Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Mata Ikan

No Comments
Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Mata Ikan

Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Mata Ikan. Karena memiliki warna putih dengan bentuk bulatan, orang menyebut penyakit ini dengan sebutan penyakit mata ikan. Dalam istilah medis, penyakit mata ikan juga disebut clavus/Plantar Wart. Clavus sendiri punya sinonim atau kata lain seperti kalus/callous, atau corns/heloma. Selain nama-nama diatas, ada juga yang menyebut penyakit mata ikan dengan nama caplak, atau kapalan. Untuk memudahkan, kita sebut saja sebagai penyakit mata ikan. Bukan seperti jerawat yang paling sering terjadi di muka, penyakit ini paling sering dijumpai di kaki, meskipun tidak menutup kemungkinan di tangan atau jari-jari.

Tanda – Tanda / Gejala Penyakit Mata Ikan

Mengenali tanda-tanda atau gejala penyakit mata ikan sebetulnya salah satu bentuk upaya mencegah meluasnya dan memperparah area yang terkena penyakit mata ikan. Jadi, ketika anda merasakan ada tanda-tanda yang muncul di kaki anda, bisa segera ditangani dengan baik sebelum berlanjut ke tahap yang lebih serius dan menyakitkan. Tanda-tanda umum yang mudah dikenali adalah rasa sakit di area tertentu biasanya saat berjalan kaki, dan lebih terasa jika tidak mengenakan alas kaki. Jika anda merasakan seperti tanda penyakit mata ikan diatas, lakukan segera upaya pencegahan lainnya dengan mengetahui apa yang menyebabkan penyakit mata ikan itu muncul.

Penyebab penyakit mata ikan

Penyebab terjadinya penyakit mata ikan secara umum yaitu virus dan tekanan pada kaki dalam jangka waktu yang lama. Virus bisa memasuki jaringan kulit dan daging yang dalam jangka waktu lama menyebabkan area semakin lama mengeras dan membesar.

Untuk lebih jelas, simak hal-hal atau kondisi yang memungkinkan anda menderita penyakit mata ikan.

  1. Pemakian sepatu yang sempit sehingga terjadi penekanan kaki
  2. Sepatu hak tinggi
  3. Sepatu terlalu longgar
  4. Sepatu dengan alas tipis
  5. Sering berjalan tanpa alas kaki
  6. Orang dengan berat badan berlebih (menyebabkan tekanan lebih besar pada kaki)

Untuk jangka waktu yang lama, sebaiknya dihindari kondisi-kondisi diatas, karena memperbesar kemungkinan terjadinya penyakit mata ikan ini.

Cara Mengobati Penyakit Mata Ikan

Sebelum berupaya melakukan pengobatan mata ikan, sebaiknya diketahui faktor-faktor yang memungkinkan terjadinya, kemudian berusaha menghindarinya.

Cara mengobati penyakit mata ikan yang sering dilakukan adalah dengan operasi mata ikan. Namun karena biaya yang cukup mahal, biasanya diganti dengan pengikisan secara manual yang harus dilakukan oleh tenaga medis yang terlatih dan berpengalaman.

Ada beberapa cara yang bisa ditempuh dalam upaya menghilangkan mata ikan. Dibawah ini adalah rangkuman tips mengobati penyakit mata ikan yang bisa anda coba jika sedang mengalami penyakit mata ikan.

Perlengkapan yang anda butuhkan adalah :

  1. Batu apung
  2. Sabut khusus kulit
  3. Air hangat
  4. Sabun
  5. Salep asam salisilat 40 %
  6. Sikat lembut

Cara menghilangkan mata ikan :

  1. Rendamlah area mata ikan dalam air hangat dan sabun, kurang lebih 15-30 menit.
  2. Gosokkan batu apung, atau sabut khusus kulit, atau sikat yang lembut
  3. Setelah itu, oleskan salep yang telah anda siapkan pada area mata ikan

Cara ini mungkin cocok bagi sebagian orang, dan tidak bagi yang lain, tergantung dari kondisi penyakit mata ikan yang diderita, keadaan tubuh, dan kebiasaan. Setidaknya, setelah anda mengetahui hal-hal atau kondisi yang memungkinkan terjadinya penyakit mata ikan, anda bisa lebih berwaspada dan berhati-hati.

Baca juga: Cara Mencegah dan Mengatasi Alergi Makanan

Tips Mencegah Penyakit Mata Ikan

Selalu berpegang pada prinsip, bahwa mencegah jauh lebih baik daripada mengobati, tips mencegah mata ikan ini akan membantu menurunkan faktor kemungkinan terkena panyakit yang menyakitkan ini.

  1. Selalu menjaga kebersihan kaki
  2. Mengontrol pemakaian alas kaki (kaos kaki, sepatu) yang pas dan nyaman, tidak memberikan tekanan berlebih.
  3. Tidak memakai sepatu dalam keadaan basah, atau terlalu lembab
  4. Selalu mencuci kaki setelah memakai sepatu berjam-jam
  5. Kurangi kebiasaan memakai sepatu hak yang terlalu tinggi dalam jangka waktu yang lama

Semoga informasi tentang cara mengobati penyakit mata ikan yang meliputi gejala, penyebab, pengobatan, dan tips mencegah ini bisa bermanfaat untuk anda, teman, atau keluarga.

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Artikel Yang Lain 

See all posts