Mengenali Jenis dan Gejala Kanker Tulang

No Comments
Mengenali Jenis dan Gejala Kanker Tulang

Mengenali Jenis dan Gejala Kanker Tulang. Istilah kanker tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Kanker merupakan istilah yang biasa digunakan untuk menggambarkan suatu penyakit yang berbahaya dan bahkan dapat menimbulkan kematian pada penderitanya.

Kanker ini ada banyak sekali jenisnya, tergantung dengan lokasi dimana tumbuhnya. Kanker tulang salah satu penyakit tulang berbahaya merupakan hal yang patut diwaspadai oleh kita semua.

Mungkin penyakit tulang yang paling sering anda dengar adalah osteoporosis (pengeroposan tulang) atau patah tulang karena kecelakaan. Namun, tahukah anda bahwa ternyata tulang anda juga bisa terkena kanker ?

Baca :  Cegah, gejala dan penyebab Osteoporosis

Kanker tulang salah satu penyakit tulang berbahaya sering juga disebut sebagai tumor pada tulang. Sama halnya dengan penyakit kanker lain, salah satu penyebab terjadinya kanker tulang adalah karena adanya gangguan sel-sel dari tulang tersebut.

Oleh karena itu, untuk lebih jelas mengenal kanker tulang salah satu penyakit tulang berbahaya, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

Jenis-jenis kanker tulang

Ada beberapa jenis kanker tulang yang cukup terkenal dan sering terjadi dalam kehidupan manusia, diantaranya adalah :

1. Osteosarcoma

Penyakit tulang yang satu ini merupakan kanker tulang yang paling ganas dan cukup sering terjadi. Sebenarnya, kanker tulang yang satu ini bisa terjadi pada siapapun, namun faktanya kanker tulang jenis ini lebih banyak menyerang pria yang berusia sekitar 10 hingga 20 tahun ke atas.

Penyakit ini juga dapat menyerang tulang di bagian tangan dan kaki, namun bisa juga ditemukan pada bagian tulang yang agak panjang. Sebaiknya anda berhati-hati pada jenis kanker tulang yang satu ini, karena kanker jenis ini sangat agresif dan mampu merambat hingga sampai ke organ paru-paru.

2. Chondrosarcoma

Merupakan salah satu jenis kanker tulang yang cukup agresif dan berbahaya. Kanker tulang jenis ini juga sering menyerang manusia, terutama bagi mereka yang berusia 40 tahun ke atas. Kanker tulang yang satu ini lebih sering menyerang tulang rawan yang ada di tubuh manusia, khususnya bagian pinggul.

3. Erwing’s Sarcoma

Merupakan kanker tulang yang hampir sama dengan osteosarcoma, yaitu menyerang bagian tulang yang agak panjang. Namun, kanker tulang yang satu ini merupakan kanker tulang yang paling agresif dari semua jenis kanker dan biasanya menyerang pria yang berusia kurang dari 30 tahun.

4. Fibriosarcoma

Merupakan jenis kanker tulang yang agak jarang terjadi dan biasanya menyerang pria yang berumur antara 30 tahun hingga 50an. Pada umumnya, kanker jenis ini menyerang bagian tulang yang ada di belakang lutut.

5. Chordoma

Merupakan kanker tulang yang paling jarang ditemukan dan pada umumnya menyerang pria maupun wanita, namun yang memiliki resiko yang paling besar adalah kaum pria, terutama bagi mereka yang berusia 30 tahun. Bagian yang diserang oleh kanker jenis ini adalah bagian tulang belakang.

Gejala kanker tulang

Kanker tulang salah satu penyakit tulang berbahaya ini pada umumnya akan menimbulkan pertanda awal, yaitu :

  1. Penderita kanker tulang biasanya akan mengeluh karena muncul rasa nyeri atau ngilu pada beberapa bagian tulang tertentu. Pada awalnya, rasa nyeri itu akan muncul hanya pada malam hari atau ketika anda melakukan kegiatan. Namun, jika dibiarkan maka rasa nyeri itu akan muncul di sepanjang waktu.
  2. Biasanya akan terbentuk benjolan, namun tidak banyak orang yang mengetahui bahwa itu adalah tumor tulang. Sebenarnya, benjolan ini merupakan gejala yang paling umum untuk mendeteksi apakah seseorang menderita kanker tulang tersebut. Apabila tulang sudah terserang kanker, maka tulang akan menjadi sangat rapuh dan bisa mengalami patah tulang dengan mudah.
  3. Apabila tumor ini sudah menyebar ke jaringan tubuh yang lain, maka penderitanya akan mengalami berbagai gejala, misalnya demam, atau berkeringat pada malam hari dalam jumlah tak wajar atau mengalami penurunan berat badan yang drastis.

Oleh sebab itu, apabila anda menunjukkan gejala-gejala diatas, ada baiknya anda memeriksakan diri sebagai sebuah langkah dini untuk mencegah kanker tulang salah satu penyakit tulang berbahaya.

Baca juga :  Obat kanker tulang alami

Inilah uraian singkat mengenai jenis-jenis kanker tulang serta gejala kanker tulang. Semoga bermanfaat.

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Untuk informasi produk
silakan hubungi kami
sms / whatsapp :

081586839029

Info Kesehatan Lainnya

See all posts