, ,

Kanker kulit bukan hanya karena matahari

Kanker kulit bukan hanya karena matahari. Seperti yang kita ketahui, bahwa kanker kulit memiliki tiga jenis. Dan salah satu jenis dari penyakit kulit itu adalah melanoma yaitu jenis kanker kulit yang sering diketemukan.

Hampir semua jenis kanker kulit disebabkan karena paparan sinar ultraviolet pada matahari, namun ternyata berjemur dalam ruangan atau tanning inddor juga sering disebut-sebut sebagai faktor penyebab terjadinya kanker kulit pada remaja khususnya remaja putri.

Baca juga : Gejala Kanker Kulit Penyebab dan Pencegahan

Kanker kulit adalah penyakit yang berbahaya karena bisa menyerang siapa saja. Padahal sebenarnya kanker kulit dapat dicegah serta ditangani dengan cepat bila kita mau melakukan deteksi penyakit ini lebih awal.

Ada cara pendeteksian penyakit kanker kulit yang sederhana yang dapat anda lakukan dirumah. Dan Anda cukup menggunakan cermin serta mata anda untuk memeriksa kulit tubuh anda.

Kami akan berikan cara mendeteksi kanker kulit jenis melanoma. Cara mendeteksi adanya melanoma pada kulit anda adalah sebagai berikut:

1. Asimetris

Anda perlu mewaspadai jika muncul bercak atau tahi lalat yang tidak simetris pada kulit anda. Karena bisa jadi itu adalah gejala adanya melanoma.

2. Batasan

Anda juga perlu mewaspadai jika bercak atau tahi lalat yang tidak wajar pada tubuh anda bila memiliki batas yang tidak atau kurang jelas atau seolah bergerigi saat disentuh.

Baca juga :  Penuaan dan kanker kulit akibat Sinar Matahari

3. Warna.

Bila pada bagian kulit tertentu di tubuh anda yang memiliki warna yang berbeda serta terlalu mencolok sehingga terlihat sangat berbeda dengan warna kulit asli anda.

4. Ukuran

Jika bercak atau tahi lalat pada kulit anda memiliki ukuran melebihi dari 6 mm biasanya itu adalah gejala dari kanker kulit jenis melanoma

5. Evolusi

Jika bentuk, ukuran maupun warna bercak atau tahi lalat pada kulit anda mengalami perubahan dari waktu ke waktu.

Setelah mengetahui cara pendeteksian seperti diatas, anda bisa memeriksa kulit pada bagian tubuh anda sendiri. Anda bisa menggunakan cermin atau meminta tolong pada seseorang untuk melakukan pemeriksaan secara menyeluruh pada kulit anda.

Langkah-langkah yang anda perlukan untuk memeriksanya adalah:

  • Mengangkat lengan anda serta memeriksa kulit pada bagian sisi kanan dan kiri pada tubuh anda.
  • Tekuk lengan anda serta memeriksa bagian bawah lengan, ketiak, hingga ke telapak tangan.
  • Memeriksa kulit bagian belakang kaki, ruas-ruas jari serta telapak tangan.
  • Terakhir jangan lupa untuk memeriksa bagian yang sulit untuk dilihat seperti daerah punggung, pantat serta kulit kepala.

Deteksi kanker kulit secara dini adalah kunci yang utama untuk keberhasilan pengobatan. Jika anda masih merasa belum merasa yakin tentang adanya gejala kanker kulit melanoma, anda bisa menemui dan berkonsultasi ke dokter ahli kulit.

Jangan merasa takut bila anda diharuskan untuk menjalani proses pemeriksaan yang membuat anda tidak nyaman seperti mammogram dalam mendeteksi kanker payudara. Sebab, biasanya dokter hanya akan memeriksa kulit anda dengan bantuan kaca pembesar saja.

Written by Obat Herbal

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Penuaan dan kanker kulit akibat Sinar Matahari

Jika Suhu Tubuh Turun Naik