, ,

Penyebab dan Gejala Kanker Pankreas

Kenali tanda dan penyebab kanker pankreas dan cara pengobatannya

Penyebab dan Gejala Kanker Pankreas. Kanker pankreas merupakan jenis penyakit kanker yang di tandai dengan munculnya tumor dalam pankreas. Pankreas itu sendiri merupakan sebuah kelenjar berukuran kurang lebih 15 cm yang terdapat dalam saluran pencernaan. Pankreas terdapat pada pria dan wanita, dan mengartikan bahwa penyakit kanker pankreas dapat terjadi pada semua orang baik pria atau wanita. Meski pada umumnya penyakit kanker pankreas hanya terjadi pada orang yang berusia lanjut, namun tidak mustahil penyakit ini juga dapat terjadi pada wanita atau pria yang masih muda.

Terkait dengan fungsi pankreas yang ada dalam tubuh adalah berguna sebagai media produksi berbagai enzim pencernaan yang mendukung penguraian zat-zat makanan agar bisa di serap oleh tubuh. Fungsi lain dari pankreas ini adalah untuk memproduksi hormon, diantaranya adalah hormon insulin yang sangat bermanfaat untuk memecah gula dalam tubuh agar bisa di rubah jadi energi. Jika pankreas terganggu atau produksi insulin tidak lancar, maka kadar gula darah dalam tubuh tidak akan stabil dan menyebabkan gula darah tinggi atau diabetes.

Lain lagi dengan orang yang mengalami kanker pankreas, kemungkinan besar dapat mengalami penghambatan produksi insulin sehingga menyebabkan komplikasi dengan penyakit diabetes. Orang yang mengalami penyakit kanker pankreas kerap mengalami demam dan menggigil diseluruh tubuhnya. Hal ini disebabkan tidak sempurnanya stabilitas hormon dalam tubuh atau hal lain yang mengacu kejadian tersebut.

Selain menyebabkan demam dan banyak kehilangan energi, orang yang mengalami penyakit kanker pankreas juga kerap merasa gatal-gatal pada seluruh tubuh mereka, darah yang ada dalam tubuhpun cepat dan mudah menggumpal, dan kemudian menyebabkan mual dan bahkan muntah. Selain hal tersebut, orang yang mengalami penyakit kanker pankreas juga berpotensi mengalami gangguan pencernaan, pola BAB nya jadi berubah, berat badan menurun secara signifikan dan kehilangan nafsu makan.

Bila anda termasuk orang yang mengidap penyakit kanker pankreas, baiknya anda melakukan langkah perawatan dengan mengikuti serangkaian petunjuk dan beberapa jenis perawatan. Menjaga asupan makanan yang sehat dan baik untuk kesehatan, dan jika perlu anda harus menjalani proses operasi. Namun jika tidak mau di operasi, anda bisa mengobati penyakit kanker pankreas secara tradisional dengan minum obat herbal.

 

 

Ciri dan Gejala Kanker Pankreas

Penyakit kanker pankreas merupakan jenis kanker yang utamanya menyerang bagian pankreas yang merupakan kelenjar untuk produksi insulin. Penyakit kanker pankreas memang tidak menyebabkan gejala yang begitu signifikan pada tahan awal infeksi kanker terjadi. Namun ketika sel kanker telah membesar dan menyebar pada beberapa bagian organ tubuh lain dapat menyebabkan sakit pada perut bagian bawah, nyeri punggung dan nyeri setelah makan atau ketika berbaring.

Berikut ini beberapa tanda dan gejala kanker pankreas

1. Penyakit kuning

Merupakan jenis penyakit yang terjadi akibat adanya infeksi kanker pada tubuh, tepatnya kanker pada bagian organ pankreas. Penyakit kuning dapat menyebabkan pigmen kulit, warna mata, kuku dan bagian lain pada tubuh seseorang menjadi berwarna kuning, urinnya pun akan terlihat lebih gelap dibanding dengan orang yang normal. Penyakit kuning suka timbul dan menyebabkan komplikasi kronis dengan penyakit kanker pankreas. Anda baiknya segera melakukan pengobatan apabila mengalami gejala penyakit kuning.

2. Nyeri

Gangguan saraf di dalam tubuh dapat menyebabkan rasa nyeri yang amat parah pada tubuh, rasa nyeri yang timbul biasanya terjadi pada bagian punggung dan perut. Anda baiknya tidak membiarkan rasa nyeri ini berlangsung lama, karena dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang amat signifikan.

3. Berat Badan Menurun

Menurunnya berat badan seseorang juga dapat menyebabkan penyakit kanker pankreas, tumor atau kanker dapat menyebabkan seseorang kehilangan nafsu makan dan kelancaran pencernaan dalam tubuhnya pun terganggu. Penurunan berat badan ini terjadi akibat tubuh yang lemah dan kesulitan saat melakukan proses pengolahan berbagai gizi yang didapat dari makanan. Selain itu, pankreas yang terkena kanker juga dapat menyebabkan timbulnya penyakit diabetes atau kencing manis.

4. Obstruksi Usus

Merupakan jenis gejala yang menyebabkan kerusakan pada usus kecil dan beberapa organ pencernaan, ini mudah terjadi akibat tumbuhnya tumor pada bagian jaringan pankreas. Selain itu, kondisi ini juga dapat bersamaan terjadi dengan depresi dan stress akibat penyakit kanker pankreas.

5. Pembekuan darah

Pembekuan darah dapat terjadi akibat penyakit kanker pankreas, maka dari itu anda baiknya tetap berjaga dan mengobati penyakit pankreas sejak dini, hal ini di lakukan untuk mengurangi komplikasi dan gejala lebih lanjur penyakit kanker pankreas.

Itulah beberapa yang menjadi gejala kanker pankreas, setelah mengetahui dari gejala atau tanda orang terkena kanker pankreas, tentunya kita ingin mengetahui apa penyebab kanker pankreas menyerang seseorang.

 

Penyebab Penyakit Kanker Pankreas

Kanker pankreas merupakan jenis penyakit kronis yang bisa terjadi akibat faktor usia. Orang yang mengidap penyakit kanker pankreas rata-rata berusia 60 sampai 80 tahun. Kanker pankreas dapat menyerang dan sering terjadi pada usia 75 tahun. Usia merupakan penyebab utama terjadinya penyakit kanker pankreas. Selain faktor usia, ada juga beberapa faktor penyebab kanker pankreas lainnya, berikut penjelasannya.

1. Akibat merokok

Rokok merupakan sumber penyakit kanker yang utama, bisa menimbulkan penyakit kanker pankreas, kanker paru-paru, kanker tenggorokan, kanker mulut dan semua jenis kanker termasuk kanker otak. Rokok mengandung bahan bahan yang sangat bahaya bagi kesehatan tubuh dan sebanyak 4 atau 5 kasus terjadinya penyakit kanker pankreas disebabkan oleh kebiasaan merokok.

Baca juga :  Cara dan Manfaat Berhenti Merokok Bagi Kesehatan

2. Jenis Kelamin

Selain usia, jenis kelamin pun turut berperan dalam peningkatan risiko penyakit kanker pankreas. Yang lebih sering terkena penyakit ini adalah pria ketimbang wanita. Ini karena mungkin kebanyakan pria memiliki kebiasaan merokok yang lebih parah daripada wanita. Maka bisa disimpulkan bahwa kanker pankreas akan lebih mudah menyerang pria dengan usia antara 60-80 tahun dengan kebiasaan merokok aktif.

3. Genetik Keturunan

Faktor lain yang menyebabkan terjadinya penyakit kanker pankreas adalah faktor keturunan, bila ada riwayat keluarga yang mengidap penyakit kanker pankreas, sudah pasti dapat terjadi pada anggota keluarga keturunannya. Ini merupakan risiko terbesar yang menimbulkan penyakit kanker pankreas pada seseorang.

4. Komplikasi Diabetes

Penyakit diabetes memiliki hubungan erat dengan pankreas yang ada dalam tubuh, dimana pankreas merupakan penghasil insulin yang berguna untuk mengolah nutrisi dalam tubuh. Kerusakan insulin dapat terjadi pada penderita diabetes, jika kerusakan ini berlangsung lama dapat menyebabkan penderitanya mengalami penyakit kanker pankreas.

Baca juga :  Tipe Penyakit Diabetes Melitus dan Pengobatannya

5. Infeksi pankreas

Infeksi atau luka yang muncul pada kelenjar pankreas juga dapat menyebabkan terjadinya penyakit kanker pankreas. Penyakit ini muncul akibat infeksi baik bakteri, virus atau jamur yang masuk kedalam jaringan pankreas. Pembentukan luka karena sesuatu pada pankreas juga dapat menyebabkan penyakit kanker pankreas.

6. Akibat bakteri Helicobacter pylori

Merupakan nama bakteri yang umum menyebabkan kerusakan didalam lambung. Bakteri ini juga dapat menyerang jaringan pankreas dan menyebabkan infeksi atau peradangan pada organ pankreas yang dalam jangka lama dapat berkembang menjadi penyakit kanker pankreas.

7. Kurang beraktivitas

Olahraga merupakan salah satu sarana untuk menyembuhkan penyakit kanker pankreas secara alami, tradisional. Penyakit kanker pankreas dapat terjadi akibat kurangnya aktivitas atau kurang bergerak dan kurang melakukan olahraga. Hal ini merupakan penyebab paling umum terjadinya penyakit kanker pankreas pada orang zaman sekarang. Anda baiknya melakukan olahraga secara teratur untuk mencegah terjadinya penyakit kanker pankreas.

8. Obesitas

Kelebihan berat badan merupakan penyakit umum yang terjadi akibat kelebihan lemak didalam tubuh, obesitas dapat menyebabkan munculnya penyakit kanker pankreas, apalagi kalau konsumsi makanannya kurang baik, sering konsumsi minuman beralkohol juga dapat menyebabkan timbulnya penyakit kanker pankreas.

 

Penyembuhan penyakit kanker pankreas

Setelah mengetahui Penyebab dan Gejala Kanker Pankreas langkah selanjutnya adalah bagaimana cara mengobati kanker pankreas?. Proses perawatan penyakit kanker pankreas pada setiap orang berbeda, bergantung pada beberapa faktor, meliputi : bagian pankreas yang terkena kanker, luas penyebaran dan stadium, usia, kesehatan secara menyeluruh dan pilihan atau preferensi perawatan pasien. Proses perawatan penyakit kanker pankreas bertujuan untuk mengangkat tumor atau sel kanker yang tumbuh pada jaringan pankreas. Selain untuk mengangkat jaringan kanker pada pankreas ini juga berguna untuk melakukan perawatan untuk mempertahankan kesehatan tubuh saat mengalami penyakit kanker. Adapun proses perawatan atau cara penyembuhan penyakit kanker pankreas bisa anda lakukan dengan menggunakan beberapa teknik berikut.

1. Operasi

Jenis penyembuhan penyakit kanker pankreas dengan melakukan tindakan atau metode operasi ini bertujuan untuk menyembuhkan penyakit kanker pankreas dengan cara mengangkat sel kanker yang tumbuh pada jaringan pankreas. Pengangkatan kanker dengan proses operasi ini bisa berhasil dengan dukungan beberapa hal, seperti: penyebaran tumor, pertumbuhan tumor dan jaringan atau organ yang diduduki tumor. Sedangkan prosedur operasi yang di jalankan untuk menyembuhkan penyakit kanker pankreas ini meliputi :

  • Operasi whipple

    Jenis operasi ini dilakukan dengan cara mengangkat kepalan pankreas dan mengangkat  sebagian kecil kantung empedu, saluran empedu, lambung dan usus kecil. Teknik operasi ini bisa lebih cepat memulihkan penyakit kanker pankreas sampai sembuh total.

  • Operasi pancreatectomi total

    Merupakan teknik operasi untuk menyembuhkan penyakit kanker pankreas dengan mengangkat seluruh jaringan pankreas dalam tubuh, selain organ pankreas, teknik operasi ini juga bisa merenggut limpa, saluran empedu, kantong empedu, usus kecil dan sejumlah kelenjar getah bening yang ada disekitar pankreas. Dan pada beberapa orang di lakukan pengangkatan sebagai organ lambung.

  • Operasi pancreatectomi distal

    Metode operasi ini di lakukan dengan mengangkat bagian tubuh atau ekor pankreas dan membiarkan kepala pankreas tetap berjalan normal. Teknik ini bisa merenggut organ lambung, usus besar, ginjal kiri dan kelenjar adrenal bagian kiri bahkan berujung pada pengangkatan diafragma.

2. Kemoterapi

Proses penyembuhan penyakit kanker dengan cara kemoterapi bertujuan untuk menghambat jaringan kanker agar tidak tumbuh pada bagian organ yang lain. Kemoterapi biasa di lakukan sebelum dan selepas operasi. Proses penyembuhan penyakit kanker dengan menggunakan metode kemoterapi menyebabkan beberapa efek samping, diantaranya : sariawan, mual, muntah, dan infeksi atau peradangan.

3. Radioterapi

Merupakan proses untuk membantu mengecilkan tumor yang tumbuh pada jaringan pankreas, meredakan rasa nyeri dan mencegah pertumbuhan tumor lebih lanjut. Proses ini sama seperti radioterapi dan memiliki sejumlah efek samping seperti hilangnya nafsu makan, mual, muntah, lesu, letih, diabetes, ruam kulit dan berisiko kehilangan rambut atau botak.

Baca juga :  Mencari Pengobatan Terbaik Untuk Kanker

Written by Obat Herbal

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Obat Herbal Radang Amandel Paling Ampuh

Obat Herbal Radang Amandel Paling Ampuh

Menurunkan Berat Badan Dengan Makanan Berserat

Menurunkan Berat Badan Dengan Makanan Berserat