, ,

Cara Mengobati Tipes dan Pantangannya

Cara Mengobati Tipes dan Pantangannya, Penyakit Tipes atau Demam Tifoid (Typhus Abdominalis) adalah infeksi akut yang diakibatkan bakteri Salmonella Typhi yang masuk melalui saluran pencernaan dan menyebar ke seluruh tubuh (sistemik). Bakteri ini menyebar melalui kotoran tinja, muntahan serta urin seseorang yang terinfeksi. Demam Paratifoid menunjukkan manifestasi klinik yang sama dengan tifus namun biasanya lebih ringan.

Gejala penyakit tipes

  1. Demam, lebih dari 7 hari dapat berlangsung terus menerus, minggu pertama suhu tubuh seseorang mengalami gejala tifus berangsur-angsur meningkat setiap hari, biasanya akan menurun saat pagi hari dan meningkat pada sore atau malam hari. Memasuki minggu kedua penderita terus dalam keadaan demam dan minggu ketiga suhu tubuh berangsur-angsur turun kemudian normal kembali pada akhir minggu.
  2. Gangguan di saluran pencernaan, nafas tak sedap, bibir kering dan pecah-pecah, lidah ditutupi selaput kotor, ujung serta tepinya warna kemerahan. Bisa juga perut kembung, hati dan limpa membesar serta nyeri bila diraba. Biasanya penderita mengalami sulit bab, tapi mungkin juga normal dan bahkan dapat terjadi diare.
  3. Terjadi gangguan kesadaran, mulai dari penurunan kesadaran ringan sampai berat.

Tips menangani penderita tipes :

  1. Bet rest total (tirah baring absolut) hingga minimal 7 hari bebas panas atau selama 14 hari. Maksud tirah baring adalah untuk mencegah terjadinya komplikasi pendarahan usus maupun perforasi usus. Mobilisasi pasien dilakukan secara bertahap, sesuai dengan pulihnya kekuatan pasien.
  2. Diet tetap makan nasi, tinggi kalori dan protein (rendah serat) serta mengandung cukup cairan. Karena ada juga penderita yang khawatir makan nasi, maka selain macam/bentuk makanan yang diinginkan, terserah pada penderita sendiri apakah mau mengonsumsi makanan bubur saring, bubur kasar atau nasi lembek.
  3. Pemberian antibiotika dan obat-obatan lainnya sesuai resep dokter.

Karena penularan Demam Tifoid ini melalui oro-faecal (melalui makanan yang tercemar  tinja/urin/muntahan penderita) maka pencegahan penyakit tipes yang paling penting adalah menjaga kebersihan pribadi dan lingkungan. Jangan lupa selalu mencuci tangan dengan sabun setiap mau makan dan sehabis bab ataupun bak. Cara pencegahannya yang lain adalah dengan vaksinasi yang dapat melindungi seseorang dari demam tifoid selama 3 tahun.

 

Cara Mengobati tipes

Cara mengobati tipes dewasa ini banyak sekali variasinya, mulai dari pengobatan medis sampai dengan menggunakan metode penyembuhan secara alami. Berikut ini cara pengobatan tipes secara alami dengan menggunakan ramuan herbal.

Kita dapat melakukan pengobatan penyakit tipes dengan ramuan herbal yang bahan dasarnya dapat kita peroleh dengan mudah di lingkungan sekitar kita, dan yang paling utama adalah ramuan penyembuhan tipes alami tersebut mampu memberi kesembuhan secara tuntas tanpa menimbulkan efek samping dan tentunya dapat kita peroleh tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

Ramuan Herbal Bagi Penderita Penyakit Tipes

Berikut ini ada beberapa Cara Mengobati Tipes dengan tanaman obat yang bisa dijadikan ramuan herbal untuk penyembuhan penyakit tipes :

1. Cacing Tanah

Cara Mengobati Tipes yang pertama adalah dengan cacing tanah atau cacing kalung. Cacing ini dalam dalam bahasa ilmiah memiliki nama anma Pheretima Aspergillum. Cacing obat tipes telah dipercaya mampu memberikan kesembuhan terhadap penyakit tipes. Dari sekitar 1.800 spesies cacing yang tersebar di seluruh dunia, hanya ada 2 spesies cacing yang sering dijadikan obat alami penyakit tipes. Dalam penyembuhan penyakit tipes, cacing tanah atau cacing kalung bekerja dari dua sisi, yaitu membunuh bakteri penyebab tipes dan menurunkan demamnya. Adapun bakteri penyebab penyakit tipes adalah salmonela dan cacing tanah memiliki kandungan protein anti bakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri gram negatif escheria coli, Shigella dysenterica, Staphylococcus aureus dan salmonella thypi. Cacing tanah memiliki khasiat yang sangat luar biasa dalam menyembuhkan berbagai jenis penyakit kronis dan non-kronis salah satunya penyakit tipes.

Resep membuat obat tipes dari cacing

Bahan-bahan yang diperlukan adalah per 1/2 gelas atau 100cc, Cacing kalung (bisa dicari di tanah yang lembab) 5 ekor, 1 butir Telur ayam kampung/telur bebek, 2 sendok makan Madu, dan Pegagan (Antanan) secukupnya.

Cara membuat ramuan obat tipes dari cacing :

  1. Cuci cacing kalung sampai bersih, buang kotorannya sehingga yang tersisa hanya kulitnya saja.
    Blender sampai halus dengan pegagan kalau perlu tambahkan dengan air sedikit saja hanya untuk membantu ketika proses blender.
  2. Untuk telur ayam/bebek, ambil hanya kuning telurnya saa, kocok sampai berbusa, ketika di kocok masukan cacing campur pegagan yang telah halus tadi, lalu tambahkan juga madu, tambah air hangat sedikit.
  3. Minumlah ramuan herbal penyembuhan tipes secara rutin, penyembuhan penyakit tipes yang anda keluhkan akan berlangsung lebih cepat.

2. Daun Keji Beling

Bahan untuk pembuatan ramuan alami obat tipes dari Keji Beling adalah Daun keji beling 20 lembar dan 2 liter Air.

Cara Mengobati Tipes dengan ramuan alami:

  1. Rebus daun keji beling sampai mendidih, biarkan selama 1/4 jam.
  2. Angkat, dinginkan.
  3. Minum 2×1 hari.
  4. Lakukan secara rutin.

3. Kunyit, Serai, Sambiloto

Cara Mengobati Tipes selanjutnya adalah dengan memanfaatkan kunyit dan serai. Tanaman obat ini adalah jenis rempah-rempah yang memiliki banyak sekali manfaat. Selain dapat menambah cita rasa masakan, kedua bahan bumbu dapur ini juga memiliki manfaat sebagai penyembuh tipes alami. Jika anda memiliki keluhan penyakit tipes, jangan ragu dan segera lakukan pengobatan dengan tanaman herbal ini.

Bahan ramuan herbal obat tipes adalah Kunyit 2 rimpang, Serai 1 bonggol, Daun sambiloto 1 lembar dan Air masak hangat 1 gelas.

Cara membuat ramuan alami obat penyakit tipes tersebut sangatlah mudah, anda bisa mencobanya sendiri di rumah. Caranya adalah Tumbuk dan pipis halus semua bahan, Kemudian tambahkan air lalu saring. Minum ramuannya. Dan lakukan cara mengobati tipes alami ini secara rutin selama satu minggu.

4. Teripang Laut

Teripang Laut adalah salah satu ramuan herbal yang dapat kita gunakan untuk menyembuhkan penyakit tipes. Mungkin diantara kita ada yang bertanya, mengapa teripang laut dapat menyembuhkan penyakit tipes dalam waktu yang relatif singkat?

Teripang Laut yang kita gunakan untuk penyembuhan penyakit tipes adalah teripang emas jenis golden stichopus variegatus yang merupakan spesies teripang terbaik di dunia yang memiliki kandungan gamapeptide, protein, kolagen, mineral, omega3, omega9, bio active element, glucosaminoglycans, dan zat gizi yang lain yang terlah teruji secara klinis 3x mempercepat proses penyembuhan, anti inflamasi, anti kanker, anti bakteri, anti tumor, meregenerasi sel-sel yang rusak dan secara aktif dapat menurunkan panas sebagai gejala tipes.

5. Timun / Mentimun

Mentimun tidak hanya enak untuk dijadikan sebagai lalapan atau bahan alami untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat, akan tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit tipes.

Bahan alami untuk mengobati tipes dengan mentimun adalah dengan menyiapkan mentimun 2 buah
Cara membuat ramuannyapun cukup mudah, karena anda hanya perlu parut buah timun, peras, ambil airnya. Minum 3 x 1 hari.

6. Labu Air, Bidara Upas, Daun Kaki Kuda, Daun Jintan, Gula Batu

Bahan-bahan alami yang diperlukan adalah Buah labu air 3 jari, Bidara upas setengah jari, Daun kaki kuda seperempat genggam, Daun jintan seperempat genggam, dan Gula batu sebesar buah kemiri.

Cara meramu obat tipes alami dari bahan-bahan tersebut adalah:

Bahan-bahan ini dicuci kemudian direbus dengan air 3 gelas dan di didihkan selama kira-kira lima menit.
Air disaring kemudian diminum 3 kali sehari 1 gelas.

7. Lidah Buaya, Cocor Bebek, Kencur, Bidara Upas, Gula Aren

Daun lidah buaya seperempat batang, daun jintan seperempat genggam, daun sosor bebek delapan lembar, rimpang kencur satu jari, bidara upas seperempat jari, dan gula aren tiga jari direbus dengan air 3 gelas selama 5 menit. air disaring kemudian diminum 3 kali sehari setengah gelas.

8. Pegagan, Daun Sambiloto, Kunyit

Bahan yang diperlukan untuk mengobati tipes lainnya adalah Pegagan 20 lembar, Daun sambiloto 11 lembar, Kunyit sebesar telur ayam 1 biji.

Cara meramu herbal obat tipes dari bahan-bahan tersebut adalah Kupas kunyit, cuci dan iris kecil-kecil. Selanjutnya rebus semua bahan dengan 4 gelas air sampai tersisa sekitar 3 gelas. Angkat dan saring. Minum ramuan sesudah makan, 3 kali sehari, masing masing 1 gelas.

9. Daun Sambiloto, Daun Dadap Srep

Bahan yang diperlukan adalah Daun sambiloto 17 lembar, Daun dadap srep 7 buah.

Cara Mengobati Tipes dengan membuat ramuan obat tipes alami selanjutnya adalah Tumbuk kedua bahan hingga halus. Tambahkan 2/3 gelas air dan aduk ramuan obat penyakit tipes tersebut sampai tercampur rata. Balurkan/kompreskan ramuan pada bagian perut. Lakukan 2 kali sehari.

Penanganan penyakit tipes memerlukan ketelatenan dan kesabaran yang tinggi. Hal ini terutama lebih dikarenakan oleh lamanya penyakit ini untuk bisa kembali sembuh total. Makanan yang menjadi pantangan penderita penyakit tipes cukup mudah.

Pantangan Makanan Untuk Penderita Penyakit Tipes

Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang menjadi pantangan bagi penderita tipes, berikut daftar jenis makanannya :

1. Makanan Yang Serba Pedas

Kebanyakan orang gemar terhadap makan-makanan yang serba pedas, tidak sedikit orang yang mengetahui bahwa makan-makanan yang pedas dapat menimbulkan penyakit tipes lebih parah atau kronis. Makanan pedas biasanya banyak dijumpai pada makanan bakso. mie ayam, nasi padang, dsb.

2. Makanan Yang Serba Asam

Makanan yang serba asam tidak di anjurkan oleh dokter untuk penderita penyakit tipes dikarenakan makanan asam dapat memicu reaksi yang tidak baik untuk penderita penyakit tipes. Buah-buahan ini contohnya buah jeruk, belimbing, salak, apel, dll.

3. Makanan Yang Berlemak

Jenus makanan berlemak biasanya memiliki bahan zat kimia. Jika penderita penyakit tipes ini mengkonsumsi makanan yang berlemak maka usus akan mengalami masalah yang dipaksa untuk bekerja. Maka tidak diperbolehkan karena bisa saja usus mengalami pendarahan.

4. Kopi dan Soda

Di dalam perut kopi bisa meningkatkan tingkat asam lambung. Jika penderita penyakit tipes mengkonsumsi kopi usus yang sedang luka diberikan asam akan mengalami pendarahan. Begitu juga dengan minuman yang bersoda, jika penderita penyakit tipes ini mengkonsumsi minuman bersoda maka tidak heran usus akan mengalami pendarahan yang menyebabkan kematian.

Menu Makanan Untuk Penderita Tipes

Berikut ini beberapa daftar menu untuk penderita penyakit tipes

1. Menu Makan Pagi

  1. Bubur ayam tanpa bumbu kuning,
  2. Telur rebus matang,
  3. Susu.

2. Menu Makan Siang

  1. Tim saring,
  2. Abon ayam tabur,
  3. Sup/sayur bening labu siam,
  4. Semangka potong.

3. Menu Makan Malam

  1. Tim saring (blender dengan campuran dada, kupas wortel, brokoli dan sedikit bawang putih),
  2. Sup tahu rebus,
  3. Pudding buah susu,
  4. Jus melon.

Catatan :

  1. Pastikan banyak minum air putih,
  2. Tirah baring (istirahat total),
  3. Multivitamin,
  4. Selalu jaga kebersihan,
  5. Jauhkan pasien dari hewan peliharaan,
  6. Minum obat yang dianjurkan dokter.

Rekomendasi Obat Penyakit Tipes :

Salah satu obat herbal penyakit tipes yang mengandung bahan-bahan herbal alami hanya dengan herbal Amazon Plus.  Obat Herbal alami ini merupakan produk minuman kesehatan unggulan yang terbuat dari kombinasi bahan utama ekstrak buah-buahan alami yang mempunyai nilai kandungan antioksidan yang tinggi. Beberapa diantarannya adalah kandungan zaitun hydroxytyrosol, acai berry, kulit manggis, tomat, delima merah dan blueberry. Dalam proses pembuatnnya herbal amazon plus, menggunakan alat modern terkini dan ditangani langsung oleh para ahli yang sudah disiplin ilmu, namun keaslian dan kemurniannya tetap terjaga. Amazon plus sudah terbukti sangat ampuh dalam mengobati berbagai jenis penyakit kronis dan non-kronis

Apa itu Jus Amazon Plus ?

Baca : Obat Penyakit Tipes Alami Paling Manjur

Demikian informasi mengenai cara mengatasi gejala penyakit tifus, semoga bermanfaat.

Written by Obat Herbal

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tips Cara Mencegah Osteoporosis

Tips Cara Mencegah Osteoporosis

Penyebab Insomnia dan pengobatannya

Penyebab Insomnia dan pengobatannya