,

Gejala Penyakit Lupus dan Penyebabnya

Gejala Penyakit Lupus dan Penyebabnya, Apa Penyakit Lupus Itu dan Apa pula penyebabnya? penyakit lupus merupakan salah satu bentuk dari penyakit autoimun. Dimana sistem kekebalan tubuh (imun) yang seharusnya melindungi sel-sel, jaringan dan organ tubuh sehat lainnya, justru malah berbalik menyerangnya dan terjadi secara berulang-ulang hingga menyebabkan terjadinya peradangan kronis.

Dengan kata lain, penyakit ini dapat pula diartikan sebagai bentuk dari penyakit peradangan kronis autoimun. Peradangan yang disebabkan oleh penyakit ini dapat mempengaruhi banyak sistem tubuh seperti sendi, kulit, ginjal, sel darah, otak, jantung, juga paru-paru hingga dapat menyebabkan timbulnya bermacam-macam gejala atau manifestasi klinis yang beragam.

Itulah sebabnya penyakit ini sangat sulit dideteksi karena tanda-tanda atau gejalanya seringkali mirip dengan penyakit lainnya. Namun yang cukup khas dari penyakit ini yaitu timbulnya ruam diwajah yang menyerupai sayap kupu-kupu (ruam dikedua pipi) yang disebut juga dengan malar rash.

Gejala Penyakit Lupus dan Penyebabnya

Penyebab Penyakit Lupus

Penyakit lupus dapat dipicu oleh beberapa faktor pemicu yang cukup potensial diantanya seperti Paparan Sinar Matahari, hal ini karena pada orang-orang yang rentan terkena paparan sinar matahari dapat memicu terjadinya lesi kulit yang merupakan gejala dari penyakit lupus/memicu respons internal. Fakto lainnya yang menjadi penyebab lupus yaitu akibat konsumsi obat-obatan tertentu, dimana lupus dapat dipicu oleh beberapa jenis obat anti kejang, obat tekanan darah dan antibiotik. Namun pada penderita lupus yang dipicu oleh obat, biasanya lupus tersebut akan hilang seiring dengan dihentikannya mengkonsumsi obat-obatan pemicu lupus tersebut.

Gejala Penyakit Lupus

Penderita penyakit lupus yang satu dengan yang lainnya dapat merasakan gejala yang tidak sama. Gejala penyakit lupus yang terjadi dapat datang secara tiba-tiba atau berkembang secara perlahan, baik ringan ataupun sementara juga dapat bersifat sementara maupun permanen. Umumnya tanda atau gejala lupus yang terjadi dapat didasarkan oleh sistem tubuh bagian mana yang terkena efek penyakit ini. Namun secara umum, tanda dan gejala penyakit lupus tersebut diantaranya :

  1. Berat badan yang mengalami penurunan secara drastis.
  2. Timbulnya gangguan pencernaan.
  3. Rambut akan sering mengalami kerontokan.
  4. Mudah merasa lemah, kelelahan, demam dan pegal-pegal. Namun gejala ini akan hilang dengan sendirinya pada masa nonaktif atau remisi.
  5. Anemia, yang disebabkan akibat sel darah merah mengalami pemecahan/hancur oleh penyakit ini.
  6. Munculnya ruam dikulit wajah menyerupai kupu-kupu yang membentang.

Baca juga : Jenis Penyakit Kulit yang Sangat Mengganggu

Apabila Anda mengalami beberapa gejala tersebut, ada baiknya jangan langsung memvonis Anda menderita lupus. Namun terlebih dahulu anda memeriksakan diri kedokter untuk diperiksa dengan baik apa yang Anda alami. Dan apabila positif mengalami penyakit lupus segera lakukan pengobatan.

Cara Mengobati Lupus

Penyakit lupus tidak dapat disembuhkan. Oleh karena itu tujuan pengobatan lupus secara medis adalah hanya untuk mengurangi tingkat gejala serta menghambat terjadinya kerusakan organ pada penderita lupus.

Penyakit lupus sering dipandang sebagai penyakit yang berujung pada kematian. Hal ini disebabkan banyaknya penderita yang meninggal akibat komplikasi yang ditimbulkan dalam kurun waktu 10 tahun setelah didiagnosis menderita penyakit lupus.

Pengobatan lupus secara khusus mungkin tidak diperlukan bagi penderita dengan gejala ringan. tetapi umumnya penderita tetap membutuhkan obat-obatan untuk mengatasi gejalanya. Beberapa obat dari dokter yang biasanya diderikan Obat anti inflamasi.

Nyeri otot atau nyeri sendi adalah salah satu gejala dari penyakit lupus. Dokter mungkin akan memberi obat seperti ibuprofen, naproxen, diclofenac, dan piroxicam. untuk mengurangi gejala ini. Pemberian obat anti inflamasi nonsteroid ini tujuannya adalah untuk meredakan sakit dan mengurangi inflamasi yang terjadi pada tubuh.
Perlu diketahui oleh penderita lupus, penggunaan obat ini tidak cocok jika pasien mempunyai gangguan lambung, ginjal, hati, juga bagi penderita asma. Oleh karena itu perlu kehati-hatian agar tidak terjadi efek samping yang membahayakan.

Baca juga : Kenali Gejala Umum Penyakit Kulit Herpes

Dan kami menyarankan untuk melakukan pengobatan dengan Obat Penyakit Lupus Alami untuk menghindari timbulnya efek samping dari obat-obatan kimia.

Written by Obat Herbal

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Manfaat dan khasiat teh hijau bagi kesehatan

Manfaat dan khasiat teh hijau bagi kesehatan

Perbedaan Penyakit asam urat dan rematik

Perbedaan Penyakit asam urat dan rematik