Cara Mengobati Bisul Secara Alami

No Comments
Cara Mengobati Bisul Secara Alami

Cara Mengobati Bisul Secara Alami – Ases kulit/furunkel atau yang lebih dikenal dengan bisul merupakan gumpalan yang terbentuk pada permukaan kulit dan berisi nanah yang menimbulkan rasa sakit. Ukuran bisul bisa kecil seperti jagung atau kacang yang dapat tumbuh di bagian tubuh mana pun.

Penyebab munculnya bisul

  1. Bisul tidak muncul begitu saja. Adapun hal-hal yang dapat menyebabkan timbulnya bisul adalah sebagai berikut.
  2. Bisul muncul diakibatkan oleh bakteri staphylococcus aureus.
  3. Salah satu yang dapat menyebabkan timbulnya bisul adalah dari faktor kebersihan diri, jika Anda tidak sering membersihkan diri, maka akan sangat mudah terkena bisul.
  4. Infeksi Kulit. Infeksi pada kulit akan menyebabkan munculnya bakteri penyebab bisul, yaitu staphylococcus aureus.
  5. Faktor makanan juga berpengaruh pada timbulnya bisul, terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi membuat kulit mudah terkena bisul.

Cara mencegah penyakit bisul

Adapun hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah bisul adalah sebagai berikut.

  1. Rajin mengganti pakaian, usahakan ganti pakaian minimal 2 pasang pakaian tiap hari, dan jangan terlalu sering menggunakan pakaian yang mudah menyerap keringat.
  2. Jagalah kebersihan lingkungan, baik di dalam maupun di luar rumah.
  3. Jika badan berkeringat, segera mungkin untuk melepas pakaian agar keringat cepat kering kemudian alangkah baiknya langsung mandi dan mengganti pakaian.
  4. Mandi teratur 2 – 3 kali sehari. Jika Anda orang yang sering berkeringat, usahakan mandi 3 kali dalam sehari.
  5. Minum vitamin yang dapat menjaga kesehatan kulit dan darah.

Pantangan Bisul

Adapun pantangan atau hal-hal yang harus di hindari jika sudah terkena bisul adalah sebagai berikut.

a. Jangan Menekan Bisul

Menekan bisul akan menimbulkan bisul menyebar ke bagian kulit yang lain karena bakteri secara langsung akan menyebar ke kulit yang lain.

Baca : Jenis Penyakit Kulit yang Sangat Mengganggu

b. Jangan Memecahkan Bisul

Nah ini juga salah satu hal buruk jika Anda lakukan pada bisul Anda. Memecahkan bisul sama hal nya memecahkan jerawat. Selain bisul yang dapat menyebar ke tempat lain, bisul akan menjadi luka sehingga akan meninggalkan bekas hitam yang susah di hilangkan.

Cara Mengobati Bisul Secara Alami

Bisul memang penyakit kulit yang sangat mengganggu, apalagi yang tumbuh di bagian pantat. Inilah beberapa cara mengobati bisul baik yang tumbuh di ketiak, pantat, tangan, wajah, paha, dada, punggung, kaki, dan lain sabagainya. Simak obat herbal bisul berikut.

1. Cara Menyembuhkan Bisul dengan Daun Asam Jawa

Daun asam jawa dikenal berkhasiat untuk mengobati bisul. Cara penggunaannya cukup mudah, pertama siapkan beberapa helai asam jawa dan kunyit (disarankan), lalu tumbuk bersamaan sampai halus merata. Kemudian hasil tumbukkan tadi di oleskan pada bagian kulit yang terkena bisul. Ikat menggunakan kain kasa agar obat bisul tersebut tidak mudah lepas.

2. Cara Mengobati Bisul dengan Daun Anyang-Anyang

Obat bisul tradisional selanjutnya adalah daun anyang-anyang muda. Sama halnya dengan daun asam jawa, tumbuk daun anyang-anyang muda hingga halus dan rata, kemudian oleskan pada bisul lalu di ikat menggunakan kain kasa.

3. Cara Menyembuhkan Bisul dengan Herba Bandotan

Herba bandotan adalah tanaman obat tradisional yang dikenal sejak dulu berkhasiat sebagai obat bisul. Cara penggunaannya cukup mudah, tumbuk herba bandotan hingga halus kemudian oleskan pada bisul secara merata.

4. Cara Ampuh Menyembuhkan Bisul dengan Garam

Tak di sangka, garam yang biasanya digunakan sebagai bumbu masakan ini juga berkhasiat ampuh mengobati bahkan menghilangkan bisul. Cara penggunaanya, pertama sedianakn garaam, nasi basi, dan herba bendotan kemudian tumbuh secara bersamaan hingga halus. Hasil dari tumbukkan tadi dioleskan pada bagian bisul.

5. Cara Mengobati Bisul dengan Bunga Matahari

Obat bisul herbal berikutnya yaitu dengan menggunakan bunga matahari yang di campur dengan minyak wijen. Tumbuk bunga matahari dengan campuran minyak wijen, kemudian oleskan pada bagian bisul secara merata.

6. Cara Menyembuhkan Bisul menggunakan Daun Sendok

Cara penggunaannya, pertama siapkan daun sirih dan daun sendok, kemudian tumbuk secara bersamaan hingga halus, kemudian langsung oleskan saja pada bisul Anda.

Itulah tadi sedikit cara mengobati bisul dengan bahan alami tradisional, alangkah baiknya cegahlah bisul mulai dari sekarang. Jika sudah terlanjur terkena bisul, alangkah baiknya gunakan bahan alami tradisional sebagai pilihan utama sebelum menggunakan bahan kimia yang tentu akan berdampak pada sistem tubuh.

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Untuk informasi produk
silakan hubungi kami
sms / whatsapp :

087881220500

Info Kesehatan Lainnya

See all posts