, ,

Mengenal Penyebab Jenis Penyakit Malaria

Mengenal Penyebab Jenis Penyakit Malaria. Penyakit malaria merupakan salah satu jenis penyakit infeksi yang dapat menyerang pada manusia dan hewan seperti hewan pengerat, melata, primata, bahkan unggas. Infeksi pada malaria ini dapat menyerang pada orang di berbagai kalangan usia dan jenis kelamin. Penularan ini biasa terjadi karena adanya gigitan dari nyamuk anopheles yang juga membawa mikroorganisme uniseluler berupa protozoa atau parasit golongan Plasmodium. Plasmodium merupakan parasit yang dapat hidup pada darah manusia maupun binatang berdarah panas. Melalui perantaraan nyamuk anopheles inilah plasmodium dapat masuk dan menyebar dalam darah setelah itu berkembang biak di organ hati, membelah diri, serta merusak sel-sel darah merah dan infeksi tersebut dapat menimbulkan beberapa jenis komplikasi dalam darah.

Mengenal Penyebab Jenis Penyakit Malaria

Untuk menyebabkan infeksi, ada beberapa jenis plasmodium yang berkembang pada penyakit malaria seperti Falciparum, penyebab malaria tropika; Vivax, penyebab malaria tersiana; Malariae, penyebab malaria quartana; serta Ovale penyebab malaria Ovale. Berbagai macam gejala penyakit malaria kerapkali tidak dapat dengan mudah terdeteksi pada tubuh manusia karena gejala tersebut turun dan naik.

Gejala awal yang biasa terjadi ialah terjadinya demam yang disertai dengan sakit kepala, menggigil, kaku pada otot. Berbagai jenis parasit plasmodium tadi menyebabkan gejala klinis yang berbeda-beda pula. Gejala seperti flu tadi biasanya berlangsung hanya selama 2-3 hari. Setelah itu, diikuti dengan meningkatnya jumlah monosit dan limfosit. Jika gejala ini tidak segera diobati maka akan timbul gejala lain seperti pembesaran pada organ hati dan limpa. Kadar gula yang turun juga menjadi salah satu gejala yang perlu diwaspadai.

Baca : Cara Mengobati Flu dan Pilek Secara Alami

Biasanya, penyakit malaria merupakan suatu penyakit yang bersifat menetap pada tubuh makhluk hidup. Hal ini diakibatkan karena sejumlah parasit plasmodium tersebut masih ada dan menetap pada tubuh makhluk hidup. Jika makhluk hidup tersebut sedang dalam keadaan yang tidak sehat, maka akan terjadi penurunan nafsu makan, pahit pada lidah, nyeri demam, serta terlihat lemah. Penularan malaria sangat mudah terjadi jika anda sedang berada di kawasan baru yang memang endemik malaria. Untuk mencegah terjadinya malaria, anda perlu berkonsultasi pada dokter dan meminta obat khusus yang sering disebut pil kina. Obat tersebut biasa dikonsumsi oleh seseorang yang hendak bepergian di kawasan yang endemik malaria.

Written by Obat Herbal

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mencari Pengobatan Terbaik Untuk Kanker

Mencari Pengobatan Terbaik Untuk Kanker

Makanan Menurunkan Kolesterol Cepat

Makanan Menurunkan Kolesterol Cepat