, ,

Penyebab dan Tanda Gejala Usus Buntu

Penyebab dan tanda gejala usus buntu, Usus buntu atau dalam istilah kedokteran disebut apendiks, sering dianggap sebagai organ yang tak berguna. Namun Bill Parker dari Duke University menyanggah pandangan tersebut karena ternyata usus buntu membantu mengembalikan populasi bakteri yang menguntungkan bagi manusia. Sejumlah bukti menguatkan peran usus buntu sebagai tempat di mana bakteri baik hidup aman dan tidak terganggu hingga mereka dibutuhkan oleh tubuh. Inilah mengapa usus buntu disebut ‘rumah aman’ bagi bakteri baik. James Grendell dari Winthrop University-Hospital di Long Island menemukan ternyata usus buntu berperan menyelamatkan hidup manusia dari infeksi. Manfaat usus buntu ternyata memiliki peran terhadap kekebalan tubuh.

Usus buntu berbentuk seperti umbai cacing yang terdapat di usus besar, tepatnya di perbatasan dengan usus halus. Seperti organ tubuh yang lainnya, usus buntu dapat mengalami peradangan, dalam istilah kedokteran di kenal dengan appendicitis. Apabila peradangan usus buntu berlanjut tanpa pengobatan, maka usus buntu dapat pecah. Apabila kondisi ini terjadi termasuk keadaan darurat medis yang serius dan dapat membahayakan si penderitanya.

Penyakit radang usus buntu dapat diderita oleh semua orang dari berbagai usia, namun sering terjadi pada usia 10-30 tahun. Perempuan lebih besar kemungkinan menderita appendicitis dibandingkan laki-laki.

Setiap tahun sekitar 700 ribu pasien masuk ke unit gawat darurat akibat radang usus buntu. 30 % merupakan perforated appendix (radang usus buntu yang pecah) dan sekitar 5 % berpotensi tidak tertolong.

Penyebab radang usus buntu

Radang usus buntu umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri yang di cetuskan oleh beberapa faktor pencetus, diantaranya adalah :

  1. Faktor obstruksi (penyumbatan) yang dapat disebabkan oleh pembesaran jaringan limfoid, timbunan feses/tinja yang keras (fecalith), benda asing dalam tubuh serta sumbatan karena cacing dan parasit
  2. Faktor bakteri, biasanya E.coli, Pseudomonas, B splanchicus dll
  3. Faktor genetik seperti organ usus buntu yang terlalu panjang
  4. Faktor ras dan diet, seperti kebiasaan makan cabai bersama bijinya atau jambu biji sering kali tidak tercerna dalam tinja dan menyelinap ke dalam saluran usus buntu sebagai benda asing

Tanda dan gejala usus buntu

Tanda dan gejala peradangan usus buntu bervariasi tergantung stadiumnya.

1, Appendicitis akut (mendadak).

Gejala usus buntu pada stadium ini yang ditimbulkan panas tinggi, mual,muntah, nafsu makan menurun, nyeri sekitar pusar yang kemudian terlokalisir di perut kanan bawah, nyeri akan bertambah bila buat berjalan. Namun tidak semua orang akan menunjukkan gejala seperti ini, bisa juga hanya meriang atau mual dan muntah saja.

2. Appendicitis kronik.

Pada stadium ini gejala usus buntu timbul sedikit mirip dengan sakit maag yaitu terjadi rasa nyeri samar di daerah sekitar pusar dan perut terasa kembung. Kemudian nyeri itu akan berpindah ke bagian perut sebelah kanan bawah dengan tanda tanda khas seperti pada appendicitis akut. Kadang-kadang disertai demam yang hilang timbul dan sering merasakan mual bahkan muntah.

Penyebaran rasa nyeri akan bergantung dengan arah posisi atau letak usus buntu. Apabila ujung usus buntu menyentuh saluran kencing ureter, nyerinya terasa sama dengan nyeri kolik saluran kemih dan ada gangguan berkemih. Bila posisi usus buntunya ke belakang, rasa nyeri muncul saat pemeriksaan colok dubur atau vagina. Pada posisi usus buntu yang lain, rasa nyeri mungkin tidak begitu spesifik.

Pada anak gejala usus buntu yang timbul seringkali tidak khas seperti nyeri menyeluruh pada bagian seluruh perut, diare, mual serta muntah, sehingga dokter mengalami kesulitan dalam menegakkan diagnosis appendicitis pada anak.

Penanganan radang usus buntu

Pada kondisi dini apabila sudah dapat langsung terdiagnosa kemungkinan pemberian obat antibiotika dapat dilakukan, namun demikian tingkat kekambuhannya mencapai 35%.

Bila diagnosis sudah pasti, maka penatalaksanaan standar untuk penyakit radang usus buntu adalah operasi (appendectomy), mengingat adanya kemungkinan dapat pecahnya apendiks. Pada appendicitis akut perlu segera dilakukan operasi, sedangkan pada appendicitis kronis waktu operasi masih dapat di tunda tergantung pada kondisi pasiennya.

Pembedahan dapat dilakukan secara konvensional atau laparoskopi. Berikut keuntungan dan kerugian pada kedua tindakan tersebut. Pada operasi konvensional luka sayatan lebih panjang kurang lebih sekitar 3,5 cm, rata-rata lama perawatan kurang lebih 6 hari, memerlukan antibiotik dan obat pengurang rasa sakit yang lebih banyak. Sedangkan pada operasi laparaskopi luka sayatan lebih kecil yaitu sekitar 0,5 cm 2 buah dan 1,2 pada daerah pusar, luka operasi lebih cepat sembuh sehingga lama perawatan menjadi lebih singkat. Namun operasi laparaskopi memang lebih mahal karena alat-alatnya ada yang hanya sekali pakai.

Pada hampir 15 % pembedahan usus buntu, usus buntunya ditemukan normal. Namun penundaan pembedahan sampai diketahui penyebab nyeri perutnya dapat berakibat fatal. Usus buntu yang terinfeksi dapat pecah dalam waktu kurang dari 24 jam setelah gejalanya timbul.

Komplikasi radang usus buntu

Usus buntu yang pecah dapat menyebabkan :

  1. Masuknya kuman usus ke dalam perut (peritonitis) yang dapat berakibat fatal
  2. Terbentuknya abses
  3. Pada wanita, indung telur dan salurannya bisa terinfeksi dan menimbulkan penyumbatan yang dapat menyebabkan kemandulan
  4. Masuknya kuman ke dalam pembuluh darah (septikemia) dapat berakibat yang fatal

Pencegahan radang usus buntu

  1. Hindari sembelit
  2. Hindari makan cabai dai jambu klutuk bersama bijinya
  3. Makan makanan yang banyak mengandung serat seperti sayuran dan buah-buahan

Saran kesehatan

Bila mengalami tanda dan gejala usus buntu segera minta pertolongan dokter. Penderita sebaiknya berbaring setengah duduk dan usahakan untuk tetap tenang.

Pengobatan Usus Buntu

Selama ini banyak yang menganggap bahwa pengobatan usus buntu hanya dapat dilakukan melalui jalan pembedahan, yaitu dengan memotong bagian usus yang mengalami peradangan yang semakin parah. Namun saat ini sudah banyak dokter yang menganjurkan untuk menjalani pengobatan melalui obat herbal alami bagi mereka yang tidak mau menjalani operasi pemotongan usus buntu.

Apa itu Jus Amazon Plus?

Obat herbal alami Amazon Plus kini hadir menjadi solusi aman dan alami untuk mengatasi penyakit usus buntu. Obat Alami usus buntu Amazon Plus yang telah teruji secara klinis ampuh mengobati penyakit usus buntu tanpa menimbulkan efek samping negatif terhadap penggunanya. Obat herbal alami Amazon Plus memiliki super anti oksidan yang sangat tinggi karena bahan baku komposisi Amazon Plus merupakan kombinasi dari buah-buahan alami yang mempunyai nilai kandungan antioksidan tinggi..

Senyawa xanthone yang terkandung dalam kulit buah berfungsi untuk memerangi yang menjadi penyebab berbagai jenis penyakit. Karena sifatnya yang mampu menjalar keseluruh tubuh untuk menetralkan radikal bebas yang ada dalam tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan bersih dari sebelumnya. Selain itu, Zat Xanthone ini juga memiliki sifat anti bakteri, anti jamur, anti parasit yang merupakan salah satu penyebab penyakit radang usus buntu.

Baca : Manfaat Xanthone dari Kulit Manggis

Buah Tomat membantu mengurangi resiko radang usus buntu. Tomat yang kaya kandungan vitamin C, merupakan nutrisi yang menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat. Kandungan yang ada dalam tomat dapat merangsang terbentuknya asam amino karnitina yang 30 persen mempercepat pembakaran lemak dalam tubuh.

Baca : Manfaat Tomat bagi Kesehatan dan Kecantikan

Jadi tidak perlu khawatir lagi untuk masuk meja operasi karena penyakit usus buntu, karena obat herbal alami Amazon Plus kini telah menjadi solusi tepat, cepat, aman, dan alami bagi penderita usus buntu.

Written by Obat Herbal

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Resep obat tradisional asam urat

Resep obat tradisional asam urat

Daftar buah pencegah kanker

Daftar buah pencegah kanker