Gejala dan Penyebab Vertigo

No Comments
Gejala dan Penyebab Vertigo

Gejala dan Penyebab Vertigo. Anda memiliki aktivitas tinggi sibuk dengan pekerjaan? semua ini dapat mengakibatkan kesehatan pada tubuh anda menurun drastis. Tekanan pekerjaan yang akan membuat kepala anda pusing dan migrain. Saat kita mengalami situasi pandangan yang berputar putar, kepala pusing dan hilang keseimbangan, maka kejadian tersebut bisa saja termasuk ke dalam gejala penyakit vertigo. Penyakit yang membuat penderitanya pusing dan hilang keseimbangan ini disebabkan karena gangguan pada telinga atau sentral (perifer).

Mengutip dari wikipedia, Vertigo berasal dari bahasa Yunani vertere yang artinya memutar. adalah salah satu bentuk sakit kepala di mana penderita mengalami persepsi gerakan yang tidak semestinya (biasanya gerakan berputar atau melayang) yang disebabkan oleh gangguan pada sistem vestibular.

Vertigo adalah penyakit dengan gangguan keseimbangan yang ditandai dengan: perasaan berputar, dunia serasa gergoyang, benda sekeliling berputar, rasa mau jatuh bahkan adakalanya jatuh beneran, disertai dengan mual, muntah, keringat dingin.

Vertigo merupakan penyakit yang sering ditemukan. Di mana vertigo terjadi secara mendadak dan berlangsung kurang dari 1 menit. Perubahan posisi kepala (biasanya terjadi ketika penderita berbaring, bangun, berguling di atas tempat tidur atau menoleh ke belakang) biasanya memicu terjadinya episode vertigo ini. Penyakit ini tampaknya disebabkan oleh adanya endapan kalsium di dalam salah satu kanalis semisirkularis di dalam telinga bagian dalam.penyebabnya adalah tubuh merasakan posisi dan mengendalikan keseimbangan melalui organ keseimbangan yang terdapat di telinga bagian dalam. Organ ini memiliki saraf yang berhubungan dengan area tertentu di otak.

Jenis Penyakit Vertigo

Vertigo Perifer.

Penyakit vertigo perifer disebabkan oleh disfungsi struktur perifer hingga ke batang otak.

Vertigo Sentral.

Penyakit vertigo sentral melibatkan proses penyakit yang mempengaruhi batang otak atau cerebellum.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang penyakit ini, maka yang harus kita ketahui adalah gejala dan penyebab vertigo itu sendiri, agar setelah kita mengetahui dan mengalaminya, maka kita sudah tahu bahwa gejala tersebut adalah tanda kita mengalami vertigo.

Penyebab Vertigo

Penyebab umum dari vertigo adalah keadaan lingkungan, motion sickness (mabuk darat, mabuk laut) obat-obatan, alkohol, gentamisin, kelainan sirkulasi gangguan fungsi otak sementara karena berkurangnya aliran darah ke salah satu bagian otak,pada arteri vertebral dan arteri basiler.

Terkadang vertigo juga merupakan salah satu gejala awal terjadinya stroke ringan, sebagai akibat pecahnya pembuluh darah akibat tekanan darah tinggi (hipertensi). Biasanya vertigo yang diakibatkan oleh kurangnya oksigen ke otak ini akan disertai dengan mual dan muntah-muntah.

Beberapa yang menjadi penyebab penyakit vertigo:

  1. infeksi virus (sep:influenza) yang menyerang area labirin
  2. infeksi bakteri yang mengenai telinga tengah
  3. radang pada leher
  4. serangan migren
  5. sirkulasi darah yang berkurang yang dapat menyebabkan aliran darah ke  otak berkurang
  6. mabuk kendaraan
  7. alkohol

Gejala Vertigo

Gejala penyakit vertigo yang dimaksud antara lain :

  1. Pandangan seakan berputar yang membuat penderitanya merasa pusing tujuh keliling.
  2. Mengalami gerakan mata yang tidak normal, misal dari atas ke bawah atau dari kiri ke kanan dengan ritme yang lumayan cepat. Hal ini terjadi karena ada gangguan pada bagian fungsi telinga dan syarafnya yang menghubungkan ke otak. Gerakan dari gejala ini disebut dengan Nistagmus.
  3. Rasa terapung, terayun
  4. Mual-Muntah
  5. Keluar Keringat dingin
  6. Muka Pucat
  7. Tidak bisa berjalan secara lurus dan seimbang.

Jika Anda mengalami gejala penyakit vertigo seperti di atas! Maka lakukan tindakan penanggulangan untuk mengantisipasinya, dengan cara sebagai berikut :

  1. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan, agar tidak terbentuk penimbunan di dalam tubuh.
  2. Hindari jenis makanan yang mengandung bahan yang bisa membuat Anda alergi, karena vertigo pada beberapa kasus kadang disebabkan oleh alergi.

Hal yang dilakukan saat gejala penyakit vertigo melanda :

  1. Jangan dulu melakukan aktivitas seperti berjalan dan berdiri,
  2. Istirahatkan dengan duduk atau tidur,
  3. Merasa lebih baik jika berbaring, tapi vertigo terus berlanjut meski tidak bergerak sama sekali, kadang merasa enak bila tutup mata dan vertigo berulang saat mata dibuka.
  4. Jika ada teman, minta dia untuk mengantarkan Anda segera ke klinik atau dokter terdekat untuk dilakukan penangan lebih tepat.

Baca : Obat Migrain Paling Ampuh Tanpa Efek Samping

Demikian informasi singkat mengenai penyakit vertigo dan berbagai hal penting seputarnya. Semoga bermanfaat

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Untuk informasi produk
silakan hubungi kami
sms / whatsapp :

087881220500

Info Kesehatan Lainnya

See all posts