in ,

Cara Mengobati Gusi Bengkak dan Berdarah

Cara Mengobati Gusi Bengkak dan Berdarah

Cara Mengobati Gusi Bengkak dan Berdarah – Gusi yang mengalami pembengkakan sering di sebabkan oleh beberapa faktor yang pertama gusi bengkak disebabkan oleh peradangan gusi dan yang kedua gusi bengkak bisa disebabkan oleh infeksi gusi yang disebabkan plak atau karang gigi yang semakin memburuk yang akan membuat gusi bengkak kemerahan dan bahkan gusi bisa juga berdarah.

Penyebab Gusi Bengkak

Banyak sekali yang menjadi penyebab gusi bengkak. Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadikan gusi membengkak:

Masalah Kebersihan Mulut

Salah satu yang menjadi penyebab gusi bengkak adalah kurangnya menjaga kebersihan mulut. Buruknya masalah kebersihan mulut dapat ditandai dari kurangnya melakukan sikat gigi secara teratur dan kurang peduli dengan kesehatan gigi.

Hal ini akan berdampak pada menumpuknya sisa-sisa makanan di sela-sela gigi dan gusi. Pada akhirnya tumpukan dari sisa-sisa makanan ini menjadikan bakteri mudah untuk berkembang biak yang menjadikan gusi bengkak.

Makanan yang Tidak Sehat

Banyak mengkonsumsi makanan olahan yang mengandung gula tinggi di dalamnya akan menimbulkan banyak masalah pada gusi dan gigi.

Ada baiknya anda mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat seperti apel, buah-buahan dan sayuran mentah. Hal ini dapat membantu untuk memperkuat gusi anda.

Baca juga : Cara Mengatasi Sakit Gigi dengan Cepat

Kekurangan Vitamin

Kurangnya asupan vitamin C dalam tubuh akan mengakibatkan anda mudah terkena sariawan dan gusi bengkak. Kekurangan vitamin B, asam folat dan kalsium adalah salah satu penyebab gusi bengkak juga. Oleh karena itu mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang sangatlah penting.

Kawat Gigi atau Behel

Terkadang kawat gigi atau behel yang dipasang terlalu ketat atau terlalu menempel dengan gusi adalah salah satu penyebab gusi bengkak. Hal ini terjadi karena terjadi iritasi secara terus menerus pada gusi. Pada akhirnya gusi akan mengalami peradangan dan bengkak.

Masa Kehamilan

Selama masa kehamilan pada trisemester 1 atau 2. Sirkulasi darah dalam tubuh pada gusi meningkat. Hal ini disebabkan karena tingginya tingkat progesteron dan estrogen. Akibatnya gusi menjadi sensitif, bengkak dan merah.

Selain penyebab di atas. Beberapa penyebab lain dari gusi bengkak adalah infeksi yang disebabkan oleh virus dan jamur. Ada juga yang disebabkan karena efek samping obat.

Baca juga : Obat Sakit Gigi Tradisional Paling Ampuh

Cara Mengobati Gusi Bengkak

Pembengkakan gusi ini di dalam medis sering disebut dengan (Ginggivitis) rasa sakit pada gusi memanglah tidak bisa di tahan bahkan ada orang yang pernah frustasi lantaran bengkak pada gusi tidak kunjung sembuh. Namun tak usah khawatir dengan penyakit gusi bengkak, di bawah ini bisa anda lakukan Cara mengobati gusi bengkak secara alami yang bahannya mudah di dapat di sekitar rumah Anda.

1. Daun Jarak

Rebus 5 lembar daun sirih dengan 1 sendok kapur sirih kedalam 3 gelas air tunggu sampai mendidih sampai air tinggal menyisakan 1 gelas, setelah itu saring air biarkan air hangat lalu dikuumur-kumur.

2. Garam

Garam bisa dijadikan antiseptic untuk mengurangi rasa sakit pada gusi, berkumurlah setiap pagi dengan 1 gelas air hangat yang dicampur dengan 1 sendok garam.

3. Minyak cengkeh dan Lada hitam

Usapkan cengkeh dan lada hitam ke bagian gusi yang bengkak merupakan obat alami gusi bengkak yang sudah dilakukan secara turun temurun dari nenek moyang kita.

4. Lemon

Cara mengobati gusi bengkak selanjutnya adalah dengan cara memeras 1 buah lemon kedalam gelas yang berisi setengah gelas air hangat setelah itu kumurlah 2 – 3 menit.

5. Gambir

Rebuslah 2 potong gambir dan setengah jari empu kunyit kedalam 2 gelas air, biarkan hingga mendidih dan menjadi 1 gelas, kumurlah larutan ini 3 kali setiap hari

Biasanya pembengkakan pada gusi akan reda setelah beberapa hari. Tetapi jika Anda sudah melakukan pengobatan gusi bengkak secara tradisional seperti yang disarankan di atas, namun ternyata bengkak belum hilang selama lebih dari 2 minggu, maka saatnya Anda periksakan ke dokter gigi terdekat. Dokter akan memeriksa dan melakukan tes darah. Jika ternyata nanah telah muncul, maka terpaksa dilakukan drainase, atau membuat sayatan kecil di gusi yang bengkak untuk mengeluarkan nanah.

Demikian sedikit informasi mengenai Cara Mengobati Gusi Bengkak dan Berdarah semoga bermanfaat.

 

Written by Obat Herbal

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Makanan Anjuran Bagi Penderita Kanker Paru-Paru

Tips Mencegah Penyakit HIV-AIDS

Tips Mencegah Penyakit HIV-AIDS