, ,

Penyebab dan Cara Mengobati Keputihan

Penyebab dan Cara Mengobati Keputihan. Apa sebenarnya penyebab keputihan dan cara mengatasinya harus bagaimana? Keputihan ini seringkali dialami oleh para wanita, namun terkadang para wanita malu untuk membahas mengenai keputihan ini walaupun sebenarnya ada kecemasan ketika mengalami keputihan namun terkadang enggan untuk berbagi.

Penyebab dan Cara Mengobati Keputihan

Apa penyebab keputihan dan cara mengatasinya seperti apa? Keputihan atau dalam istilah kedokteran disebut dengan fluor albus merupakan kumpulan cairan yang dikeluarkan melalui organ kewanitaan. Keputihan yang keluar dapat encer atau kental seperti lendir hal tersebut bergantung pada hormon.

Keputihan yang tidak berbahaya memiliki ciri berwarna bening atau putih susu, tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap, keputihan yang keluar tidak begitu banyak, dan tidak menimbulkan rasa gatal. Ciri keputihan tersebut masih wajar dan malah dapat bermanfaat untuk melindungi organ kewanitaan kita.

Penyebab Keputihan

Lalu apa penyebab keputihan dan cara mengatasinya? Penyebab keputihan sangat beragam, bisa disebabkan karena faktor luar dan faktor dalam.

Biasanya penyebab keputihan karena hormon wanita sedang tidak seimbang, wanita yang akan menstruasi atau sudah menstruasi, wanita yang sedang hamil atau menyusui atau mereka yang kurang menjaga kebersihan, terutama di daerah vagina misalnya membasuh vagina dengan cara yang salah atau jarang mengganti pembalut ketika menstruasi.

Wanita yang stres dan kelelahan juga bisa memacu terjadinya keputihan.Wanita yang tidak menjaga pola makan dan pola hidup sehat juga bisa menimbulkan keputihan.

Ternyata memakan makanan tertentu juga bisa menjadi penyebab munculnya keputihan. Jika wanita terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula dapat memicu terjadinya keputihan.

Selain itu, makanan yang mengandung ragi atau jamur dan memakan buah-buahan yang dikeringkan atau dikalengkan juga dapat memicu terjadinya keputihan.

Keputihan juga ada yang disebabkan oleh jamur, bakteri, farasit atau virus, dan biasanya keputihan tersebut adalah jenis keputihan yang harus kita waspadai karena bisa jadi keputihan yang kita alami sebagai pertanda adanya penyakit yang bersarang pada tubuh atau pada organ kewanitaan kita.

Cara Mengobati Keputihan

Demikian beberapa penyebab keputihan dan cara mengatasinya agar keputihan tidak kita alami bisa dimulai dengan menjaga kebersihan diri dan organ intim kita.

Membersihkan organ intim harus dilakukan dengan benar, yaitu dari arah depan vagina ke anus. Gunakan juga celana dalam yang berbahan katun dan jangan terlalu sering menggunakan celana ketat.

Untuk pengobatan, bisa menggunakan bahan-bahan alami terlebih dahulu seperti daun sirih, daun sambiloto atau lidah buaya. Daun sirih yang direbus kemudian air rebusanya digunakan untuk membasuh vagina.

Namun jika ingin diperiksa, maka bisa datang langsung ke dokter kandungan agar dicari penyebabnya dan diberikan resep pengobatan yang tepat.

Itulah beberapa penyebab keputihan dan cara mengobati keputihan dan semoga bermanfaat.

Written by Obat Herbal

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gejala Asma Pada Anak dan Pencegahannya

Gejala Asma Pada Anak dan Pencegahannya

Tips Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil

Tips Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil