Gejala Penyakit Tipes yang Perlu Diwaspadai

No Comments
Gejala Penyakit Tipes yang Perlu Diwaspadai

Gejala penyakit tipes ini perlu diwaspadai oleh semua orang, sebab tipes dapat menyerang siapa saja baik anak-anak maupun dewasa. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri tipes, Salmonella typhi atau Salmonella paratyphi. Penyakit ini memang dengan mudah diketahui dari tes darah di laboratorium. Namun demikian, gejala klinis juga akan mendukung diagnosa yang ditegakkan sebelum melakukan tes darah. Lalu, gejala apa saja yang mungkin dialami oleh penderita tipes.

Baca : Cara mengatasi gejala penyakit tifus

Gejala penyakit tipes atau tifus

Inilah 8 Gejala Penyakit Tipes yang Perlu Anda waspadai

Pertama, demam

Penyakit ini ditandai dengan demam tinggi pada penderita, biasanya suhu tubuhnya akan mencapai 39 hingga 40 derajat celcius. Biasanya demam ini akan terjadi selama lebih dari 3 hari, bisa 5 hari atau 6 hari. Demam biasanya terlihat turun naik tetapi terus menerus. Berbeda dengan demam biasa yang akan turun dalam 3 hari. Penyakit lain yang ditandai dengan demam adalah penyakit demam berdarah.

Kedua, sakit perut

Rasa sakit pada perut pada bagian kiri. Bagian yang terkontaminasi oleh bakteri Salmonella Thypi atay Parathypi biasanya adalah usus 12 jari. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa bakteri ini berjalan di usus lain, misalnya thypoid pada usus besar.

Ketiga, mual dan muntah

Gejala penyakit tipes lainnya adalah penderita yang merasa mual dan mudah sekali memuntahkan makanan yang dikonsumsi. Mual dan muntah ini bisa terjadi bersama atau melalui beberapa tahapan. Ada penderita yang mengalami mual saja, ada yang memang muntah dan tidak bisa mendapatkan perawatan dari oral. Untuk dua tanda ini, keduanya akan sama-sama menyebabkan dehidrasi jika tidak segera ditangani.

Keempat, diare atau konstipasi

Selain itu, gejala lain yang dapat timbul adalah pola BAB yang abnormal. Penderita bisa mengalami diare terus menerus atau bahkan konstipasi dan susah buang air besar. Keduanya tergantung pada penderita penyakit tersebut.

Kelima, denyut nadi melambat

Dengan demam yang tinggi, biasanya denyut nadi akan melambat hingga 10 persen per 1 derajat celcius (kenaikannya). Demikian juga penderita tipes, semakin naik suhu tubuhnya, semakin lemah pula denyut nadi penderita.

Keenam, nafsu makan yang berkurang

Karena sering mual dan muntah, seorang penderita tipes bisa merasakan hilang nafsu makannya. Demam yang tinggi dan hilangnya nafsu makan ini akan membuat penderita merasakan lemas dan lelah.

Ketujuh, lidah yang berwarna putih

Biasanya penyakit tipes ini sangat mudah dikenali dengan penampakan warna lidah. Warna putih pada bagian tengah dengan warna merah yang berada di bagian pinggirnya bisa menjadi penanda penyakit tipes ini.

Kedelapan, sakit kepala

Demam yang tinggi, denyut nadi yang lemah, dan kurangnya nafsu makan akan menambah rasa sakit pada kepala.

Delapan gejala penyakit tipes di atas akan membantu Anda untuk mengenali penyakit ini lebih awal. Yang terpenting, jaga kebersihan makanan agar tidak tertular bakteri salmonella ini.

Baca: Obat penyakit tipes alami paling manjur

Demikian informasi mengenal beberap gejala penyakit tipes semoga bermanfaat.

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Artikel Yang Lain 

See all posts