, ,

Gejala dan penyebab penyakit Anemia

Gejala dan penyebab penyakit Anemia, Apakah anda kesulitan untuk mengetahui apakah anda menderita penyakit anemia atau tidak? bagaimana cara melakukan diagnosa anemia?

Sebelum membahas mengenai diagnosa anemia anda perlu untuk mengetahui tentang “penyakit anemia”. Penyakit anemia adalah kondisi ketika jumlah sel darah merah tidak mencukupi dalam darah atau jumlah hemoglobin dalam darah di bawah jumlah normal.

Berapa kadar normal sel darah merah yang ada pada tubuh? untuk kadar normal sel darah merah dalam tubuh adalah sebagai berikut :

  1. Anak-anak 0,5-5 tahun = 11 g/dl;
  2. Usia 5-12 tahun = 11,5 g/dl;
  3. Remaja 12-15 tahun = 12,0 g/dl;
  4. Wanita tidak hamil di atas 15 tahun = 12,0 g/dl;
  5. Wanita hamil = 11,0 g/dl;
  6. Pria lebih dari 15 tahun = 13,0 g/dl.

Gejala penyakit anemia

Untuk mengetahui apakah anda perlu untuk melakukan diagnosa anemia adalah dengan mencari tahu apakah anda mengalami gejala penyakit anemia. Berikut ini adalah beberapa gejala penyakit anemia yang biasanya terjadi, yaitu :

  1. Sering merasa lelah;
  2. Sering mudah marah;
  3. Wajah dan warna kulit terlihat pucat;
  4. Sering merasa pusing dan sakit kepala;
  5. Tidak nafsu makan;
  6. Mengalami sembelit;
  7. Sangat sulit untuk berkonsentrasi dalam bekerja;
  8. Mudah stress dan depresi;
  9. Sering mengalami sesak nafas

Penyebab penyakit anemia

Hal yang menyebabkan penyakit anemia adalah berkurangnya kadar sel darah merah dalam tubuh yang disebabkan oleh :

  1. Kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, vitamin B12, asam folat dan vitamin C;
  2. Tidak atau jarang mengkonsumsi daging. Hal ini menyebabkan kadar vitamin B12 kurang. Vitamin B12 adalah salah satu komponen pembentuk sel darah merah dalam tubuh;
  3. Terjadinya menstruasi yang berlebihan pada wanita yang menyebabkan tubuh kekurangan darah sehingga menyebabkan kurangnya zat besi dalam tubuh;
  4. Walaupun tidak terlihat sebenarnya kondisi hamil bagi wanita juga bisa menyebabkan kemungkinan terkena anemia karena pada saat hamil janin banyak menyerap zat besi dan vitamin dalam rangka pertumbuhannya;
  5. Mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti aspirin, pil KB, Anti Inflamasi dapat menghambat penyerapan zat besi dalam lambung sehingga menyebabkan timbulnya penyakit anemia.

Baca juga :Kenali Jenis Anemia dan Penyebabnya

Diagnosa penyakit anemia

Diagnosa anemia pada dasarnya adalah suatu kegiatan untuk mencari tahu apakah pasien tersebut mengidap penyakit anemia dengan cara melakukan pemeriksaan gejala-gejalanya menggunakan suatu cara atau alat.

Pada prakteknya, diagnosa anemia dilakukan dengan melakukan pengecekan atau pemeriksaan sample darah dengan melihat kadar zat besi di dalam darah. Kadar zat besi dan transferin (protein pengangkut zat besi yang berada diluar sel darah merah) diukur dan dibandingkan. Jika kurang dari 10% transferin yang terisi dengan zat besi, maka kemungkinan terjadi kekurangan zat besi sehingga di duga akan menderita anemia.

Pencegahan penyakit anemia

Agar terhindar dari penyakit anemia hal yang perlu dilakukan adalah dengan pola makan yang sehat dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, vitamin B12, asam folat dan vitamin C seperti daging, hati dan kuning telur; juga tepung, roti dan gandum yang telah diperkaya dengan zat besi.

Baca :Atasi Anemia dengan Makanan Penambah Darah

Pengobatan penyakit Anemia

Bagi anda penderita penyakit anemia, biasanya akan diberikan obat untuk membantu menambah kadar zat besi dalam tubuh seperti ferosulfat, besi glukonat atau suatu polisakarida. Lakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu setiap akan menggunakan obat penyakit anemia.

Demikian informasi mengenai Gejala dan penyebab penyakit Anemia, semoga bermanfaat

Written by Obat Herbal

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cara mengobati batuk berdahak secara alami

Cara membuat jus pare untuk penderita diabetes

Cara membuat jus pare untuk penderita diabetes