Penyakit Hepatitis A, B, C pada Anak-anak

No Comments
Penyakit Hepatitis A, B, C pada Anak-anak

Penyakit Hepatitis A, B, C pada anak-anak. Hepatitis pada anak-anak adalah peradangan hati. Penyakit Hepatitis anak ini bukan hanya disebabkan oleh virus, tetapi juga oleh faktor-faktor lain seperti bakteri, obat-obatan dan bahan beracun. Dari semua virus hepatitis, yang paling umum terjadi adalah hepatitis A, meskipun ada juga virus tipe B, C, D, E dan G.

Untuk mencegah anak-anak tertular virus hepatitis, anda harus menjaga kebersihan dengan baik dan sebisa mungkin menghindari kondisi yang tidak sehat, seperti berhati-hati ketika bepergian ke daerah-daerah yang mempunyai sanitasi buruk dan kualitas air tidak sehat, terutama untuk minum atau berenang, kemudian menghindari makan kerang dari perairan yang terkontaminasi dengan limbah. Selain itu juga membiasakan anak untuk selalu mencuci tangan dengan bersih setelah menggunakan toilet dan sebelum makan. Jika ada anggota keluarga yang terkena penyakit hepatitis, baiknya menggunakan desinfektan untuk membersihkan toilet, atau pispot yang digunakan.

Penyakit Hepatitis A pada Anak

Pada anak-anak, bentuk yang paling umum dari penyakit hepatitis adalah hepatitis A (juga dikenal sebagai hepatitis menular). Jenis hepatitis disebabkan oleh virus hepatitis A (HAV), yang ditemukan dalam kotoran orang yang terinfeksi. Tinja yang terinfeksi dapat hadir dalam jumlah sangat kecil di makanan dan benda-benda (dari pegangan pintu ke popok untuk bayi).

Gejala Penyakit Hepatitis A

Hepatitis A pada anak-anak awalnya ditandai dengan mual, muntah, dan demam. Selain itu juga dapat ditandai dengan sakit perut, urin berwarna gelap, tinja keputihan.

Penularan Penyakit Hepatitis A

Hepatitis A menyebar melalui rute fecal-oral, yaitu melalui makanan dan air yang terkontaminasi. Di seberang makanan, air, susu dan terkontaminasi, terutama makanan laut

Diagnosis Penyakit Hepatitis A

Tes laboratorium tertentu seperti tes fungsi hati (bilirubin dan transaminase), dan dapat mendeteksi glukosa.

Pengobatan Penyakit Hepatitis A

Tidak ada pengobatan khusus untuk Hepatitis A karena biasanya sembuh dengan sendirinya. Hal yang perlu dilakukan adalah memperbaiki asupan makanan, dan terutama menjaga kebersihan secara umum. Dalam kondisi seperti ini juga disarankan untuk menghindari segala jenis obat-obatan, khususnya obat penghilang rasa sakit dan demam. Hindari lemak untuk mengurangi gejala gastrointestinal.

Pencegahan Penyakit Hepatitis A

Cara termudah untuk mencegah hepatitis A pada anak-anak adalah melalui vaksinasi anak. Vaksin hepatitis A dianjurkan pada usia 2 tahun. Atau, ada hepatitis gabungan A dan B yang dapat mencegah datangnya penyakit di masa dewasa ketika sudah di vaksin saat anak-anak.

Untuk menghindari infeksi pada kasus hepatitis A harus memperhatikan kebersihan diri, dan lingkungan, selalu mencuci tangan dan makanan yang sehat adalah 2 hal kecil yang sangat bermanfaat untuk anak. Hindari juga kontak dengan benda yang berpotensi terkontaminasi dengan tinja.

Penyakit Hepatitis B pada anak-anak dan bayi

Hepatitis B (juga disebut hepatitis serum) disebabkan oleh virus hepatitis B (HBV).

Gejala Penyakit Hepatitis B.

Gejala yang mungkin jika anak atau bayi anda terkena hepatitis B adalah rasa nyeri dan gatal di persendian, hilangnya nafsu makan, sakit perut, dan mual.

Penularan Hepatitis B.

Penularan Hepatitis B bisa melalui cairan tubuh yang terinfeksi seperti darah, air liur, air mani, cairan vagina, air mata, dan urin. Dan juga melalui transfusi darah yang terkontaminasi, berbagi jarum suntik, berhubungan seks dengan orang yang terinfeksi infeksi HBV atau bayi yang baru lahir terinfeksi oleh ibunya.

Virus hepatitis B juga dapat ditularkan kepada bayi oleh anggota keluarga. Paling sering terjadi adalah infeksi subklinis, misalnya ketika seorang anggota keluarga atau orang dewasa lain yang terkena virus sering berhubungan dengan anak.

Pencegahan Hepatitis B.

Vaksin hepatitis B adalah cara pencegahan utama, yaitu vaksin pentavalent, yang berlaku untuk bayi berusia 2,4, dan 6 bulan, American Academy of Pediatrics merekomendasikan untuk melakukan vaksin Hepatitis B pada anak baru lahir, satu bulan dan enam bulan.

Penyakit Hepatitis C pada anak-anak

Kasus hepatitis C jarang terjadi pada anak-anak dibandingkan dengan hepatitis A dan B.

Penularan Hepatitis C

Hepatitis C menular melalui kontak langsung dengan darah orang yang terinfeksi. Selain itu juga dengan jarum suntik dan transfusi darah.

Gejala Penyakit Hepatitis C

Gejala yang disebabkan oleh virus hepatitis C bisa sangat mirip dengan yang disebabkan oleh virus hepatitis A dan B. Namun, infeksi dengan virus hepatitis C pada akhirnya dapat menyebabkan penyakit hati kronis yaitu penyebab utama transplantasi hati.

Diagnosis Hepatitis

Semua virus hepatitis dapat didiagnosis dan dapat dipantau melalui tes darah di rumah sakit dengan bantuan dokter ahli.

Baca juga: Gejala penyebab dan obat kanker hati

Demikian sedikit gambaran mengenai Penyakit Hepatitis A, B, C pada anak-anak. Semoga Bermanfaat.

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Untuk informasi produk
silakan hubungi kami
sms / whatsapp :

087881220500

Info Kesehatan Lainnya

See all posts