in ,

Makanan Sehat Untuk Penderita Paru Paru Basah dan Pantangannya

Makanan Sehat Untuk Penderita Paru Paru Basah dan Pantangannya. Paru-paru basah merupakan salah-satu penyakit yang sering diderita di masyarakat dan bersifat menular sehingga akan sangat membahayakan kesehatan orang di sekitar Anda.

Paru-paru basah sebetulnya tidak ada dalam istilah medis, Penyakit yang satu ini sebenarnya dalam bahasa medis di kenal dengan nama pneumonia, namun masyarakat sering menyebutnya penyakit paru-paru basah karena memang benar di dalam paru-paru terlalu banyak mengandung cairan. Penyakit pneumonia atau paru-paru basah ini merupakan penyakit yang di akibatkan karena adanya infeksi satu atau kedua paru-paru yang biasanya disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur. Penyebab utamanya adalah bakteri, virus, mikroplasma, jamur, berbagai senyawa kimia, dan partikel. Virus sinsitial pernapasan (respiratory syncitial virus atau RSV), painfluenzae, influenzae, dan adenovirus merupakan yang paling kerap menyebabkan pneumonia.

Beberapa kasus paru paru basah terjadi oleh karena menghirup tetesan kecil yang mengandung organisme yang dapat menyebabkan pneumonia. Tetesan ini masuk ke udara ketika seseorang terinfeksi dengan kuman melalui batuk atau bersin. Dalam kasus lain, disebabkan ketika bakteri atau virus yang biasanya hadir di mulut, tenggorokan, atau hidung tanpa sengaja memasuki paru. Biasanya, respon refleks tubuh dan sistem kekebalan tubuh mereka akan mencegah organisme disedot dari organisme penyebab paru-paru basah. Ada beberapa gejala yang sering di timbulkan akibat dari penyakit ini, dan berikut adalah gejala dari penyakit paru-paru basah.

Baca : Penyebab dan gejala kanker paru-paru

Gejala dari penyakit paru-paru basah :

  • Batuk yang berkepanjangan
  • Batuk yang berlendir
  • Demam
  • Susak bernafas
  • Telapak tangan dan kaki terasa dingin dan sering basah atau keluar keringat
  • Nafsu makan berkurang
  • Berat badan menurun

Itulah beberapa gejala yang biasanya di timbulkan dari penyakit ini. Jika Anda sering merasakan gejala di atas, maka segera periksakan kesehatan Anda. Langkah ini sangat perlu untuk di ambil karena ini demi memastikan apakah anda terserang penyakit paru-paru basah atau tidak. Apakah ada obat yang mamu mengatasi penyakit ini sampai tuntas tapi aman di konsumsi tanpa menimbulkan efek samping? Tentu saja ada Obat Herbal Penyakit TBC Paru-paru Paling Ampuh

Makanan Pantangan bagi Penderita Paru Paru Basah

Jika Anda mengidap penyakit paru-paru, Maka ada baiknya jika Anda jangan mengkonsumsi makanan sembarangan, Karena ditakutkan akan mempengaruhi penyakit Anda yang berdampak semakin parah. Untuk itu Anda harus mengetahui apa saja pantangan makanan yang harus Anda jauhi agar kesehatan tubuh Anda semakin membaik. Beberapa jenis makanan yang dilarang bagi penderita paru-patu basah diantaranya adalah :

  • Makanan yang di awetkan karena mengandung senyawa kimia yang bisa berubah menjadi karsinogen aktif yang membahayakan tubuh
  • Ikan asin
  • Daging unggas
  • Sayur-sayuran seperti tauge, sawi putih dan cabai yang mampu mempengaruhi efektifitas kerja obat dalam tubuh
  • Daging sapi, daging kerbau, daging kambing dan daging babi
  • Buah-buahan yang mengadung alkohol seperti lengkeng, durian, nangka, nanas dLL
    Jangan konsumsi alkohol
  • Berhenti merokok dan hindari orang yang merokok

Baca : Penularan dan Gejala Penyakit TBC Paru-paru

Makanan Sehat Untuk Penderita Paru Paru Basah

Untuk membantu mempercepat penyembuhan dan mencegah timbulnya komplikasi, Anda diharuskan menghindari makanan diatas dan mengkonsumsi Makanan Sehat Untuk Penderita Paru Paru Basah, dibawah ini :

1. Makanan yang Mengandung Folat

Dalam tubuh, folat yang berasal dari makanan seperti bayam, asparagus, buah jeruk, kacang dan alpukat akan diubah menjadi asam folat. Makanan tersebut juga secara bertahap melindungi paru-paru dari kanker

2. Buah dan Sayur yang Mengandung Karotinoid

Beberapa buah dan sayur yang memiliki kandungan karonoid adalah wortel, ubi jalar, sayuran hijau gelap dan tomat. Karena khasiatnya, bahkan karotinoid digunakan untuk dijadikan antioksidan untuk mengurangi risiko kanker paru-paru

3. Makanan dengan Asam Lemak Omega-3

Makanan yang kaya akan asam lemak omega 3 secara bertahap mampu menyembuhkan asma. Asam lemak omega 3 dapat ditemukan pada ikan salmon, tuna, trout, kacang-kacangan dan juga biji rami.

Baca : Obat Herbal Kanker Paru-paru Alami

4. Banyak Mengonsumsi Air putih

Air putih tidak hanya berfungsi untuk mencegah dehidrasi. Air dalam tubuh bisa bermanfaat untuk menjaga alirah darah ke bagian paru-paru. Paru paru membutuhkan air untuk membuat kondisi lendir tetap basah dan lembab. Hal ini sangat penting untuk mencegah infeksi bakteri, racun maupun berbagai jenis zat polutan yang masuk ke paru paru.

5. Buah Berri

Buah berri adalah buah yang banyak mengandung anti oksidan. Beberapa buah yang termasuk dalam golongan buah berri adalah seperti strawberi, blueberri dan raspberi. Kandungan lain yang ditemukan dalam buah berri adalah seperti polifenol antosianin, beta karoten, lutein dan zeasantin. Semua zat ini berperan untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas dan menjaga fungsi paru paru. Konsumsi jus buah beri secara rutin juga bisa melindungi dari resiko kanker paru paru.

Demikan informasi mengenai Makanan Sehat Untuk Penderita Paru Paru Basah dan Pantangannya, semoga bermanfaat.

Written by Obat Herbal

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makanan Pencegah Penyakit Kelenjar Getah Bening

Makanan Pencegah Penyakit Kelenjar Getah Bening

Mengenal Penyebab dan Gejala Bell’s Palsy

Mengenal Penyebab dan Gejala Bell’s Palsy