Jenis-jenis Penyakit Jantung Umum Diderita

No Comments
Jenis-jenis Penyakit Jantung Umum Diderita

Jenis-jenis Penyakit Jantung Umum Diderita. Pengertian penyakit jantung adalah dimana suatu kondisi jantung bekerja tidak semestinya atau tidak normal alias tidak sehat.

Beberapa kondisi yang menyebabkan jantung tidak dapat bekerja secara normal atau penyakit jantung :

Otot jantung yang lemah bawaan sejak lahir

Dimana keadaan si penderita tidak dapat melakukan aktifitas yang lebih (normal ke atas ) dengan keadaan seperti ini maka jantung bekerja lebih berat sehingga timbul rasa sakit pada bagian dada dan tubuh nampak kebiru-biruan. Para penderita jantung lemah akan lebih sering pingsan apabila terjadi aktifitas di atas.

Baca :Ciri-ciri dan gejala lemah jantung

Jantung bocor

Terdapat celah antara serambi kiri dan serambi kanan karena tidak sempurnanya lapisan yang memisahkan kedua serambi tersebut saat masih dalam kandungan. Kondisi seperti ini menyebabkan darah bersih dan darah kotor menjadi tercampur. Penyakit jantung bocor ini dapat mengakibatkan penderita tidak dapat melakukan aktifitas yang berlebih karena penderita akan merasakan sesak nafas dan tubuh menjadi kebiru-biruan namun tidak terdapat rasa sakit pada dada sebelah kiri.

Baca : Obat Herbal penyakit Jantung bocor

Jenis-jenis Penyakit Jantung Umum Diderita

Macam-macam atau Jenis-jenis penyakit jantung yang umum diderita orang selama ini adalah

Aterosklerosis

Penyakit Aterosklerosis di akibatkan dinding arteri mengalami penebalan karena lemak, kolesterol dan hasil buang lain yang dapat mengendap sehingga penyebaran pasokan darah ke sel-sel otot mengalami hambatan. Keadaan seperti ini dapat terjadi pada seluruh bagian tubuh, apabila terjadi pada jantung maka disebut penyakit jantung koroner atau iskemik. Penyakit Aterosklerosis bisa berlangsung menahun sehingga timbul berbagai macam penyakit.

Baca : Penyakit jantung koroner bisa disembuhkan

Penyakit ini berawal dari adanya lesi dan retakan pada pembuluh darah akibat adanya tekanan yang kuat pada pembuluh jantung. Pada tahap selanjutnya tubuh akan memperbaiki retakan tersebut dengan menempatkan zat-zat lemak pada pembuluh darah. Namun apabila retakan tersebut terjadi secara berulang-ulang sehingga tubuh tidak sanggup lagi lambat-laun pembuluh jantung pun akan tertutup oleh zat-zat lemak tersebut. Awal mula gejala penyakit Aterosklerosis akibat dari angina pektoris yang menyebabkan rasa nyeri di daerah jantung dan dada karena jantung kekurangan pasokan darah.

Infark Miokard Akut

Penyakit Infark Miokard merupakan kematian pada otot jantung yang di akibatkan oleh proses penyumbatan pada arteri koroner. Maka otot-otot jantung pun tidak dapat tersuplai darah sehingga terjadi kerusakan bahkan dapat menyebabkan kematian.

Baca : 10 Cara Menghindari Risiko Serangan Jantung

Kelainan katup jantung

Katup jantung berfungsi untuk mengendalikan aliran darah di dalam jantung. apabila katup jantung memiliki kelainan maka aliran darah tersebut menjadi terganggu yakni pengecilan, kebocoran, atau tidak sempurna saat menutup. Penyakit kelainan katup jantung ini di akibatkan bawaan sejak lahir maupun efek samping penggunaan obat.

Gagal Jantung (Kongestif)

Penyakit Gagal jantung merupakan sebuah kinerja jantung yang tidak sempurna lagi dalam melakukan tugasnya yaitu memompa darah ke seluruh tubuh secara efektif. Kata Gagal jantung tidak berarti jantung berhenti bekerja, namun Jantung tersebut tidak dapat memompa kuat seperti saat normal, sehingga darah yang di pompa oleh jantung tidak maksimal dan dapat masuk paru-paru atau bagian organ tubuh lainnya.

Baca : Penyakit dan obat gagal jantung herbal

Kardiomiapati

Penyakit Kardiomiapati yakni adanya kerusakan atau gangguan pada otot jantung, sehingga dinding jantung tidak dapat bekerja secara sempurna pada saat memompa darah dan menyedot darah. Penderita penyakit kardiomiapati dapat memiliki risiko menderita penyakit aritmia dan gagal jantung.

Jantung Rematik

Penyakit jantung rematik merupakan penyakit jantung yang terjadi karena kerusakan katup jantung yang di akibatkan oleh demam rematik. Bakteri streptokokus adalah salah satu penyebab timbulnya penyakit ini.

Inflamasi Jantung

Penyakit ini terjadi pada dinding jantung, selaput yang melindungi jantung dan bagian dalamnya yang di akibatkan oleh infeksi virus dan racun.

Baca juga : Penyebab dan Gejala penyakit jantung

Itulah beberapa atau Jenis-jenis Penyakit Jantung yang umum diderita selam ini. semoga bermanfaat.

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Artikel Yang Lain 

See all posts