in

Mengenal Penyebab dan Gejala Bell’s Palsy

Mengenal Penyebab dan Gejala Bell’s Palsy. Apa itu Bell’s Palsy? Rano Karno pada beberapa waktu lalu mengisi pemberitaan dengan wajahnya yang miring akibat dari virus Bell’s Palsy. Sebuah penyakit saraf di area wajah yang bisa menjadikan otot-otot di salah satu bagian sisi wajah asimetris (melorot/ mencong). Oleh karena itu, untuk bisa tersenyum hanya salah satu sisi wajah saja. Pun, pada mata hanya satu saja yang bisa menutup secara sempurna.

Apa itu Penyakit Bell’s Palsy

Nama penyakit Bell’s palsy sendiri diambil dari nama Charles Bell yaitu seorang ahli bedah berkebangsan Skotlandia yang hidup pada tahun 1774 – 1842.

Penyebab Bell’s Palsy diduga karena proses peradangan pada saraf, yang berfungsi dalam mengontrol otot di salah satu bagian wajah. Oleh ahli lainnya, penyebabnya adalah infeksi virus.

Penyakit ini bisa menjangkiti semua golongan usia, entah itu pria ataupun wanita. Untuk keberadaannya, kebanyakan hanyalah sementara beberapa hari sampai dengan beberapa minggu. Untuk setelahnya, bisa berangsur-angsur pulih pasca 6 bulan berlalu. Yang menderita kelumpuhan saraf wajah secara permanen pun ada.

Baca juga : Macam macam penyakit saraf dan obatnya

Gejala Bell’s Palsy

Gejala dari Bell’s Palsy adalah sebagai berikut :

  • Datangnya tiba-tiba, bisa berupa rasa lumpuh ringan hingga total di salah satu bagian wajah. Hal ini akan menjadikan pasien sulit menutup kelopak mata di satu bagian dan juga tersenyum.
  • Wajah akan melorot dan sulit berekspresi.
  • Pada salah satu bagian wajah yang menderita, terdapat rasa nyeri di area rahangnya ataupun belakang telinga.
  • Kemampuan indera pengecap menurun pada sisi yang lumpuh.
  • Volume air mata dan juga liur di wajah yang terkena menurun.

Komplikasi Serangan Bell’s Palsy

Beberapa komplikasi yang bisa terjadi akibat serangan Bell’s palsy adalah.

  • Gangguan pada mata.
  • Kesulitan saat makan, minum serta bicara.
  • Kelumpuhan atau kelemahan otot secara terus-menerus.
  • Otot wajah berkedut.
  • Menurunnya kemampuan indera perasa.

Untuk penderita Bell’s palsy yang terkait berdasarkan keturunan, kemungkinan kondisi ini bisa terjadi lagi di masa yang akan datang.

Bagaimana mengatasi Bell’s Palsy?

Jika melihat orang terkena kasus ini, sesegera mungkin cari pertolongan medis. Yang perlu anda ingat adalah pada Bell’s Palsy ini bukan disebabkan lantaran stroke. Periksa ke dokter apabila anda merasa ada yang aneh/ lemah di bagian wajah, atau ketika salah satu bagian wajah tampak melorot secara tiba-tiba.

Baca juga : Obat Herbal Untuk Penyakit Stroke yang Ampuh

Written by Obat Herbal

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makanan Sehat Untuk Penderita Paru Paru Basah dan Pantangannya

Makanan Sehat Untuk Penderita Paru Paru Basah dan Pantangannya

Penyebab Penyakit Demam Berdarah dan Pencegahannya

Penyebab Penyakit Demam Berdarah dan Pencegahannya