, , ,

Manfaat Tomat bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat tomat bagi kesehatan dan kecantikan. Tanaman tomat adalah salah satu tumbuhan berbunga dari keluarga solanaceae. tumbuhan asli bagian Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko hingga daerah Peru. Tumbuhan tomat mempunyai siklus hidup singkat, dan tanaman ini dapat tumbuh setinggi 1 hingga 3 meter.

Dilihat dari warnanya tomat memiliki 2 jenis warna, yaitu merah dan hijau. Keduanya memiliki perbedaan kandungan Vitamin C dan A yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Buah tomat yang berwarna merah memilliki kandungan Vitamin A dan C lima kali lebih banyak dibandingkan dengan tomat hijau.

Dari segi botanic tomat termasuk dalam kelompok buah yang dapat dimakan, namun sebagian dari masyarakat  memasukkan tomat ke dalam kelompok sayuran. Karena tomat lebih sering digunakan sebagai pelengkap masakan karena memiliki rasa yang tajam dan unik, oleh karena itu sangat susah mencari pengganti rasa dari buah ini.

Dari segi kandungan gizi dan nutrisi, tomat mengandung mineral, serat dan vitamin yang tinggi, sekitar 150 gram merupakan sumber vitamin A, C, K, folat dan kalium yang baik untuk tumbuh. Tomat juga mempunyai kandungan sodium, lemak jenuh, kolesterol dan kalori yang rendah. Kandungan lainnya seperti thiamin, niacin, vitamin B6, magnesium, fosfor dan tembaga, sangat diperlukan untuk kesehatan tubuh serta memiliki kandungan air relatif tinggi.

Manfaat tomat bagi kesehatan dan kecantikan

Banyaknya unsur-unsur kandungan yang diperlukan bagi kesehatan tubuh menjadikan buah tomat obat berbagai penyakit dan wajib untuk kita konsumsi. Apa saja Manfaat tomat bagi kesehatan dan kecantikan bagi tubuh kita? Berikut berbagai khasiat dan manfaat buah tomat untuk kesehatan dan kecantikan :

1. Manfaat buah Tomat untuk Kanker

Kandungan Lycopene yang ada dalam buah tomat berkhasiat mengurangi risiko penyakit kanker, seperti anker payudara, kanker paru, kanker leher rahim, kanker tenggorokan, kanker mulut, kanker kerongkongan, kanker lambung, kanker usus besar, kanker prostat dan kanker ovarium. Antioksidan seperti vitamin A dan C dalam tomat mampu melawan radikal bebas yang menjadi penyebab kerusakan sel.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Dr Edward Giovannucci dari universitas Harvard menunjukkan bahwa kandungan lycopene dan beta-karoten pada tomat bekerja sebagai antioksidan alami yang melindungi sel-sel dan struktur tubuh lainnya dari bahaya radikal bebas. Mengonsumsi buah tomat yang dicampur minyak zaitun akan membantu penyerapan lycopenene oleh tubuh menjadi lebih baik.

Baca : Kenali Berbagai Penyebab Penyakit Kanker

2. Manfaat tomat untuk mencegah kerusakan DNA

Buah tomat yang kaya antioksidan penting seperti, vitamin A dan Vitamin C akan menghambat kerusakan DNA dari pengaruh radikal bebas. Kandungan tomat akan membantu menghambat penyakit berkaitan dengan usia seperti aterosklerosis dan diabetes.

3. Manfaat tomat untuk kesehatan jantung

Kandungan nutrisi penting dalam tomat seperti niacin, asam folat dan vitamin B6 akan membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Kandungan kolesterol baik dalam buah tomat mengurangi kadar trigliserida yang terdapat dalam darah dan dapat melindungi organ jantung. Sebuah studi menemukan perempuan yang mengonsumsi 7 sampai 10 porsi produk dari buah tomat per minggu mempunyai 29 persen risiko lebih rendah menderita penyakit jantung, stroke dan pembekuan darah.

Baca : 10 Cara Menghindari Risiko Serangan Jantung

4. Manfaat buah tomat melawan trombosis

Sebuah studi lain juga menyatakan, mengonsumsi 8 ons jus tomat setiap hari mampu mengurangi agregasi platelet secara signifikan. Jadi intinya dengan minum jus tomat yang rendah sodium akan membantu mengatasi masalah trombosit.

5. Manfaat buah tomat untuk inflamasi

Sebuah penelitian meyatakan minum segelas jus tomat setiap hari dapat membantu menurunkan kadar TNF-alpha sebesar 34 persen. Kadar TNF-alpha merupakan penyebab inflamasi.

6. Manfaat tomat bagi tulang

Vitamin K dan kalsium dalam kandungan tomat berkhasiat memperkuat dan memperbaiki tulang. Lycopene juga terbukti dapat meningkatkan massa tulang sehingga, sehingga akan membantu menghambat terjadinya osteoporosis.

Baca : Penyakit tulang dan pencegahannya

7. Manfaat tomat bagi gula darah

Manfaat Tomat lainnya adalah menjaga gula darah Anda menjadi seimbang. Tomat sebagai sumber kromium akan membantu mengatur gula darah Anda.

8. Manfaat tomat untuk mata

Vitamin A yang terkandung dalam tomat akan meningkatkan penglihatan dan mencegah rabun senja. Penelitian terbaru mengungkapkan, mengonsumsi tomat akan membantu mengurangi resiko degenerasi makula,

Buah tomat merah sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak sejak dini untuk kesehatan mata dan lebih meningkatkan imunitas terhadap berbagai penyakit yang menyerang.

9. Manfaat tomat untuk rambut

Manfaat tomat bagi kesehatan dan kecantikan lainnya adalah Kandungan Vitamin A dalam buah tomat akan membantu menjadikan rambut lebih kuat dan mengkilap.

Baca : Kenali Faktor Penyebab Rambut Rontok

10. Manfaat tomat untuk batu ginjal dan batu empedu

Khasiat buah tomat lainnya adalah dapat mencegah batu ginjal dan batu empedu. Beberapa penelitian mengungkapkan, seseorang yang mengonsumsi tomat tanpa biji dapat menurunkan penyebab batu ginjal dan empedu.

11. Manfaat tomat untuk mengurangi rasa nyeri

Jika Anda mengalami rasa nyeri, seperti nyeri punggung atau arthritis, mungkin buah tomat dapat membantu mengurangi rasa sakit. Kandungan karotenoid dan bioflavonoid dalam buah tomat mempunyai sifat sebagai antiinflamasi.Menyerang inflamasi adalah cara terbaik melawan rasa sakit yang kronis.

12. Mengurangi efek buruk asap rokok

Kandungan asam coumaric dan asam chlorogenic yang ada dalam buah tomat dapat membantu kita mengurangi bahaya yang ditimbulkan oleh asap rokok.

Baca : Ketahui manfaat berhenti merokok

13. Khasiat buah tomat untuk keperkasaan

Khasiat tomat untuk pria dari sebuah penelitian yang melakukan eksperimen menggunakan sampel 6 pria sehat dengan usia sekitar 40 tahun. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa mengkonsumsi likopen dalam bentuk sup tomat setiap hari memperlihatkan hasil yang bagus. Dengan mengkonsumsi sup tomat secara rutin selama 2 pekan mampu meningkatkan kualitas sperma hingga 7-12%.

14. Manfaat tomat untuk diet

Jika Anda sedang menjalankan program penurunan berat badan mungkin manfaat tomat untuk diet dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Buah tomat dapat dijadikan makanan keseharian. Karena tomat mempunyai kandungan banyak air dan serat, rendah kalori dan lemak sehingga aman dikonsumsi oleh siapa saja. Ahli gizi bahkan menganjurkan orang yang menderita obesitas dan masalah kolesterol untuk selalu mengonsumsi buah ajaib ini.

Baca : Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

15. Manfaat tomat bagi kulit

Sering mengonsumsi buat tomat akan membuat kulit tampak lebih sehat dan cerah, hal ini karena dipengaruhi senyawa lycopene dalam tomat bermanfaat membuat kulit lebih sensitif terhadap kerusakan sinar UV, sinar Uv merupakan penyebab utama garis-garis halus dan kerutan pada kulit. Jika diusapkan pada kulit secara teratur, kulit kita akan lebih lembut dan halus.

Baca : Jenis Penyakit Kulit yang Sangat Mengganggu

16. Manfaat tomat bagi wajah berjerawat

Manfaat buah tomat untuk wajah berjerawat adalah dari kandungan asam yang terdapat pada tomat dapat mengurangi jerawat pada wajah dan bagian tubuh lainnya.

17. Mengecilkan pori-pori,

Untuk mengecilkan pori-pori, cukup menghaluskan beberapa buah tomat lalu campurkan ke dalamnya dua sendok teh cairan jeruk nipis. Oleskan secara merata ke wajah dan bersihkan 5 sampai 10 menit kemudian, lakukan secara teratur sampai ukuran pori-pori anda mengecil.

Itulah beberapa manfaat tomat bagi kesehatan dan kecantikan, apabila kita mengonsumsinya. Untuk mendapatkan khasiat dan manfaat dari buah tomat Anda bisa dapatkan dalam produk Amazon Berries.

 

Written by Obat Herbal

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Daftar Makanan Berkolesterol tinggi

Daftar Makanan Berkolesterol tinggi

Gejala dan Penyebab Kanker Nasofaring

Gejala dan Penyebab Kanker Nasofaring