, ,

Gejala Kanker Kulit Penyebab dan Pencegahan

Gejala Kanker Kulit Penyebab dan Pencegahan. Tahukah anda apa itu kanker kulit? kanker kulit adalah tumor ganas yang menyerang bagian epidermis kulit pada bagian kulit yang langsung terkena sinar matahari, seperti kepala, leher, muka, tangan dan bagian lainnya.

Dan kebanyakkan penderitanya adalah orang tua dengan usia 51 hingga 60 tahun,  itulah puncak – puncak tertinggi seorang beresiko terkena kanker kulit. berbeda dengan kanker lainnya, kanker kulit kebanyakkan menyerang pria dibandingkan wanita dan orang eropa adalah penderita paling tinggi.

Gejala Kanker kulit

Penyakit tumor ini tidak langsung menyerang begitu saja, namun melalui gejala yang dapat kita lihat seperti adanya tompel atau tumor yang dapat dilihat dari luar kulit. dengan alasan inilah kanker ini paling sedikit membunuh penderitanya jika dibanding penyakit kanker lainnya, dengan ciri – ciri yang sangat mudah dikenali maka dokter akan memberikan pertolongan yang tepat. Alasan lainnya adalah kanker ini letaknya paling jauh dari organ penting manusia sehingga penyebaran cukup makan waktu lama.

Sebelum membentuk benjolan, gejala kanker kulit adalah berupa bintik kecil dengan permukaan yang kasar, dan sangat berbeda dengan warna kulit disekitarnya. Berwarna agak merak atau sedikit lebih putih dan sangat mudah berdarah, baru kemudian membntu benjolan.

Lalu siapa saja orang yang berpontensi terkena kanker kulit? beriku beberapa orang yang paling berpotensi selain usia 51 hingga 60 tersebut.

1. Orang yang memiliki banyak aktivitas di luar rumah.

Orang yang banyak terkena paparan sinar matahari secara langsung adalah orang yang paling berportensi terkenan tumor jahat ini.

2. Faktor keturunan

Orang yang keluarga memiliki riwayat kanker kulit maka keluarga lebih berpotensi dibandingkan mereka yang tidak memiliki riwayat.

3. Kulit mudah muncul bintik

Orang yang kulitnya mudah muncul bintik – bintik, sangat berpotensi karena ketahanan kulitnya sangat lemah.

4. Masa kecil pernah mengalami luka jemur serius

Bagi yang masa kecilnya pernah mengalami luka yang diakibatkan paparan sinar matahari maka dia akan sangat berpontensi.

Kelima, pekerja kasar. Maksud dari pekerja kasar disini adalah mereka yang pekerjaan  sering bersentuhan dengan aspal, minyak mineral dan tar. Maka mereka akan lebih berpotensi terkena kanker kulit.

Penyebab kanker kulit

Berikut beberapa penyebab kanker kulit yang harus anda ketahui agar anda dapat menghindarinya.

1. Riwayat keluarga

Bila keluarga dalam satu keluarga memiliki riwayat dengan tumor ini, maka anda akan lebi berpotensi terkena penyakit tersebut dibandingkan dengan mereka yang tidak.

2. Sering berada diluar ruangan

Bagi yang memiliki kulit sensitive terhadap sinar UV, maka kulit anda akan mudah melepuh dan mudah terbakar jika langsung terkena sinar matahari. Apalagi jika anda beraktivitas diluar ruangan tanpa menggunakan pelindung, sudah pasti anda akan sangat berpotensi terkena kanker kulit.

3. Kekurangan Melanin

Melanin adalah pigmen yang sangat penting bagi setiap makhluk hidup. Untuk manusia, pigmen bertanggung jawab untuk memberikan warna pada kulit, mata, dan rambut serta bermanfaat untuk melindungi dari sinar UV.

Baca juga :Kanker kulit bukan hanya karena matahari

Cara mencegah kanker kulit

Untuk mencegah penyebaran kanker kulit, ternyata anda dapat melakukannya sendiri sebelum berkonsultasi ke dokter. Berikut kami berikan penjelasannya. Tapi sebelumnya yang dibutuhkan adalah ruangan yang berpenerangan cukup dan cermin yang cukup besar.

Pertama, Periksa semua mulai telapak tangan, antara jari tangan, jari tangan , lengan atas, lengan bawah, selanjutnya kedua lengan, dengan menekuk siku, serta periksa dengan teliti bagian bawah tempat persendian.

Kedua, memeriksa bagian depan. Masih berdiri depan cermin kemudian periksa bagian daerah perut, daerah paha atas, paha bawah, daerah muka dan leher.

Ketiga, masih memeriksa bagian samping. Dengan posisi depan cermin kemudian tangan diangkat kemudian periksa bagian kira llau periksa bagian kanan tubuh anda.

Keempat, memeriksa bagian belakang. Untuk memeriksa bagian belakang yang anda butuhkan selain cermin besar yaitu cermin kecil. Periksa bagian belakang leher, punggung, pinggul dan kedua pangkal lengan. Namun jika dirasa sulit mintalah bantuan kepada saudara atau suami/istri.

Kelima, periksa bagian rambut. Mintalah bantuan dari orang lain untuk memeriksa di daerah kuli kepal dengan menyisirnya pelan – pelan. Dan jika rambut anda pendek coba raba dengan pelan – pelan.

Keenam, pemeriksa bagian belakang. Sekarang dalam posisi duduk, periksa bagian punggung kaki,  tumit, dan telapak kaki. Dan bila anda menemukan ada hal yang tidak normal maka segeralah periksakan diri ke dokter.

Demikian pengetahuan mengenao gejala kanker kulit, bagaimana pencegahannya, dan penyebabnya, semoga anda lebih waspada dan tambah mengerti.

Written by Obat Herbal

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makanan Untuk Penderita Diabetes

Makanan Untuk Penderita Diabetes

Gejala Penyakit Demam Berdarah

Gejala Penyakit Demam Berdarah dan Penyembuhan