in ,

Macam-macam Jenis Penyakit Kanker dan Gejalanya

Informasi mwngenai berbagai macam penyakit serta yang menjadi gejala kanker

Jenis-jenis Penyakit Kanker dan Gejalanya. Penyakit Kanker adalah salah satu jenis penyakit yang begitu ganas dan sangat berbahaya sebab perkembangan dan pergerakan penyakit ini begitu cepat. Ada baiknya Anda mengenal lebih jauh tentang berbagai nama penyakit kanker yang serimg menyerang berbagai fungsi organ tubuh ini.

Berikut beberapa nama penyakit kanker yang sudah tidak asing lagi di telinga kita karena keganasannya :

1. Kanker Otak

Kanker otak adalah sekumpulan massa sel-sel otak yang tumbuh abnormal, di luar kendali. Sebagian besar kanker otak dapat menyebar melalui jaringan otak, tetapi jarang menyebar ke area lain dari tubuh.

Namun pada kasus tumor otak jinak, saat mereka tumbuh, mereka dapat menghancurkan dan menekan jaringan otak yang normal lainnya, yang dapat berakibat pada kelumpuhan ataupun fatal. Karena itu, dokter lebih suka menggunakan istilah “tumor otak” daripada “kanker otak.” Yang menjadi concern utama pada pasien kanker otak maupun tumor otak ini adalah seberapa cepat mereka menyebar melalui bagian otak/ syaraf tulang belakang lainnya dan apakah mereka bisa diangkat dan tidak kambuh lagi.

Gejala Kanker Otak

Rasa sakit kepala terus menerus pada pagi hari, dan agak berkurang pada tengah hari, epilepsi, badan lemah, mati rasa pada lengan dan kaki, kesulitan berjalan, sering mengantuk, perubahan tidak normal pada penglihatan, perubahan pada kepribadian, perubahan pada ingatan, dan terasa sulit untuk berbicara.

Baca : Obat Herbal Kanker Otak Alami Paling Ampuh

2. Kanker Mulut

Kanker mulut adalah kanker yang menyerang pada bagian-bagian mulut. Kanker ini bisa tumbuh di gusi, bibir, dinding mulut, lidah, langit-langit mulut atau dasar mulut. Kanker mulut termasuk penyakit berbahaya seperti kanker lainnya yang bukan mustahil membawa penderitanya pada kematian.

Kanker mulut yang timbul di lidah biasanya berbentuk benjolan atau timbulnya daging pada lidah. Kanker tersebut akan menyebabkan terjadinya pembusukan atau ketika pecah akan terus mengeluarkan cairan.

Kanker mulut yang berada di lidah akan terlihat seperti sariawan yang besar. Lidah akan berlubang dan kian lama akan bertambah besar. Sedangkan kanker mulut yang ada di gusi dapat dideteksi saat gusi membesar dan pipi menjadi bengkak.

Gejala Kanker Mulut

Sering mengalami sariawan pada mulut, lidah dan gusi yang tidak kunjung sembuh sampai jangka waktu yang cukup lama.

Baca : Obat Herbal Kanker Mulut Alami Paling Ampuh

3. Kanker Tenggorokan

Kanker tenggorokan adalah kanker yang terdapat pada tenggorokan atau pita suara. Tenggorokan adalah saluran yang dimulai dari belakang hidung dan berakhir di leher. Pita suara terletak hanya sedikit di bawah tenggorokan, Pita suara adalah tulang rawan yang terdiri dari membran suara yang bergetar untuk membuat suara ketika anda berbicara. Kanker tenggorokan juga dapat terjadi pada tulang rawan epiglottis yang berfungsi sebagai tutup untuk saluran angin tenggorokan anda.

Gejala Kanker Tenggorokan

Batuk, Perubahan suara, Sulit menelan, Sakit pada telinga, Benjolan yang tidak dapat sembuh, Benjolan pada tenggorokan, Penurunan berat badan

4. Kanker Paru-Paru

Kanker paru-paru merupakan penyakit dengan ciri khas adanya pertumbuhan sel yang tidak terkontrol pada jaringan paru-paru. Apabila terlalu lama didiamkan maka kanker ini akan menyebar keluar dari sel paru paru dan menyebar keorgan tubuh yang lainnya kanker paru paru ini bisa dilihat dari gejala umum yakni batuk darah dan penurunan berat badan.

Tahukah Anda ?

  • Penyebab utama kematian pada kasus-kasus kanker adalah KANKER PARU (kanker paru berkontribusi pada 32% kematian pada pria & 25% pada wanita penderita kanker)
  • 90% penderita kanker paru adalah perokok aktif atau mantan perokok
  • Merokok satu pak per hari meningkatkan resiko kanker paru 10X lipat
  • Merokok dua pak per hari meningkatkan resiko kanker 25X lipat
  • Dari 180 ribu orang yang divonis kanker paru setiap tahunnya, 86% akan MENINGGAL dalam waktu 5 TAHUN sejak terdiagnosa (ini baru di Amerika saja).

Gejala Kanker Paru-paru

Batuk terus menerus, sering keluar dahak bercampur darah, sering mengalami sakit pada daerah dada.

Baca : Obat Herbal Kanker Paru-paru Alami

5. Kanker Payudara

Kanker payudara adalah keganasan yang bermula dari sel-sel di payudara. Hal ini terutama menyerang wanita, tetapi tidak menutup kemungkinan terjadi juga pada pria.

Gejala Kanker Payudara

Adanya benjolan diseputar payudara, mengalami penebalan kulit payudara, perubahan bentuk, sering terasa gatal, sering berwarna kemerahan, dan rasa sakit yang tidak ada hubungannya dengan menyusui atau menstruasi.

Baca : Obat Kanker Payudara Alami yang Ampuh

6. Kanker Saluran Pencernaan

Gejala Kanker Saluran Pencernaan meliputi : adanya darah dalam kotoran yang ditandai warna merah terang atau hitam, Rasa tidak enak terus menerus disekitar wilayah perut, adanya benjolan pada daerah perut, rasa sakit setelah makan, dan adanya penurunan berat badan.

7. Kanker Rahim (Uterus)

Pendarahan diperiode – periode datang bulan, pengeluaran darah saat mens yang tidak seperti biasanya dan rasa sakit yang luar biasa, sampai saat ini, kanker rahim dikenal sebagai “silent killer” karena biasanya sulit terdeteksi hingga stadium lanjut.

Gejala kanker rahim tidak spesifik. Studi terbaru menunjukkan bahwa penderita kanker rahim biasanya mengalami gejala berikut ini secara menetap:

  • tekanan abdomen (merasa penuh, bengkak atau kembung)
  • Perasaan ingin buang air kecil terus menerus

Gejala Kanker Rahim

Terjadinya pendarahan pada periode datang bulan, keluar darah saat menstruasi yang tidak seperti biasanya dan adanya rasa sakit yang terasa luar biasa.

Baca : Obat Penyakit Kanker Rahim Herbal Paling Ampuh

8. Kanker Kolon (Colorectal Cancer)

Colorectal Cancer atau dikenal sebagai Ca.Colonatau Kanker Usus Besar adalah suatu bentuk keganasan yang terjadi pada kolon, rektum, dan appendix (usus buntu). Di negara maju, kanker ini menduduki peringkat ke tiga yang paling sering terjadi, dan menjadi penyebab kematian yang utama di dunia barat. Untuk menemukannya diperlukan suatu tindakan yang disebut sebagai kolonoskopi, sedangkan untuk terapinya adalah melalui pembedahan diikuti kemoterapi.

Gejala Kanker Usus

Adanya pendarahan pada rectum, ada darah pada kotoran, adanya perubahan buang air besar (diare yang terus menerus atau mungkin sulit untuk buang air besar).

Baca : Obat Herbal Kanker Usus dan Kanker Rektum

9. Kanker Kandung Kemih

Bladder cancer atau kanker kandung kemih adalah jenis kanker yang berkembang di daerah kandung kemih, organ berbetuk balon terletak di bagian panggul yang menyimpang urin. Kebanyakan kanker ini diawali pada sel-sel yang melapisi bagian dalam kandung kemih.

Kanker ini biasanya menyerang orang dewasa, meskipun semua tingkatan umur memiliki peluang yang sama. Umumnya, kanker ini terdiagnosa pada tahap awal perkembangan, di mana kanker ini masih dapat diobati.

Gejala Kanker Kandung Kemih

Keluar darah pada saat buang air seni, rasa sakit atau perih pada saat buang air kecil, keseringan atau kesulitan untuk buang air kecil, dan terasa begitu sakit pada daerah kandung kemih.

10. Kanker Prostat

Kanker prostat adalah keganasan yang terjadi di dalam kelenjar prostat. Beberapa dokter mempercayai bahwa kanker prostat dimulai dengan perubahan sangat kecil dalam ukuran dan bentuk sel-sel kelenjar prostat. Perubahan ini dikenal sebagai PIN (prostatic intraepithelial neoplasia). Hampir setengah dari semua orang yang memiliki PIN setelah berusia di atas 50 tahun. Orang yang mengalami PIN mengalami perubahan tampilan sel-sel kelenjar prostat pada mikroskop. Perubahan ini dapat berupa tingkat rendah (hampir normal) atau bermutu tinggi (abnormal).

Gejala Kanker Prostat

Kencing tidak lancar, rasa sakit yang terus menerus pada daerah pinggang bagian belakang, daerah penis dan paha bagian atas.

Baca : Obat Herbal Kanker Prostat Paling Ampuh

11. Kanker Buah Zakar (Testis)

Kanker Testis merupakan pertumbuhan sel-sel ganas di dalam testis (buah zakar), yang bisa menyebabkan testis membesar atau menyebabkan adanya benjolan di dalam skrotum (kantung zakar). Kebanyakan kasus kanker testis terjadi pada usia di bawah 40 tahun. Penyebabnya pasti tidak diketahui.

Gejala Kanker Buah Zakar

Adanya benjolan asing pada buah zakar, ukuran penampungan buah zakar yang membesar dan menebal secara mendadak, sakit pada perut bagian bawah, dada membesar atau menjadi lembek.

12. Kanker Kelenjar Getah Bening

Kanker kelenjar getah bening ialah keadaan dimana timbulnya perkembangan sel yang tak terkendali atau abnormal yang terjadi pada sistem limfatik manusia dalam hal ini kelenjar getah bening.Kelenjar getah bening biasanya terdapat pada dada,bawah ketiak, leher, dan pangkal paha

Seringkali penderita hanya memiliki semacam benjolan atau pembengkakan kelenjar getah bening pada leher. Karena tidak ada gejala khas, banyak pasien limfoma biasanya baru terdeteksi saat sudah stadium lanjut dan ini menyulitkan pengobatan.

Baca : Obat Kanker Kelenjar Getah Bening Alami

13. Kanker Darah (Leukemia)

Leukemia (kanker darah) adalah keganasan yang terjadi pada sel-sel darah. Istilah leukemia mencakup keganasan yang terjadi pada sel-sel darah putih, sel-sel darah merah (erythroleukemia) ataupun pada elemen lainnya pada darah ataupun sum-sum tulang belakang.
Keganasan dimulai ketika terjadi pertumbuhan sel darah (putih) secara abnormal (sel blast atau sel muda) dimana pada waktunya, mereka mungkin mendesak sel-sel darah putih, sel-sel darah merah, dan platelet-platelet yang normal. Ini membuat darah berat untuk melakukan pekerjaannya.

Gejala Kanker Darah

Muka sering pucat, kelelahan kronis, penurunan berat badan, mudah terkena infeksi, mudah terluka, rasa sakit pada tulang dan persendian, dan sering mengalami mimisan.

Baca : Obat Herbal Kanker Darah Paling Ampuh

14. Kanker Kulit

Kanker kulit adalah pertumbuhan sel-sel pada kulit pada taraf abnormal. Penyebab kanker kulit berbeda-beda dan tingkat keganasan kanker pun berbeda-beda. Kanker kulit paling umum terjadi pada lapisan sel skuamosa basal dan melanosit. Kanker kulit biasanya tumbuh di epidermis (lapisan paling luar kulit), sehingga tumor (benjolan) dapat terlihat dari luar, sehingga kanker kulit merupakan jenis kanker yang paling mudah ditemukan gejalanya pada stadium awal. kanker kulit juga merupakan kanker yang paling sedikit resiko kematiannya pada penderita, ini disebabkan karena kulit jarang dapat mencapai organ-organ vital seperti jantung, paru-paru, ginjal dan batang otak pada manusia.

Gejala Kanker Kulit

Adanya benjolan pada kulit yang menyerupai kutil (mengeras seperti tanduk), sering mengalami infeksi yang tidak kunjung sembuh, adanya bintik-bintik yang berubah warna dan ukuran, timbul rasa sakit pada daerah tertentu, perubahan warna kulit bercak-bercak.

Baca : Gejala Kanker Kulit Penyebab dan Pencegahan

15. Kanker Serviks

Kanker leher rahim atau disebut juga kanker serviks adalah sejenis kanker yang 99,7% disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) onkogenik..Kanker serviks ini menyerang pada bagian organ reproduksi wanita, yang tepatnya di daerah leher rahim atau pintu masuk ke daerah rahim yaitu bagian yang sempit antara vagina dan rahim.

Gejala Kanker Serviks

Kanker leher rahim pada stadium awal tidak menunjukkan gejala yang khas, bahkan bisa tanpa gejala. Pada stadium lanjut, gejala kanker serviks, antara lain: perdarahan post coitus, keputihan abnormal, perdarahan sesudah mati haid (menopause) serta keluar cairan abnormal (kekuning-kuningan, berbau dan bercampur darah).

Baca : Obat Herbal Kanker Serviks Paling Ampuh

16. Kanker Nasofaring

Kanker nasofaring (kanker THT) adalah penyakit yang disebabkan oleh sel ganas (kanker) dan terbentuk dalam jaringan nasofaring, yaitu bagian atas faring atau tenggorokan. Pada umumnya kanker disebabkan karena adanya pertumbuhan sel kanker yang tidak terkontrol dan ditimbulkan karena adanya faktor keturunan (genetik), lingkungan, dan juga virus epstein bar. Penyebaran kanker nasofaring dapat berkembang ke bagian mata, telinga, kelenjar leher, dan otak sehingga sangat berbahaya dan bersifat mematikan.

Gejala Kanker Nasofaring :

  • Hidung Tersumbat
  • Sakit tenggorokan
  • Mimisan (keluar darah dari hidung)
  • Gangguan pendengaran
  • Sakit kepala
  • Wajah nyeri dan mati rasa
  • Pendangan kabur atau ganda
  • Telinga berdenging dan Infeksi telinga secara berulang
  • Kesulitan bernafas
  • Suara menjadi serak
  • Terdapat benjolan di hidung dan leher

Baca : Gejala dan Penyebab Kanker Nasofaring

17. Kanker Hati

Penyakit kanker hati merupakan kanker yang muncul dari hati, dan bukan akibat keganasan dari organ lain yang menyebar ke hati atau metastasis ke hati. Tanda dan gejala klinis yang dapat ditemukan antara lain hepatomegali atau pembesaran hati, sakit perut, ikterus, atau gangguan hati lainnya.

Gejala kanker Hati

Kanker hati seringkali tidak menimbulkan gejala. Ketika kanker bertambah besar, orang mungkin melihat satu atau lebih dari gejala umum ini:

  • Rasa sakit di perut bagian atas di sisi kanan
  • Sebuah benjolan atau rasa berat di perut bagian atas
  • Bengkak (kembung) pada perut
  • Kehilangan nafsu makan dan perut terasa penuh
  • Penurunan berat badan tanpa sebab jelas
  • Kelelahan kronis
  • Mual dan muntah
  • Kulit dan mata berwarna kuning, tinja pucat, dan urine berwarna gelap
  • Demam

Baca : Obat Kanker Hati Herbal Alami Paling Ampuh

 

Demikian urain dari beberapa jenis penyakit kanker dan gejalanya, semoga dapat membantu dan bermnfaat,

 

Written by Obat Herbal

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makanan Sehat untuk Penderita Kanker Payudara

Makanan Sehat untuk Penderita Kanker Payudara

Makanan Pencegah Penyakit Kelenjar Getah Bening

Makanan Pencegah Penyakit Kelenjar Getah Bening