Cara Mengobati Flu dan Pilek Secara Alami

No Comments
Cara Mengobati Flu dan Pilek Secara Alami

Cara Mengobati Flu dan Pilek Secara Alami. Flu atau influensa bisa datang kapan saja dan kepada siapa saja, apalagi kalau kondisi cuaca sedang ekstrem, seperti saat pancaroba dimana kondisi cuaca dapat berubah secara drastis, dan ini lah yang dapat membuat tubuh kita drop.

Flu disebabkan oleh infeksi virus influeza (virus RNA dari famili Orthomyxoviridae) yang terjadi pada alat pernafasan seperti hidung, tenggorokan dan paru-paru. Gejala yang biasanya timbul dari penyakit ini diantaranya yaitu demam, badan menggigil, nyeri tenggorokkan, nyeri otot, saki kepala terasa berat, batuk-batuk, kelemahan/lelah, dan rasa tidak nyaman secara umum.) Flu bisa ditularkan dengan mudah melalui udara, terkena air liur, atau minuman bersama. Nah, anda jangan dekat-dekat sama orang yang sedang filek apalagi kalau kondisi anda sedang tidak fit, karena virus ini dengan mudah menyerang orang dengan daya tahan tubuh lemah. Namun, jika daya tahan tubuh anda kuat dan anda sedang dalam kondisi prima tidak masalah berdekatan dengan orang yang sedang terkena flu.

Cara Mengobati Flu dan Pilek Secara Alami

Nah, setelah anda mengetahui penyebab flu dan cara penularannya, ada baiknya anda melakukan tindak pencegahan, namun bagi anda yang sudah terkena flu atau pilek, lakukan 12 Cara Ampuh Mengobati Flu dan Pilek Secara Alami berikut ini:

1. Minum Air Putih

Cara pertama untuk mengobati flu dan pilek adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih. Manfaat air putih memang yang sangat luar biasa. Usahakan minum air putih minimal 8 gelas / harinya. Hal ini untuk menjaga agar tenggorokan anda bersih dari kuman yang bisa menyebabkan flu.

Baca juga :  Manfaat air putih untuk kesehatan

2. Mengkonsumsi Minuman Hangat

Cara kedua adalah dengan mengkonsumsi air hangat. Pada saat flu, akan ada banyak cairan yang terbuang melalui ingus, ludah dan keringat. Cairan hangat akan membantu mengurangi hidung mampet, mencegah dehidrasi, dan melegakan tenggorokan yang terganggu.

3. Istirahat Total

Daya tahan tubuh seseorang yang menderita flu biasanya sangat lemah sehingga dianjurkan untuk istirahat. Sangat disarankan anda berhenti bekerja untuk sementara waktu dan melakukan istirahat total. Hal tersebut agar sistem kekebalan tubuh anda kembali sehat seperti semula.

4. Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran merupakan makanan wajib yang harus dipenuhi, dari buah dan sayuran terdapat nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melawan virus influenza serta meningkatkan daya tahan tubuh yang sudah drop.

Baca juga :  Daftar buah pencegah kanker

5. Menggunakan Aroma Bawang

Aroma bawang dapat digunakan sebagai terapi untuk mengobati flu. Hal ini karena bawang merah atau bawang putih memiliki aroma yang dapat bergfungsi sebagai katalis dalam mengeluarkan cairan dan membersihkan hidung. Caranya sangat mudah, hiruplah aroma bawang selama sekitar 5 menit.

6. Terapi Uap Tradisional

Cara mengobati flu dan pilek secara alami berikutnya adalah dengan melakukan terapi uap. Caranya pun snagat mudah, yakni dengan memasukan air panas ke dalam baskom, gunakan handuk menutupi kepala Anda, dan tempatkan wajah anda di atas baskom tersebut. Untuk menghasilkan lebih optimal, anda bisa mencampurkan minyak kayu putih, kunyit, jahe atau rempah-rempah lainnya.

7. Berkumur

Cara mengobati flu dan pilek berikutnya adalah dengan berkumur. Hal ini untuk membantu membersihkan mulut agar bakteri jahat penyebab flu tidak masuk ke tenggorokan. Untuk hasil maksimal cobalah berkumur air hangat yang dicampur dengan garam, cuka apel, kunyit dan jahe.

8. Mentol / Minyak kayu putih

Cara mengobati flu dan pilek dengan Aroma mentol juga dapat dijadikan sebagai terapi alami. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak kayu putih atau balsam di bagian dada, tenggorokan dan dekat lubang hidung anda.

9. Mandi dengan Air Hangat

Mandi air hangat juga dapat anda lakukan untuk mengatasi flu. Usahakan jangan mandi menggunakan air dingin. Mandi dengan air hangat tujuannya adalah agar tubuh tetap hangat.

10.  Cabai

Kandungan caspaian yang terdapat pada cabai dapat anda gunakan sebagai cara mengobati flu dan pilek Secara Alami, capsaicin terbukti efektif membantu membersihkan rongga hidung. Konsumsi sup dengan taburan lada atau makanan yang mengandung cabai.

11. Mengkonsumsi Rempah Hangat

Gunakan rempah hangat sebagai Cara Mengobati Flu dan pilek Secara Alami. Apa itu rempah hangat? Makan rempah-rempah seperti, kencur, jahe, kemangi, sirih. Atau bisa juga semua rempah-rempah berikut di satukan dan direbus dengan air secukupnya, lalu minum air rebusannya.

12. Madu dan Jahe

Cara Mengobati Flu dan pilek dengan kombinasi madu dan jahe. Caranya adalah, 2 ruas jahe, kemudian parut dan campurkan dengan madu. Lalu anda makan 3x sehari.

Baca :  Khasiat dan Manfaat Jahe Merah bagi Kesehatan

Silahkan anda pilih, kira-kira cara mana yang mau anda lakukan. Lakukan dengan teratur agar filek anda segera reda. Perlu diketahui, pilek tidak bisa disembuhkan karena bisa muncul lagi kapan saja, kita hanya bisa menghilangknnya saja. Demikianlah 12 Cara Mengobati Flu dan pilek Secara Alami dari kami, semoga bermanfaat.

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Untuk informasi produk
silakan hubungi kami
sms / whatsapp :

087881220500

Info Kesehatan Lainnya

See all posts