in ,

Tanda dan Gejala Penyakit Bronkitis

Tanda dan Gejala Penyakit Bronkitis, Pengertian penyakit bronchitis atau bronkitis adalah suatu peradangan yang terjadi pada pipa bronchial. Adapun pipa bronchial ini berfungsi untuk menyalurkan udara dari dan menuju jantung. Bronkitis juga dibedakan menjadi dua tipe yaitu bronkitis akut dan bronkitis kronis.

Pada bronkitis akut, biasanya kondisinya akan membaik dalam beberapa hari meskipun Anda masih dapat merasakan batuk dalam beberapa minggu.Bronkitis jenis ini lebih sering disebabkan akibat debu, asap rokok / polusi.

Sedangkan pada bronkitis kronis kondisinya lebih serius dari yang akut, dimana bronkitis tipe ini disebabkan akibat iritasi atau peradangan secara konstan pada pipa bronchial. Dimana penyebab paling besar dari penyakit ini yaitu akibat kebiasaan buruk merokok. Selain itu paparan terhadap polusi, debu, dan gas beracun juga menjadi faktor pemicu penyakit ini.

Tanda dan Gejala Penyakit Bronkitis

Berikut beberapa yang menjadi tanda dan gejala penyakit bronkitis yang biasa dialami oleh penderita penyakit bronkitis, yang diantaranya seperti :

  • Timbulnya lendir, baik yang tidak berwarna maupun yang berwarna putih atau berwarna kuning kehijauan.
  • Nafas pendek yang dapat memperburuk bahkan saat mengerahkan sedikit tenaga.
  • Nafas terasa sesak dan mudah lelah.
  • Demam ringan dan menggigil.
  • Rasa tidak nyaman didada.
  • Batuk yang memburuk dipagi hari dan cuaca lembab.
  • Rentan mengalami infeksi pernafasan (seperti pilek dan flu) hingga batuk berdahak yang memburuk.

Pencegahan Bronkitis

Setelah kita mengetahui beberapa ciri yang menjadi gejala penyakit bronkitis, tentunya kita mencari solusi agar terhindar dar penyakt tersebut. Beberapa tindakan yang dapat membantu mencegah seseorang terkena bronchitis serta melindungi paru-paru secara umum adalah:

  • Menghindari rokok atau terkena asap rokok
  • Menghindari seseorang yang sedang menderita sakit pilek atau flu
  • Cuci tangan, secara teratur
  • menggunakan masker untuk mengurangi risiko infeksi

Pengobatan penyakit bronkitis

Untuk mengobati penyakit bronkitis secara tradisional, sebenarnya banyak bahan tanaman obat alami yang dapat di manfaatkan sebagai obat dalam pengobatan penyakit bronkitis. Untuk lebih lengkapnya bisa baca pada Cara Mengatasi Batuk Bronkitis Secara Alami

Demikian informasi gejala penyakit bronkitis yang bisa saya sampaikan terkait dengan penyakit Bronchitis. Semoga bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan informasi ini.

Written by Obat Herbal

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cara Alami Mengatasi Hidung Tersumbat

Cara Alami Mengatasi Hidung Tersumbat

Cara Menurunkan Kadar Gula Darah Secara Alami

Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah