,

Ketahui Cara Mengatasi Penyakit Herpes

Mengetahui Cara Mengatasi Penyakit Herpes, Seperti yang umum kita ketahui, herpes adalah semacam penyakit kulit yang penyebabnya adalah virus. Ada yang menyangkanya penyakit ini diawali dengan hubungan seksual sembarangan. Yang benar penyakit ini adalah karena virus.

Mengetahui Apa itu Penyakit Herpes

Gejala awal dari herpes adalah rasa yang tidak nyaman di badan, disertai dengan nyeri, demam, pegal-pegal, dan kadang sesak nafas. Pada penyakit herpes ini, dibagi ke dalam dua macam. Yakni herpes zoster dan juga herpes simpleks.

1. Herpes zoster

Pada herpes jenis ini, disebabkan adanya serangan dari virus Varicella Zoster. Pada kulit akan mirip dengan cacar air, berupa gelembung-gelembung di area kulit dengan warna merah kecoklatan. Pada gelembung-gelembung ini nantinya yang akan melahirkan infeksi di kulit jika digaruk lalu pecah. Pada herpes zoster ini, bisa menginfeksi seluruh bagian pada area kulit tubuh.

2. Herpes genitalis

Beda dengan jenis herpes genitalis yang penyebabnya adalah virus dari hubungan seksual tak sehat. Maka jenis herpes ini terdapat banyak di wilayah Amerika. Utamanya adalah Amerika Serikat. Buktinya adalah penyakit ini ‘sukses’ menginfeksi sebanyak 20% dari total orang dewasa yang berada di sana.
Virus ini agak sulit dimatikan. Maka, biasanya apabila penderitanya sudah sembuh, sewaktu-waktu bisa kembali kambuh. Ini terjadi pada penderita herpes genital atau simpleks, yang menyerang organ seksual dan pada sekitarnya.

Cara penularan Herpes

Media penularan herpes ini, selain karena murni infeksi virus, beberapa faktor juga efektif sebagai media penularannya. Misalnya saja kontak mata yang intens dengan penderita, lalu bersentuhan dengan area tubuh yang terinfeksi, dan juga berhubungan badan/ seksual dengan si penderita.

Cara Mengatasi Penyakit Herpes

Penyakit herpes simpleks masih bisa disembuhkan, asal tekun dalam masa mengobatinya. Karena, akan menjadi percuma jika saja upaya penyembuhan hanya bersifat tambal sulam, alias tidak terus menerus.

Penyebab herpes simpleks adalah virus Herves Simpleks Virus (HSV). Virus ini berkaitan dengan jenis virus yang dapat menular ke manusia. Maka, disarankan untuk lebih hati-hati.

Gejala awal dari herpes adalah adanya gelembung-gelembung kecil pada area genitalis. Rasanya adalah nyeri jika saja gelembung itu tersentuh. Selain itu, pada gelembung tersebut bisa pecah mengakibatkan infeksi.

Baca juga :  Kenali Gejala Umum Penyakit Kulit Herpes

Pada penyakit herpes genitalis ini, sulit untuk disembuhkan jika sudah divonis positif mengidapnya. Untuk mencegahnya sebenarnya mudah, yakni tidak berganti-ganti pasangan dalam melakukan hubungan seksual. Selain itu, perlu terus menjaga kondisi tubuh supaya stamina dan imunitas tak menurun. Bisa dengan cara banyak mengonsumsi buah dan juga sayur dengan jumlah yang cukup, berolahraga rutin dan mengkonsumsi multivitamin apabila diperlukan.

Dalam rangka mempercepat penyembuhan, perhatikan hal berikut ini :

1. Hindari menggaruk

Adanya tonjolan akan terasa gatal. Nah, rasa gatal inilah yang biasanya menggoda jari-jari untuk menggaruk. Namun, jangan lakukan itu. Karena itu akan menjadikannya pecah, dan cairan di dalamnya menyebar, serta menular ke area lain di tubuh anda.

2. Jangan pernah menggosoknya dengan handuk

Masih saja gatal ya? Menggosok pakai handuk sehalus apapun, tetap tidak boleh. Karena resiko pecah pada bintil tersebut tetaplah besar.

3. Mengontrol pola makan

Anda yang tidak mengidap alergi, konsumsilah menu makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna, demi menjaga keseimbangan gizi pada asupan anda.

4. Intensitas istirahat yang cukup

Faktor ini adalah yang lumayan efektif. Karena, dengan beristirahat secara cukup dapat memulihkan tenaga yang telah hilang dan juga dapat menguatkan kembali sistem imunitas tubuh.

Baca juga :  Penyebab dan Gejala Penyakit Raja Singa

Semoga informasi mengenai Cara Mengatasi Penyakit Herpes ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kita semua.

Written by Obat Herbal

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kenali Gejala Umum Penyakit Kulit Herpes

Kenali Gejala Umum Penyakit Kulit Herpes

Cara Mengobati Batu Empedu Secara Alami

Cara Mengobati Batu Empedu Secara Alami