, ,

Ciri dan penyebab kanker payudara

Ciri dan penyebab kanker payudara

Ciri dan penyebab kanker payudara – Kanker payudara merupakan penyakit yang disebabkan oleh berkembangnya sel kanker di daerah sekitar payudara.

Penyakit ini kebanyakan menyerang perempuan, tetapi laki-laki juga tidak menutup kemungkinan bisa terkena penyakit kanker payudara.

Kanker payudara merupakan jenis penyakit kanker dengan jumlah penderita terbanyak nomor dua di dunia. Sedangkan dari tingkat kematian, jenis kanker ini menjadi penyebab kematian nomor lima terbesar di dunia. Untuk mengetahui seluk beluk tentang kanker tidak ada salahnya kita ulas Ciri dan penyebab kanker payudara secara mendetail.

Ciri-ciri Benjolan Kanker Payudara

Tanda-tanda awal dari kanker payudara adalah ditemukannya benjolan yang terasa berbeda pada payudara. Jika ditekan, benjolan ini tidak terasa nyeri. Awalnya benjolan ini berukuran kecil, tapi lama kelamaan membesar dan akhirnya melekat pada kulit atau menimbulkan perubahan pada kulit payudara atau puting susu.

Hal ini dapat dirasakan seperti berikut :

  1. Ketika diraba, pada payudara terasa ada benjolan
  2. Benjolan yang disebabkan karena pertumbuhan sel kanker payudara akan terasa keras dan juga padat ketika diraba serta ada pula yang menimbulkan rasa gatal namun ada yang sama sekali tidak menimbulkan rasa gatal.
  3. Akan terjadi perubahan yang signifikan terhadap bentuk serta ukuran payudara.
  4. Di bagian sekitar puting susu akan adanya luka yang sukar untuk sembuh, puting akan tertarik ke dalam, yang menimbulkan rasa gatal disebabkan karena terjadinya penebalan kulit.
  5. Keluarnya darah atau nanah yang berwarna kekuningan dari puting susu
  6. Pada kulit payudara mulai terjadi perubahan, yaitu kulit akan berkerut dan warnanya cenderung kemerahan ataupun berubah menjadi keriput seiring semakin banyaknya sel kanker payudara yang telah menyebar (seperti kulit jeruk purut)
  7. Akan terasa nyeri pada bagian tulang, terjadinya penurunan berat badan dan pembengkakan pada bagian lengan. Yang menandakan bahwa kanker sudah menyebar

Sejumlah tanda di atas memang merupakan ciri-ciri kanker payudara. Walaupun demikian, jika Anda mengalami satu atau lebih hal di atas, belum tentu Anda menderita kangker payudara. Cobalah periksakan diri Anda ke dokter dan lakukan tes mammografi. Dokter akan menganalisa mammogram yang dihasilkan dan memberikan saran untuk Anda.

Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui tentang perubahan yang terjadi pada payudara, serta mengetahui adanya faktor risiko yang dapat menyebabkan pertumbuhan sel kanker payudara. Faktor resiko penyebab kanker payudara terjadi karena faktor internal (riwayat keluarga dan juga usia) dan juga eksternal (gaya hidup)

  1. Usia – Semakin bertambahnya umur seseorang, maka semakin besar risiko untuk terkena kanker payudara.
  2. Seorang wanita yang mempunyai anak pertama ketika berusia telah melewati 35 tahun atau wanita yang telah menikah namun tidak dikaruniai anak
  3. Penggunaan KB hormonal yang justru meningkatkan risiko kanker payudara
  4. Wanita yang mengkonsumsi alkohol
  5. Adanya garis keturunan yang mengidap kanker payudara
Selama ini ada anggapan ukuran payudara yang besar akan mudah terserang Kanker payudara. Ternyata ukuran payudara besar ataupun kecil, bisa saja terinfeksi sel kanker. Yang menjadi pembeda diantara keduanya adalah cara mendeteksi, bagi yang memilikii payudara kecil, memungkinkan dengan cepat dan mudah untuk mendeteksinya, walaupun dengan metode SADARI. Berbeda dengan payudara besar yang sulit dilakukan pemeriksaan.
Pemeriksaan kanker payudara akan sangat berguna untuk menentukan pengobatan kanker payudara dini yang tepat. Bila kanker payudara telah menyebar ke struktur tubuh yang lainnya, maka kanker payudara tersebut dapat menginfeksi kelenjar getah bening serta dinding dada. Namun juga bisa menyebar ke seluruh tubuh yang penyebarannya melalui pembuluh darah.
Setelah kita tahu Ciri dan penyebab kanker payudara, kita pasti akan berpikir bagaimana cara pencegahan dan pengobatan kanker payudara?

Pencegahan Timbulnya Benjolan Kanker

  1. Berat badan terjaga
  2. Hindari mengkonsumsi alkohol – Mengkonsumsi alKohol dengan kadar yang berlebihan karena dapat meningkatkan resiko terkena kanker payudara dan jenis kanker lainnya.
  3. Mengkonsumsi buah dan sayuran – Adanya senyawa phytochemical, diyakini mampu menjadi penawar yang berfungsi melindungi dari kanker payudara yang dapat dihancurkan karena panas yang ditimbulkan.
  4. Olahraga teratur
  5. Lakukan pembakaran lemak – Konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak tak jenuh, karena lemak tak jenuh memiliki potensi sebagai antikanker dan sebaliknya menghindari Makanan penyebab kanker meningkat.
  6. Berfikir positif dan bebaskan hidup dari rokok – Menjadi pengkonsumsi rokok bagi wanita sangat rentan terhadap kanker payudara dan juga usahakan untuk memiliki kualitas pikiran yang baik.

Jangan abaikan rasa sakit ataupun gejala kanker payudara yang ditimbulkan, jika sakit maka diharapkan kita menjadi orang yang aktif untuk memeriksakan keadaan  ke dokter. Kanker payudara stadium yang telah berlanjut ke tahap yang lebih serius, akan menunjukkan tanda-tanda yang berbeda. Kanker payudara juga menyebabkan seseorang mengalami demam yang panas turun, tidak stabil. Serta terjadinya penurunan berat badan yang bertahap namun berefek.

 

Written by Obat Herbal

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Khasiat dan Manfaat Anggur Merah untuk Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Anggur Merah untuk Kesehatan

Hindari minum obat dengan minuman ini

Hindari minum obat dengan minuman ini