, ,

Gejala Penyakit Demam Berdarah dan Penyembuhan

Gejala Penyakit Demam Berdarah dan Penyembuhan. Saat musim hujan adalah saat yang paling tepat untuk sejumlah penyakit menyerang manusia, dimulai yang paling ringan hingga yang paling berat, seperti flu, alergi, batuk dan yang paling berbahaya adalah demam berdarah. penyakit Demam berdarah yang paling menakutkan diantara penyakit lain saat musim hujan. Ini karena disebabkan oleh nyamuk dengan suntikan virus dengue ke dalam tubuh dan jenis nyamuk yang menjadi biang keladi-nya adalah Aides aegypti dan Aides Albopictus.

Bagi kita yang tinggal di Indonesia tidaklah asing mendengar penyakit demam berdarah, penyakit yang cukup banyak menyerang masyarakat dan hampir memiliki gejala yang sama dengan dengan gejala demam pada umumnya. Namun ada sedikit perbedaan yaitu biasanya para penderita demam berdarah akan mengalami demam mendadak dan tinggi selama 2 hingga 7 hari. Dan pada bagian kelopak mata akan mengalami pendarahan, tekanan darah akan menjadi rendah dengan penurunan trombosit, mual, muntah, pusing, dan menggigil.

Baca juga : Gejala Penyakit Tipes yang Perlu Diwaspadai

Gejala Penyakit Demam Berdarah

Wilayah tropis dengan curah hujan yang tinggi adalah lahan paling disukai nyamuk demam berdarah untuk terus berkembang biak. Karena akan ada banyak genangan air untuk nyamuk berbahaya ini hidup dan terus berkembang. Dan wilayah Asia Tenggara yang menjadi sasaran adalah Indonesia.

Secara klinis gejala penyakit demam berdarah biasa di tandai dengan demam yang tinggi dan datang mendadak selama 2 hingga 7 hari serta di tandai dengan bintik – bintik pada pergelangan tangan yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah.

Selain gejala tersebut, biasanya penderita DB juga akan mengalami pusing, muntah, menggigil, dan disertai dengan sakit kepala. Bahkan nafsu makan bagi penderita demam Berdarah akan turun drastis dan hilang.

Bagian persendian badan akan terasa sangat sakit dan pegal. Jika ada keluarga anda yang mengalami hal tersebut makan harus segera dibawa ke dokter untuk memberikan pertolongan pertama dan tindakan lebih lanjut. Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan seperti penurunan trombosit terus menerus maka perawatan harus dilakukan dirumah sakit.

Penyebab Penyakit Demam Berdarah

Penyakit demam berdarah biasanya terjadi ketika musim hujan datang, ini karena pada musim ini nyamuk akan sangat mudah berkembang biak terutama saat banyak kubangan air baik itu di halaman, jalan, got, maupun pot bunga.

Jika dibiarkan maka jumlah nyamuk ini akan semakin banyak dan akan menyebabkan penyakit demam berdarah melalui gigitan seekor nyamuk. Dan jenis nyamuk yang menularkan virus ini adalah nyamuk Aides Agepty dan Aides Albopictus dengan memasukan virus Dengue.

Setelah terkena gigitan nyamuk ini, maka orang tersebut akan menderita demam berdarah dan akan mengalami gejala yang tadi disebutkan. Gejala akan mulai Nampak setelah dua hari nyamuk menggigit  dan menghisap darah pada bagian kulit luar tubuh.

Hal pertama yang harus anda lakukan ketika mengalami gejala demam berdarah adalah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Yang pada umumnya di ambil darah sebagai sample agar dapat memberikan tindakan lebih lanjut.

Pencegahan Penyakit Demam Berdarah

Dari berbagai pengalaman, cara pencegahan demam berdarah yang cukup efektif adalah dengan mengkonsumsi cairan lebih banyak, terutama minuman elektrolit yang akan mengganti cairan tubuh yang hilang.

Pengobatan bisa dimulai dari kita sendiri dan dari dokter, karena obat dari dokter akan mampu menghilangkan nyeri dan menurunkan demam, sehingga penderita akan lebih banyak waktu untuk beristirahat.

Dan yang paling penting untuk meminimalisir penyakit demam berdarah tersebut adalah dengan melakukan pencegahan, mulai dari gaya hidup yang sehat, lingkungan rumah yang bersih, rajin menguras bak mandi, mengubur barang yang tidak dipakai dan menutup tempat penampungan air.

Masa Penyembuhan Penyakit Demam Berdarah

Untuk mengobati penyakit demam berdarah sebenarnya hanya membutuhkan cairan elektrolit tubuh yang digunakan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Dan hal itu hanya dapat dilakukan dirumah sakit dengan pemberian infus, Obat Aspirin, serta obat anti Peradangan.

Sedangkan untuk masa penyembuhannya, melewati beberapa fase yang berbeda dengan penyakit lain. Fase pertama, penderita akan mengalami beberapa gejala yang telah dijelaskan diatas, seperti rasa sakit, demam tinggi, sendi sakit, muntah, dan sebagainya.

Fase kedua, fase kedua biasanya terjadi pada hari kelima, dimana panas akibat demam mulai turun yang disertai dengan menurunnya trombosit. Dan kebanyakkan orang mengira ini adalah hilangnya penyakit, padahal ini adalah fase paling kritis penyakit Demam Berdarah. Dan fase yang terakhir, keadaan penderita akan mulai membaik, nafsu makan mulai pulih, peredaran darah kembali normal dan frequensi buar air kecil mulai stabil.

Baca juga : Mengenal Penyebab Jenis Penyakit Malaria
Demikian artikel mengenai penyebab, gejala penyakit demam berdarah dan fase penyembuhannya, semoga bermanfaat bagi anda.

Written by Obat Herbal

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gejala Kanker Kulit Penyebab dan Pencegahan

Gejala Kanker Kulit Penyebab dan Pencegahan

Penyebab, Pencegahan dan Pengobatan Alergi Gatal

Penyebab, Pencegahan dan Pengobatan Alergi Gatal