, ,

Makanan Menurunkan Kolesterol Cepat

Makanan Menurunkan Kolesterol Cepat. Tidak semua jenis kolesterol kita anggap musuh. Ada high density lipoprotein (HDL), jenis kolesterol yang justru bermanfaat bagi tubuh karena bekerja membersihkan dan melancarkan aliran darah.

Sedangkan yang harus kita perangi adalah kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL), yaitu merupakan kolesterol yang dapat memicu penyumbatan dan memblokir aliran darah menuju otak.

Peningkatan kadar kolesterol jahat tersebut terjadi akibat adanya peningkatan trigliserida, yaitu salah satu lemak dalam darah yang dapat merusak arteri.

Baca : Resep obat kolesterol tradisional

Memerangi kolesterol jahat bisa dengan melakukan tes darah secara rutin dan mengkonsumsi makanan yang tepat dan sehat. Mengkonsumsi makanan yang tepat dan sehat bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, seperti dikutip Huffington Post.

Jumlah kolesterol dalam darah yang melebihi 200 menjadi ancaman bagi setiap orang di masa tua. Padahal, pengidap kolesterol tinggi tidak hanya menyerang orang yang berusia diatas 40 tahun, dalam usia muda pun juga bisa terkena penyakit akibat kolesterol.

Sering mengonsumsi makanan cepat saji dan kurang berolahraga dapat berakibat buruk bagi kesehatan dan memicu perkembangan berbagai penyakit. Seperti hipertensi, jantung dan juga diabetes.

Baca : Cara menurunkan kolesterol secara alami

Menurut American Heart Association (AHA), kadar kolesterol dalam darah bisa dikurangi dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Lalu, seperti apa makanan sehat yang dimaksud?

Untuk mengetahui kadar kolesterol dalam tubuh maka sebaiknya melakukan pemeriksaan kadar kolesterol darah secara berkala. Dengan pemeriksaan ini kita akan mendapatkan data perkiraan kadar kolesterol yang beredar dalam sirkulasi darah dalam tubuh kita. Sehingga kita dapat melakukan tindakan pencegahan agar terhindar dari penyakit degeneratif seperti penyakit jantung, stroke dan penyakit lainya yang berhubungan dengan pembuluh darah.

Baca : Daftar Makanan Berkolesterol tinggi

Makanan Menurunkan Kolesterol Cepat

Berikut ini adalah daftar makanan menurunkan kolesterol dengan cepat :

1. Gandum

Kaya serat yang mudah dicerna tubuh untuk mengurangi kadar kolesterol jahat yang terserap tubuh dari usus.

2. Ikan salmon

Ikan salmon kaya asam lemak omega 3, yang berperan menurunkan tekanan darah, menekan risiko pembekuan darah dan menjaga kadar kolestrol tetap terkendali. Selain itu ikan salmon juga mengandung EPA dan DHA yang baik untuk kesehatan jantung.

3. Kacang-kacangan (Kedelai, buncis, kacang merah, dll)

Sumber serat larut yang sangat tinggi dan dapat membuat jantung menjadi sehat karena kacang mengandung lemak tak jenuh tunggal (lemak yang sehat) dan molekul asam lemak terendah yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida.

4. Minyak zaitun

Mengandung lemak tak jenuh tunggal yang mampu meningkatkan kadar kolesterol yang baik dan menurunkan kolesterol jahat serta trigliserida tanpa mengurangi kadar kolesterol baik.

Baca : Manfaat hydroxytyrosol dalam Zaitun

5. Apel

Artinya, konsumsi sebuah apel sehari dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung.

6. Strawberi

Strawberi kaya akan kandungan pektin, sejenis serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Baca :  Manfaat Buah Strawberry Bagi Kesehatan

7. Cokelat

Cokelat kaya antioksidan dan mengandung zat-zat pengurang kolesterol, misalnya flavanoid. Cokelat ternyata sehat. Hindari cokelat yang mengandung susu terlalu banyak.

8. Teh

Teh mengandung antioksidan yang bisa membuat pembuluh darah menjadi merasa lancar sehingga terhindar dari pembekuan darah. Selain itu teh juga mengandung phytocemical yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang .

9. Bayam

Sayuran yang terbuat dari bayam mengandung lutein yang banyak. Lutein berfungsi untuk menjaga kesehatan, menjaga kesehatan jantung serta ketajaman fungsi mata.

10. Bawang putih

Bawang putih bermanfaat untuk menghindari pembekuan darah, menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah yang tinggi dan melindungi tubuh dari infeksi. Selain itu bawang putih juga bisa mencegah partikel kolesterol menempel di dinding pembuluh darah.

11. Margarin

Margarin bisa menurunkan kadar kolesterol. Misalnya margarin yang terbuat dari minyak biji bunga kanola.

Demikian beberapa makanan menurunkan kolesterol yang bisa anda konsumsi untuk mencegah terhindar dari penyakit akibat kolesterol tinggi. Semoga bermanfaat.

Written by Obat Herbal

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

One Comment

Leave a Reply
  1. Wah, Informasi yang sangat bermanfaat
    Saya mendapat rekomendasi website tentang herbal yang cukup terpercaya karena referensinya dari penelitian-penelitian dan sebagian udah diuji ke pasien.
    Alamipedia.com

    Semoga bermanfaat & Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mengenal Penyebab Jenis Penyakit Malaria

Mengenal Penyebab Jenis Penyakit Malaria

Penyebab Dan Gejala Kanker Limfoma

Penyebab Dan Gejala Kanker Limfoma