,

Cara Pengobatan Kanker Payudara Secara Medis

Cara pengobatan kanker payudara secara medis. Kata kanker payudara seakan menjadi momok bagi setiap wanita. Pengobatan penyakit kanker payudara secara medis sebenarnya sudah diawali beberapa puluh tahun yang silam, namun hingga kini belum terdapat pengobatan yang dapat menyembuhkan kanker hingga tuntas. Mungkin Karena putus asa atau takut cara pengobatan secara medis, hingga bahkan banyak orang mencoba berbagai pengobatan dengan terapi alternatif yang diklaim dapat menyembuhkan.

Oleh karena itu kali ini kita akan membahas sedikit cara pengobatan kanker payudara secara medis. Apabila Anda merasakan atau mempunyai tanda dan gejala kanker payudara maka berarti anda masuk dalam tahap pengobatan atau penyembuhan, namun bagi penderita kanker yang memiliki stadium 3 atau stadium 4 sangat kecil kemungkinan untuk dapat sembuh, karena sudah termasuk dalam tahap parah dan kondisi kanker sudah menyebar di seluruh organ tubuh.

Begitupun juga kanker payudara, ketika anda memasuki tahap stadium kanker 1 kemungkinan untuk sembuh diperkirakan 70-80% sedangkan untuk stadium 2 sekitar 30-40% sedangkan untuk stadium 3 dan stadium 4 kecil kemungkinan untuk sembuh.

Baca : Ciri dan penyebab kanker payudara

Cara pengobatan kanker payudara secara medis

Seperti yang diketahui pengobatan kanker dapat dilakukan dengan cara operasi, radioterapi dan kemoterapi. Masing-masing pengobatan kanker tersebut memiliki cara pengobatan yang berbeda-beda terdapat sel kanker pada payudara.

1. Operasi

Pada tahap operasi dilakukan dengan tujuan untuk membuang sel-sel kanker yang ada dalam payudara. Terdapat 2 Jenis pembedahan (operasi) :

  1. Lumpectomy
    (Operasi pengangkatan tumor dan jaringan sel kanker yang ada disekitar payudara)
  2. Total Mastectomy
    (Operasi pengangkatan seluruh payudara), tetapi tidak termasuk kelenjar getah bening pada ketiak.

2. Radioterapi

Radioterapi yang berarti terapi radiasi, lebih tepatnya Radioterapi adalah terapi menggunakan radiasi yang bersumber dari energi radioaktif. Cukup banyak dari penderita kanker yang berobat ke rumah sakit menerima terapi radiasi.

Kadang radiasi yang diterima merupakan terapi tunggal, kadang dikombinasikan dengan kemoterapi dan/atau operasi pembedahan. Tidak jarang pula seorang penderita kanker menerima lebih dari satu jenis radiasi.

3. Kemoterapi

Kemoterapi adalah pengobatan dengan menggunakan obat anti kanker (Sitostika) untuk merusak sel-sel kanker. Pengobatan kanker dewasa ini hampir selalu melibatkan operasi, penyinaran atau kemoterapi.

Tujuan kemoterapi pada penyembuhan kanker adalah menghambat atau menghentikan pertumbuhan sel-sel onkogen (kanker) pada tubuh pasien. Prinsip kerja obat-obatan kemoterapi adalah menyerang fase tertentu atau seluruh fase pada pembelahan mitosis pada sel-sel yang bereplikasi atau berkembang dengan cepat, yang diharapkan adalah sel onkogen yang bereplikasi.

Baca juga : Apa Itu Kemoterapi Kanker dan Efek Sampingnya

Namun berdasarkan statusnya, terdapat 2 jenis pengobatan kanker payudara yaitu kanker payudara yang terlokalisir dan pengobatan kanker payudara yang telah menyebar.

1. Pengobatan pada Kanker Payudara yang (Terlokalisir)

Terdapat 4 cara pengobatan yang sudah ditangani atau terlokalisir, pengobatan ini dilakukan diantaranya ;

1. Pembedahan breast-conserving

  1. Lumpektomi
    Pengangkatan tumor dan sejumlah kecil jaringan normal di sekitarnya
  2. Kuadrantektomi
    Pengangkatan seperempat bagian payudara
  3. Eksisi luas atau mastektomi parsial
    Pengangkatan tumor dan jaringan normal di sekitarnya yang lebih banyak.

2. Mastektomi

  1. Mastektomi simplek
    Seluruh jaringan payudara diangkat, tetapi otot di bawah payudara dibiarkan utuh dan disisakan kulit yang cukup untuk menutup bekas operasi.
  2. Mastektomi radikal
    Seluruh payudara, otot, dada, dan jaringan lainnya dapat diangkat.
  3. Modifikasi Mastektomi radikal
    Seluruh jaringan payudara diangkat dengan menyisakan otot dan kulit, disertai pengangkatan kelenjar getah bening pada ketiak.

3. Rekontruksi Payudara

Rekontruksi payudara dapat dilakukan menggunakan implan atau silikon atau jaringan yang diambil dari bagian tubuh lainnnya. Rekontruksi ini dilakukan bersamaan dengan mastektomi atau dilakukan di kemudian hari.

4. Kemoterapi dan Obat Penghambat Hormon

Kemoterapi dan pemberian obat penghambat hormon kanker adalah langkah lanjut dari tahap pembedahan yang dilakukan selama beberapa bulan bahkan tahun dengan tujuan menunda kembalinya kanker dan memperpanjang angka harapan hidup penderita.

2. Pengobatan Kanker Payudara yang Telah Menyebar

Bagian tubuh yang manjadi sasaran penyebaran kanker payudara adalah hati, paru-paru, otak, kulit dan kelenjar getah bening. Bila penderita merasakan sakit nyeri maka akan diberikan obat penghambar hormon atau kemoterapi.

Misal; kanker telah menyebar pada tualang, maka terapi pengobatan efektif untuk kanker tulang dan juga kanker yang telah menyebar ke otak.

Seperti yang diketahui Kemoterapi yang cukup efektif ialah cyclophosphamide, doxorubicin, pacilitaxel, vinorelbin, dan mitomycin C. Obat-obatan ini sering kali digunakan sebagai tambahan pada obat penghambat hormone.

Baca : Obat Kanker Payudara Alami yang Ampuh

Obat Kanker Payudara Alami yang Ampuh

Dari artikel singkat diatas anda tahu bagaimana Cara pengobatan kanker payudara secara medis dalam mengobati pasien atau penderita kanker payudara, mulai dari tahap operasi, radioterapi dan kemoterapi. Ada beberapa pengobatan kanker payudara yang terlokalisir dan yang sudah menyebar. Semoga artikel singkat cara pengobatan kanker payudara secara medis dapat bermanfaat bagi anda.

Baca juga : Pengalaman Sembuh dari Kanker Payudara Tanpa Operasi

Written by Obat Herbal

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gejala dan Penyebab Vertigo

Gejala dan Penyebab Vertigo

Penyebab Darah Tinggi Dan Pengobatannya

Penyebab Darah Tinggi Dan Pengobatannya