi naik.
  2. Hal berikutnya yang menjadi penyebab penyakit darah tinggi adalah obesitas atau penyakit kelebihan berat badan. Mekanisme obesitas dalam menyebabkan darah tinggi sendiri belum diketahui secara pasti. Akan tetapi para ahli percaya hal ini terjadi karena mekanisme neuroendokrin dan jaringan adipose (jaringan lemak) yang banyak menekan pembuluh darah. Akibatnya, jantung melakukan kerja lebih keras dalam memompa darah. Dengan begitu, tekanan jantung dan darah yang masuk dan ke luar menjadi tinggi.
  3. Diabetes juga bisa memicu darah tinggi. Hal ini terjadi karena diabetes meningkatkan volume cairan tubuh, membuat pembuluh darah menjadi lebih kaku, penurunan jumlah insulin, menjadikan tubuh obesitas, dan kurang geraknya penderita diabetes. Hal-hal itulah yang kemudian membuat jantung memompakan darah ekstra cepat.
  4. Gaya hidup. Gaya hidup masyarakat modern cenderung menjadi pemicu darah tinggi. Misalnya saja kebiasaan mengonsumsi makanan instan yang tinggi kalorinya, minum alkohol, kurang olahraga, lebih mudah stres, kurang istirahat, dan masih banyak lagi.
  5. Konsumsi garam yang tinggi.
  6. Kurangnya konsumsi kalsium, kalium, dan magnesium.
  7. Penuaan yang memang membuat kinerja organ-organ tubuh menurun.
  8. Faktor genetis.
  9. Pengaruh obat (seperti obat KB).
  10. Penyakit ginjal yang parah
  11. Gangguan tiroid dan juga adanya tumor atau kanker.

Cara Mengatasi Darah Tinggi

Para penderita penyakit tekanan darah tinggi seringkali membutuhkan berbagai jenis obat-obatan untuk mengontrol tekanan darah penderita. Cara menurunkan darah tinggi dengan pengobatan medis secara berkepanjangan sangat tidak dianjurkan. karena hanya mengatasi gejalanya, oleh sebab itu cara mengatasi tekanan darah tinggi secara alami mungkin bisa Anda pertimbangkan

Baca lebih lanjut : Cara Mengatasi Penyakit Darah Tinggi

Obat tradisional untuk mengatasi tekanan darah tinggi menjadi solusi terbaik untuk mengobati darah tinggi Anda. Untuk informasi mengenai obat tekanan darah tinggi paling mujarab bisa Anda baca:

Obat Darah Tinggi atau Hipertensi Alami Paling Ampuh

Nah itulah di antaranya penyebab darah tinggi yang banyak dijelaskan para dokter. Jagalah selalu kesehatan Anda dan pastikan Anda selalu berolahraga. Mencegah akan selalu lebih baik daripada mengobati. Semoga bermanfaat.

Written by Obat Herbal

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cara Pengobatan Kanker Payudara Secara Medis

Cara Pengobatan Kanker Payudara Secara Medis

Kenali Tanda dan Gejala Penyakit Ginjal

Kenali Tanda dan Gejala Penyakit Ginjal