Penyebab dan gejala kanker paru-paru

No Comments
Penyebab dan gejala kanker paru-paru

Penyebab dan gejala kanker paru-paru Kanker paru merupakan penyakit kanker ganas yang menyerang bagian jaringan paru-paru. Catatan bahwa 90 persen penderita kanker paru merupakan perokok aktif atau mantan perokok. Merokok satu pak per hari akan meningkatkan risiko kanker paru 10 kali lipat. Sedangkan merokok dua pak per hari bisa meningkatkan risiko kanker 25 kali lipat.

Diihat dari jenisnya, terdapat dua jenis utama kanker paru yang memiliki sifat dan memerlukan penanganan berbeda pula.

Baca juga : Obat Herbal Penyakit TBC Paru-paru Paling Ampuh

1. Non Small Cell Lung Cancer (NSCLC), yang terdiri dari:

Karsinoma squamosa,

Merupakan jenis kanker paru paling umum. Kondisi ini bisa berkembang dalam sel yang menggarisi saluran udara. Kanker jenis ini kerap kali disebabkan oleh rokok.

Adenokarsinoma

Jenis kanker ini berkembang dari sel-sel yang memproduksi lendir atau dahak pada permukaan saluran udara.

Karsinoma sel besar,

sel kanker jenis ini bila dilihat dari mikroskop berbentuk sel-sel bulat besar yang disebut juga undifferentiated carcinoma.

2. Small Cell Lung Cancer (SCLC)

Dari 80 persen kasus kanker paru merupakan jenis NSCLC.

Mesotheolima merupakan jenis kanker yang menyerang mesothelium, yakni membran tipis yang melapisi dada dan abdomen. Kanker jenis ini kadang dialami oleh orang-orang yang terpapar asbestos.

Untuk mengetahui lebih lanjut penyebab dan gejala kanker paru-paru marilah kita bahas satu persatu.

Penyebab kanker paru paru

Sebagian besar kasus yang menjadi penyebab kanker paru-paru adalah merokok, meskipun orang-orang yang bukan perokok juga dapat terkena kanker paru.

  1. Merokok merupakan faktor risiko utama untuk penyakit kanker paru-paru, dan bertanggung jawab terhadap sekitar 90% dari semua kasus. Hal ini dikarenakan asap tembakau mengandung lebih dari 60 zat racun (karsinogen) berbeda yang menjadikan kanker mudah berkembang. Jika Anda sehari merokok lebih dari 25 batang, maka risiko terserang kanker paru-paru meningkat 25 kali dibandingkan dengan orang bukan perokok.
    Baca : Cara dan Manfaat Berhenti Merokok Bagi Kesehatan
  2. Perokok pasif, sering terkena asap rokok orang lain dapat juga meningkatkan risiko menderita kanker paru-paru. Berdasarkan penelitian disampaikan bahwa wanita non-perokok yang tinggal serumah dengan pasangan perokok, mempunyai risiko sebesar 25% untuk terkena kanker paru dibandingkan wanita non-perokok yang tinggal dengan pasangan non-perokok.
  3. Paparan bahan kimia dan zat-zat tertentu yang digunakan dalam beberapa pekerjaan dan industri juga dapat meningkatkan risiko walaupun cuma sedikit. Bahan kimia yang dimaksud: arsenik, asbes, berilium, kadmium, batubara dan asap kokas, silika serta nikel.
  4. Salah satu studi menunjukkan, risiko terkena kanker paru-paru akan meningkat sekitar 33% jika Anda tinggal di daerah yang tercemar gas oksida nitrogen (dari kendaraan).

Setelah mengetahui beberapa hal yang bisa menjadi penyebab kanker paru-paru, Anda dapat menghindari faktor-faktor tersebut agar memperkecil risiko terkena penyakit ini, dibandingkan Anda harus mencari obat kanker paru paru yang ampuh untuk pengobatan. Karena mencegah pasti lebih mudah dan murah dibandingkan dengan mengobati.

Faktor risiko kanker paru-paru

  1. Pria
  2. Berusia lebih dari 40 tahun
  3. Menggunakan tembakau untuk merokok
  4. Hidup dalam lingkungan asap tembakau, asbes, dan radon

Gejala kanker paru-paru

Pada tahap awal, penyakit kanker paru-paru biasanya tidak mempunyai gejala. Ketika gejala mulai muncul, biasanya disebabkan oleh saluran pernapasan yang tersumbat atau karena kanker telah menyerang lebih lanjut ke organ paru-paru (tahap kanker stadium lanjut) dan jaringan disekitarnya. Gejala utama kanker paru-paru meliputi:

  1. Batuk lebih dari dua atau tiga minggu yang semakin lama semakin memburuk
  2. Batuk darah
  3. Sakit saat bernafas atau batuk
  4. Infeksi pernapasan seperti paru paru basah dan bronkitis
  5. Sesak nafas
  6. Kelelahan atau kekurangan energi
  7. Kehilangan nafsu makan dan mengalami penurunan berat badan secara drastis

Ciri ciri kanker paru-paru lainnya berupa:

  1. Suhu tinggi (demam) diatas 38 derajat celcius
  2. Kesulitan menelan atau nyeri saat menelan
  3. Mengi seperti asma
  4. Suara serak
  5. Wajah dan leher membengkak
  6. Nyeri di dada dan bahu

Bila Anda memiliki atau mengalami beberapa penyebab dan gejala kanker paru-paru seperti di atas, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit.

Untuk informasi obat daan cara pengobatan kanker paru secara alami tanpa operasi silahkan baca: Obat herbal kanker paru-paru alami

 

 

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Untuk informasi produk
silakan hubungi kami
sms / whatsapp :

087886358209

Info Kesehatan Lainnya

See all posts