Khasiat dan Manfaat Zaitun Hydroxytyrosol untuk Kesehatan

No Comments
Khasiat dan Manfaat Zaitun Hydroxytyrosol

Khasiat dan Manfaat Zaitun Hydroxytyrosol – Zaitun, pohon pertama yang tumbuh di bumi, sebagai wujud nyata anugerah dari Yang Maha Kuasa. Zaitun merupakan buah anugrah yang penuh keajaiban. Umur dari tanaman ini dapat mencapai hingga ribuan tahun, di Palestina tumbuh pohon Zaitun yang diperkirakan umurnya lebih dari 2000 tahun. Pohon zaitun merupakan tanaman yang tumbuh pada iklim sub tropis, tepatnya di daerah daratan Mediterania. Kandungan hydroxytyrosol dalam Zaitun melengkapi kesempurnaan dan keajaiban dari buah zaitun itu sendiri.

Fakta Mengenai Khasiat dan Manfaat Zaitun

  1. Masa hidup pohon Zaitun dapat mencapai ribuan tahun.
  2. Zaitun dipuji-puji merupakan pohon yang berguna dan paling berharga di zaman para nabi.
  3. Catatan sejarah pertama Minyak Zaitun dibuat oleh Homer, seorang penyair legendaris dari Yunani kuno, dengan menyebut minyak zaitun merupakan “Emas Cair”.
  4. Di zaman Yunani Kuno para atlet mengolesi seluruh badan dari ujung rambut sampai ujung kaki dengan minyak zaitun untuk membersihkan.
  5. Pada zaman Yunani kuno, minyak zaitun dipercaya dapat memberikan kekuatan dan membuat awet muda.
  6. Sejak 400 SM Hipokrates, Bapak ilmu pengobatan membuat 60 resep terapi untuk menyembuhkan pasiennya menggunakan minyak zaitun.
  7. Christopher Columbus dalam penjelajahan selalu menyediakan minyak zaitun bagi para awak kapalnya.
  8. Pada 1950-an menjadi heboh di Amerika karena zaitun dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit jantung.
  9. Kandungan super antioksidan dalam Minyak Zaitun adalah zaitun hydroxytyrosol.
  10. Dulu air penyulingan Minyak Zaitun dibuang, padahal kenyataannya Hydroxytyrosol lebih banyak terdapat dalam kandungan air daripada minyak.

Beberapa pendapat tokoh mengenai manfaat buah zaitun

Zaitun adalah karya alam yang tidak ternilai harganya bagi kehidupan khususnya dalam kesehatan dan kesejahteraan. Seperti yang diungkapkan oleh George Ellwanger, seorang ilmuwan Holtikultura terkemuka dunia sebagai berikut, “Zaitun merupakan berkah alam yang tidak ternilai dan ditakdirkan dengan caranya sendiri untuk meningkatkan kesejahteraan manusia.”

Thomas Jefferson, Presiden Amerika Serikat ke-3, “Pohon Zaitun pastilah hadiah terbaik dari surga.” Dr. Andrew Weil, M.D., (Founder, Profesor dan Direktur Arizona Center for Integrative Medicine at The University of Arizona) “Minyak Zaitun adalah minyak yang terbaik dan teraman. Rasanya juga enak.”

Khasiat dan Manfaat Zaitun Hydroxytyrosol untuk penyakit jantung

Banyak warga masyarakat di Italia Mengonsumsi makanan seperti keju, pasta, daging, dan lainnya yang mengandung kolesterol tinggi, namun mereka tetap memiliki tingkat kesehatan yang baik. Dalam sebuah penelitian membuktikan dari 100.000 orang hanya 1 orang yang menderita penyakit jantung. Hal ini disebabkan karena mereka terbiasa memasak makanan dengan menggunakan minyak zaitun, atau memakan buah zaitun yang sudah diolah sepertii manisan, dadapan atau makanan ringan lainnya.

Dalam buah zaitun mengandung dua komponen utama, yaitu air dan minyak. Sedangkan buah anggur hanya mengandung satu komponen yakni air. Berbeda lagi dengan jenis buah alpukat serta durian yang hanya mempunyai kandungan minyak.

Keunikan buah zaitun lainnya juga terdapat pada bijinya yang memiliki 2 lapisan, yaitu bagian lunak dan bagian keras. Dalam pembuatan virgin olive oil, orang-orang tidak mengetahui khasiat dan manfaat dari kandungan air dalam buah zaitun. Padahal air yang dibuang mengandung hydroxytyrosol lebih banyak. Senyawa hydroxytyrosol merupakan zat aktif yang ditemukan dalam zaitun.

Hydroxytyrosol  tidak hanya terkandung dalam air, tetapi juga terkandung dalam daun dan minyak zaitun. Tetapi kandungan terbesar hydroxytyrosol terletak pada airnya. Senyawa ini memiliki sifat yang larut, sehingga bisa tahan panas sampai 300 derajat celcius.

Hydroxytyrosol merupakan senyawa fenolik utama yang  sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaat hydroxytyrosol adalah sebagai antioksidan yang mampu melawan radikal bebas. Mampu mencegah radiasi ultraviolet yang menjadi faktor risiko melanoma yang menjadi penyebab kanker kulit.

Khasiat zaitun hydroxytyrosol lainnya juga mampu mencegah dan memperbaiki Low density lipoprotein (LDL)  yang teroksidasi. LDL teroksidasi disebabkan karena udara yang dihirup terkandung radikal sehingga menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Hydroxytyrosol akan menangkap radikal bebas serta LDL yang telah teroksidasi yang selanjutnya polifenol hydroxytyrosol akan memperbaiki dan menormalkan kembali.

Fakta manfaat zaitun hydroxytyrosol dalam membantu mencegah dan mengobati penyakit jantung karena dapat menghambat terjadinya oksidasi dan pembentukan plak pada pembuluh arteri. Zaitun Hydroxytyrosol dapat diminum bersamaan obat jantung dengan jeda waktu 2 jam. Dalam setiap 10 mili gram zaitun hydroxytyrosol membantu mencegah penyumbatan sekaligus membongkar adanya penyumbatan pada pembuluh jantung.

Baca :  Penyebab dan Gejala penyakit jantung

Zaitun diakui sebagai bahan makanan yang tinggi kandungan lemaknya (sekitar 80-85% dari kalori dalam buah Zaitun berasal dari lemak). Lemak dalam Zaitun tersedia sekitar tiga perempat lemak asam oleat, asam lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated). Selebihnya terkandung asam linoleat bagian dari asam lemak esensial, sedikit asam alfa-linolenat dan asam lemak omega 3.

Asam oleat dan polifenol dapat membantu meningkatkan kandungan lemak tak jenuh yang dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa asam lemak tak jenuh tunggal ditemukan dalam Zaitun (dan minyak Zaitun) dapat membantu menurunkan tekanan darah. Asam oleat yang terserap dalam tubuh akan menemukan jalan menuju membran sel hingga terjadi perubahan pola sinyal pada tingkat membran sel (khususnya mengubah protein kaskade) sehingga menurunkan tekanan darah.

Baca : Penyakit jantung koroner bisa disembuhkan

Manfaat zaitun untuk kulit adalah dengan mengkonsumsi zaitun hydroxytyrosol setiap hari  diyakini akan memperbaiki sel kulit yang rusak akibat radikal bebas. dan melindungi kulit dari sengatan sinar ultraviolet.

Selain itu manfaat minum minyak zaitun hydroxytyrosol. yang mengandung antioksidan tinggi dapat memperbaiki dan melindungi sel-sel otak dari kerusakkan. Zaitun hydroxytyrosol juga sangat baik dan efektif dalam darah, meregenerasi sel-sel tulang serta melumasi persendian yang kaku. Secara umum manfaat zaitun hydroxytyrosol adalah membantu mencegah dan mengobati kanker, jantung, stroke, diabetes, Alzheimer, hiv/aids dan lainnya.

Manfaat zaitun hydroxytyrosol lainnya adalah:

  1. Antiinflamasi (peradangan)
  2. Antimikroba dan antivirus (penghambatan terhadap bakteri dan jamur).
  3. Antipenuaan dini.
  4. Melindungi sel-sel kulit.
  5. Mengurangi risiko penyakit kronis obstruktif.
  6. Melindungi sel otak.

Khasiat Zaitun Hydroxytyrosol terdapat dalam AMAZON PLUS

Kandungan Zaitun Hydroxytyrosol dalam AMAZON PLUS bukanlah sebuah kebetulan. Melihat khasiat dan manfaat zaitun hydroxytyrosol yang begitu berharga bagi kesehatan sudah sepantasnya menjadikan zaitun bagian dari yang kita konsumsi. Dengan memiliki tingkat kesehatan yang baik serta berumur panjang seperti masyarakat Mediterania karena mengonsumsi Zaitun, kini giliran kita untuk menemukan rahasia terdalam dari Zaitun Hydroxytyrosol dalam Amazon Plus.

Terbukti Amazon Plus dengan kandungan zaitun hydroxytyrosol telah banyak membantu mencegah dan mengobati berbagai penyakit degeneratif seperti penyakit jantung, kanker, stroke, kolesterol, Alzheimer dan saraf otak serta memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit serta awet muda.

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Artikel Yang Lain 

See all posts