Kenali Penyebab dan Gejala Gagal Ginjal

No Comments
Kenali Penyebab dan Gejala Gagal Ginjal

Mengenali Penyebab dan Gejala Gagal Ginjal. Penyakit gagal ginjal bisa menyerang siapa saja, baik lelaki maupun perempuan. Seperti diketahui, ginjal merupakan organ tubuh yang berfungsi untuk membantu menyaring limbah-limbah dari darah. Ginjal juga berperan dalam pengaturan tekanan darah, produksi sel darah merah dalam tubuh, dan keseimbangan elektrolit tubuh. Tentu saja, jika organ ini mengalami gagal ginjal, fungsi-fungsi yang sedianya bisa dilakukan secara normal tidak bisa lagi dilakukan sehingga dapat mendatangkan masalah kesehatan lainnya, seperti tekanan darah tinggi, serangan jantung, dan penyakit lainnya. Untuk itulah, pengetahuan tentang penyebab dan gejala gagal ginjal diperlukan agar dapat mengenali penyakit ini sejak awal. Sebab jika gagal ginjal dibiarkan dan masuk dalam tahap parah, pengobatan satu-satunya yang bisa dilakukan adalah melakukan transplantasi ginjal.

Penyebab gagal ginjal

Banyak sekali yang menjadi penyebab gagal ginjal. Salah satunya adalah kelainan ginjal awal yang tidak tertangani dengan baik. Kelainan ginjal atau penyakit pada ginjal yang sudah parah inilah yang kemudian menyebabkan kebocoran atau kegagalan pada ginjal. Oleh karena itu, penanganan sejak awal merupakan usaha yang paling dibutuhkan agar seorang pasien penderita gagal ginjal dapat terhindar dari penyakit ini. Untuk menangani penyakit ini sejak awal, perlunya mengetahui sumber penyebab penyakit gagal ginjal tersebut. Berikut ini beberapa hal yang disinyalir dapat menyebabkan gagal ginjal.

  1. Gagal ginjal karena penumpukan limbah dalam tubuh
  2. Gagal ginjal karena penumpukan cairan dalam tubuh
  3. Gagal ginjal karena kerusakan ginjal
  4. Gagal ginjal anemia
  5. Gejala gagal ginjal

Gejala penyakit gagal ginjal sangat khas, sesuai dengan penyebabnya. Hal ini karena gagal ginjal yang diderita oleh setiap pasien berbeda-beda. Berikut gejala khas dari gagal ginjal yang harus Anda ketahui;

1. Gejala gagal ginjal karena penumpukan limbah dalam tubuh

Gejala yang dimunculkan dari gagal ginjal satu ini adalah bau nafas yang tidak enak, tidak ingin makan daging, merasa mual dan muntah, kehilangan nafsu makan, sulit berkonsentrasi, pusing, dan terasa gatal hingga terbentuk ruam pada kulit.

2. Gejala gagal ginjal karena penumpukan cairan dalam tubuh

Gagal ginjal yang satu ini ditandai dengan pembengkakan di wajah, tangan, dan kaki pasien. Di samping itu, pasien juga menderita sesak nafas atau susah bernafas.

3. Gejala gagal ginjal karena kerusakan ginjal

Jika gagal ginjal disebabkan oleh kerusakan pada ginjal, pasien akan mengalami ciri seperti adanya darah dalam urin, urin berbusa atau bergelembung, dan volume urin yang berubah, bisa lebih banyak atau lebih sedikit.

4. Gejala gagal ginjal karena anemia

Ciri gagal ginjal yang satu ini gampang-gampang susah untuk dikenali. Pasalnya, gejalanya mirip sekali dengan penyakit pada umumnya. Gejalanya adalah kelelahan, sesak nafas, merasa mudah capek, lemah dan lesu, bingung (gangguan memori), menggigil sepanjang waktu, terasa ingin mengunyah es batu atau tanah liat.

Baca juga : Gejala dan penyebab penyakit Anemia

Dengan gejala khas penyakit gagal ginjal di atas, pasien yang menderita gagal ginjal akan lebih mudah dikenali sejak awal sehingga penanganannya juga bisa lebih baik. Karena dengan mengetahuinya sejak awal, pasien akan bisa memperlambat stadium gagal ginjal.

Baca: Obat herbal gagal ginjal kronis

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Untuk informasi produk
silakan hubungi kami
sms / whatsapp :

081586839029

Info Kesehatan Lainnya

See all posts