, ,

Kenali Jenis Anemia dan Penyebabnya

Kenali Jenis Anemia dan Penyebabnya, Penyakit animea atau disebut juga penyakit kurang darah memang lebih banyak menyerang wanita. Saat ini, di seluruh dunia, diperkirakan 400 juta wanita mengidap anemia. Haid bulanan, kehamilan, proses melahirkan, dan diet yang berlebihan, dianggap sebagai penyebab utama timbulnya anemia pada wanita. Sayangnya, banyak wanita cenderung menganggap enteng. Apalagi, anemia tahap ringan sering tak menimbulkan gangguan berarti. Padahal, kalau dibiarkan berlarut-larut, bukan saja menurunkan kualitas hidup, tapi juga bisa membawa kematian.

Baca juga: Gejala dan penyebab penyakit Anemia

Jenis-Jenis Anemia dan Penyebabnya

Penyakit anemia dapat dipicu oleh beberapa faktor seperti seseorang yang mengalami kekurangan zat gizi, adanya gangguan terhadap sumsum tulang, dinding sel darah merah yang mengalami pecah, akibat faktor genetik, serta akibat dari pendarahan yang hebat. Penyebab-penyebab tersebut mungkin dapat anda minimalisir dengan melakukan pola hidup sehat serta cukup asupan gizi.

Hingga kini, ada 5 jenis anemia yang dikenal oleh ilmu kedokteran.

  1. Anemia akibat kekurangan zat besi (iron-deficiency anemia). Anemia jenis ini paling banyak terjadi, khususnya pada wanita. Disebabkan oleh hilangnya sejumlah darah secara rutin selama masa menstruasi, atau bila anda teralu sering melahirkan dalam jarak waktu yang berdekatan.
  2. Anemia akibat kekurangan vitamin (mengaloblastic anemia). Khususnya, kekurangan vitamin B12 dan asam folat, yang membuat sel-sel darah merah tidak mampu mengirim oksigen ke seluruh tubuh.
  3. Anemia Aplastik. Dimana penyakit ini merupakan penyakit anemia yang ditandai dengan adanya defisit sel darah merah pada jaringan tubuh. Biasanya penderitanya sering ditandai dengan adanya pendarahan kulit atau mukosa serta tanda-tanda infeksi lainnya.
  4. Anemia Hemolitik. Penyakit anemia jenis ini terjadi akibat dari penghancuran eritrosit yang berlebihan. Penderitanya juga sering ditandai dengan terjadinya ikterus dan hepatosplenomegali.
  5. Anemia yang timbul akibat adanya penyakit lain yang ada dalam tubuh. Terutama penyakit ginjal. Gagal ginjal tidak menghasilkan cukup hormon yang memicu tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Tanpa cukup sel darah merah, anda bisa menjadi anemia yang menyebabkan kelelahan ekstrem.

Demikianlah informasi mengenai Kenali Jenis Anemia dan Penyebabnya, semoga informasi berguna dan bermanfaat.

Written by Obat Herbal

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Penyebab Insomnia dan pengobatannya

Penyebab Insomnia dan pengobatannya

Tips dan cara mengatasi insomnia

Tips dan cara mengatasi insomnia atau susah tidur