, ,

Penyebab Dan Gejala Kanker Limfoma

Penyebab Dan Gejala Kanker Limfoma. Kanker limfoma merupakan salah satu jenis kanker yang tumbuh akibat dari adanya perubahan pada genetik sehingga membuat sel limfosit atau sel darah putih yang berfungsi sebagai pertahanan tubuh mengalami perubahan karena bermutasi.

Sel darah putih yang mengalami mutasi ini kemudian menyerang batas tepi atau disebut lineage sel B, Sel T maupun sel NK.

Selain itu sel limfosit yang bermutasi juga bisa menyerang kelenjar getah bening maupun organ limpa. Bahaya yang paling parah dari limfoma adalah dapat menyebar ke berbagai jaringan maupun organ tubuh bagian dalam lainnya.

Sampai saat ini, ada sekitar 43 jenis limfoma yang digolongkan menjadi dua jenis limfoma, yaitu:

  1. Limfoma Hodgkin.
  2. Limfoma Non-Hodgkin atau biasa disebut NHL

Klasifikasi umumnya berdasarkan pada jenis sel-selnya yang mengalami mutasi, yaitu B cell, T cell, maupun natural killer cell tumor.

WHO telah memperkirakan sekitar 1,5 juta jiwa di dunia pada saat ini hidup dengan NHL serta sekitar 300 ribu jiwa meninggal dunia setiap tahunnya karena penyakit NHL.

Ada sekitar 55% limfoma NHL memiliki tipe yang agresif serta tumbuh dengan sangat cepat, seperti: Limfoma Burkitt.

Limfoma Non-Hodgkin merupakan jenis kanker yang pertumbuhannya sangat cepat nomer tiga setelah kanker kulit serta kanker paru-paru.

Limfoma Non-Hodgkin umumnya banyak menyerang pada orang dewasa dengan angka tertinggi pada usia 45 hingga 60 tahun. Semakin tua usia seseorang maka semakin tinggi pula resiko terserang limfoma, hal ini terjadi karena adanya penurunan daya tahan tubuh pada orang dewasa.

Agar kita bisa mengenal lebih jauh lagi tentang limfoma, maka kita perlu untuk lebih mengenal sistem limfatik tubuh manusia.

Sistem limfatik atau sistem pembuluh getah adalah suatu sistem pertahanan alami dalam tubuh terhadap berbagai macam infeksi. Sistem ini akan bekerja melalui cairan limfatik di dalam pembuluh getah bening.

Cairan limfatik adalah sejenis cairan berwarna putih mirip seperti susu yang mengandung  lemak, protein serta limfosit atau sejenis sel darah putih. Limfosit sendiri terdiri dari 2 jenis yaitu sel B serta sel T.

Sel B dalam limfosit tak ubahnya seperti pabrik senjata pada tubuh manusia yang memproduksi protein yang disebut sebagai antibodi yang memiliki fungsi berperang melawan musuh yaitu bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

Mereka akan terus menerus berjalan dalam tubuh kita untuk memeriksa keadaan serta kesehatan sel-sel tubuh kita. Jika ternyata ada sel tubuh kita yang sakit atau sel yang mulai tua maka sel-sel tersebut akan dimusnahkan oleh limfosit.

Organ-organ dalam tubuh manusia yang berperan dalam pembuatan serta peredaran limfosit, adalah spleen atau limpa, kelenjar timus, sumsum tulang serta tonsel atau amandel. Dan limfoma umumnya akan menyerang pada organ-organ tersebut.

Baca juga : Gejala dan Penyebab Radang Amandel

Penyebab Kanker Limfoma

Hingga saat ini masin belum dapat diketahui secara pasti, apa yang menyebabkan munculnya limfoma. Ada beberapa kemungkinan yang dianggap menjadi penyebab dari limfoma, yaitu:

  1. Faktor keturunan
  2. Kelainan pada sistem kekebalan tubuh
  3. Adanya infeksi semacam virus maupun bakteri.
  4. Berbagai paparan racun pada lingkungan seperti pewarna kimia, pengawet maupun herbisida.

Limfoma akan terjadi apabila ada salah satu sel getah bening atau limfosit kehilangan kendali pada reproduksinya.

Baca juga : Penyakit Kelenjar Getah Bening

Sarkoma Kaposi atau KS pada penderita AIDS merupakan suatu infeksi ganda dari HIV serta virus herpes yang menyebabkan munculnya Sarkoma Kaposi yang baru dikenal akhir-akhir ini.

Penelitian terbaru menegaskan bahwa virus Epstein-Barr atau EBV turut berperan serta secara aktif di dalam perkembangan limfoma.

Limfoma Burkitt yang masuk dalam klasifikasi NHL, juga telah terbukti berhubungan dengan virus Epstein-Barr.

Virus Epstein-Barr selama ini telah ikut berperan dalam setengah dari seluruh  kasus kanker tenggorokan atas dan lebih dari 30%  pada semua kasus limfoma Hodgkin serta sekitar 10% dari kasus Limfoma Non-Hodgkin.

Hipotesis yang menyatakan bahwa HIV dapat memberdayakan virus-virus yang lain untuk menyebabkan kanker jenis tertentu nampaknya sangat perlu untuk diteliti lebih jauh lagi.

Penelitian juga sangat diperlukan untuk memperjelas peranan EVB pada limfoma akibat dari penyakit AIDS, meskipun korelasi antara KSHV dengan KS serta peranan virus papilloma manusia pada kanker anogenital nampaknya lebih dapat dimengerti.

Penelitian-penelitian seperti itu juga sangat dibutuhkan untuk mengetahui tentang hubungan antara virus herpes yang baru-baru ini ditemukan dengan limfoma. Dengan penelitian semacam itu akan dapat menghasilkan cara-cara yang baru dalam memprediksi serta mengobati kanker limfoma.

Di satu sisi, sebuah penelitian dalam skala kecil telah menyatakan bahwa ada kaitan antara kadar racun serta pestisida tertentu dalam tubuh individu yang resiko limfoma non-hodgkin. Karena jumlah responden dalam penelitian tersebut hanya sedikit, maka masih dibutuhkan penelitian yang lebih lanjut lagi untuk menguatkan hal tersebut.

Gejala kanker limfoma

Gejala kanker limfoma secara umum adalah:

  1. Adanya pembengkakan pada kelenjar getah bening di daerah leher, ketiak maupun pangkal paha.
  2. Berat badan mengalami penurunan secara drastis.
  3. Kelelahan secara terus menerus.
  4. Sesak napas disertai dengan batuk-batuk.
  5. Gatal-gatal pada beberapa bagian tubuh.
  6. Demam secara tiba-tiba dan umumnya tanpa sebab yang pasti.
  7. Keringat dingin sering keluar saat malam hari.

Terkadang ada beberapa penderita hanya memiliki semacam pembengkakan atau benjolan pada kelenjar getah bening di daerah leher. Penyakit ini tidak memiliki gejala-gejala yang khas, menjadikan banyak penderita limfoma yang baru terdeteksi ketika sudah dalam stadium lanjut serta hal seperti ini dapat menyulitkan proses pengobatan.

Baca : Obat Kelenjar Getah Bening Herbal Alami

Semoga informasi mengenai Penyebab Dan Gejala Kanker Limfoma ini bermanfaat.

Written by Obat Herbal

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Makanan Menurunkan Kolesterol Cepat

Makanan Menurunkan Kolesterol Cepat

Obat Radang Tenggorokan Alami Paling Ampuh

Obat Radang Tenggorokan Alami Paling Ampuh