in ,

Ketahui 4 Jenis Penyakit Jantung Bawaan

Ketahui 4 Jenis Penyakit Jantung Bawaan. Penyakit jantung bawaan merupakan salah satu penyakit yang berkembang dalam tubuh penderita sebelum dia dilahirkan. Penyakit ini dapat terjadi di katup jantung, pembuluh darah, atau ruang jantung. Parahnya, seorang bayi yang lahir ke dunia bisa membawa penyakit ini pada beberapa daerah di jantung, tak hanya satu saja. dan tingkat keparahan penyakit juga berbeda pada masing-masing bayi. Dalam beberapa kasus, masalah kesehatan jantung ini tidak berkembang pada saat bayi masih dalam kandungan, Akan tetapi setelah lahir dan semakin parah dari waktu ke waktu.

Baca : Penyebab dan Gejala penyakit jantung

4 Jenis Penyakit Jantung Bawaan

Berikut 5 jenis penyakit jantung bawaan yang harus diwaspadai

1. Lubang di jantung

Ini merupakan sakit jantung bawaan yang paling sering terjadi. Ukuran lubangnya bisa besar atau kecil. Untuk lubang besar, tindakan pembedahan biasanya menjadi solusi, sementara lubang kecil dapat menutup dengan sendirinya tanpa menimbulkan gejala yang berarti. Penyakit ini terjadi akibat otot dinding atau septum yang memisahkan ruang ventrikel kanan dan kiri (bagian bawah jantung) tidak sepenuhnya terbentuk. Karena hal ini terjadi, maka sangat mungkin terjadi kebocoran darah yang kaya oksigen dari ventrikel kiri ke ventrikel kanan, yang seharusnya ke aorta dan tubuh. Parahnya, darah yang kaya oksigen tersebut akan bercampur dengan darah yang kurang oksigen dalam ventrikel kanan. Jika hal ini dibiarkan, maka masalah kesehatan seperti gagal jantung, tekanan darah tinggi di paru-paru, hingga infeksi jantung mungkin sekali untuk terjadi.

Baca : Obat Herbal Penyakit Jantung Bocor Paling Ampuh

2. Masalah pada ductus arteriosus

Ductus arteriosus merupakan pembuluh darah yang menghubungkan arteri pulmonalis dengan aorta, arteri besar yang membawa darah ke jantung. Sebelum lahir, ductus arteriosus membawa darah melewati paru-paru karena bayi mendapatkan makanan dari plasenta dan tali pusat. Ductus arteriosus biasanya menutup sesaat setelah lahir. Yang menjadi masalah adalah ketika ductus arteriosus tetap terbuka. Karena jika ini terjadi, darah yang seharusnya masuk ke tubuh, ada yang bocor ke paru-paru. Selain gagal jantung, infeksi jantung juga bisa disebabkan oleh penyakit jantung bawaan satu ini.

Baca : Obat penyakit jantung koroner paling ampuh

3. Terjadinya stenosis

Stenosis yang umum terjadi adalah stenosis plumonal. Artinya penyempitan terjadi pada arteri plumonalis (yang ada di paru) dengan adanya penyempitan ini, ventrikel kanan harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke arteri dan membawanya ke paru-paru. Bersama stenosis, masalah lain yang mungkin timbul adalah penebalan otot ventrikel di bagian kanan bawah katup. Dalam kasus stenosis yang parah, kemungkinan untuk timbul gagal jantung, aritmia, hingga pembengkakan bilik jantung bisa terjadi.

Baca : Obat Jantung Bengkak Paling Ampuh Tanpa Operasi

4. Terjadinya koarktasio

Penyempitan lain yang mungkin terjadi adalah koarktasio, yakni penyempitan pada aorta. Hal ini membuat jantung harus bekerja keras untuk mengalirkan darah dari aorta ke seluruh tubuh. Jika dibiarkan, koarktasio dapat menyebabkan masalah seperti tekanan darah tinggi, tonjolan aorta yang dapat meledak, pendarahan otak, hingga stroke. Perbaikan masalah ini seharusnya dilakukan sebelum penderita berusia 10 tahun.

Baca :: Obat Herbal Gangguan Jantung Paling Ampuh

Selain 4 penyakit jantung bawaan di atas, ada beberapa penyakit lainnya yang harus diwaspadai, misalnya dextrocardia, hipoplasia, dan lain-lain.

Written by Obat Herbal

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Penyebab Penyakit Demam Berdarah dan Pencegahannya

Penyebab Penyakit Demam Berdarah dan Pencegahannya

Cara Alami Mengatasi Hidung Tersumbat

Cara Alami Mengatasi Hidung Tersumbat