Cara mengobati batuk berdahak secara alami

No Comments

Cara mengobati batuk berdahak secara alami, Batu berdahak pasti pernah dirasakan setiap orang, dan waktu penyembuhannya pun berbeda-beda, tergantung dari kondisi tubuh. Ada yang memerlukan waktu singkat untuk penyembuhan, ataupun sebaliknya. Namun, berapa lama normalnya batuk berdahak dan bagaimana cara cepat untuk mengobati batuk berdahak ini?

Menurut hasil survei lama batuk normalnya 18 hari. Akan tetapi berbeda dengan batuk berdahak, yang mungkin membutuhkan waktu lama. Jadi Anda yang mengalami batuk yang lebih dari seminggu jangan khawatir. Untuk batuk berdahak yang tidak kunjung sembuh lebih dari 18 hari, segera temui dokter.

Dan tahukah Anda bahwa batuk merupakan cara alami untuk membersihkan saluran pernapasan dari lendir atau hal-hal yang menyebabkan iritasi (wikipedia). Datangnya dahak berlebihan berasal dari paru-paru yang mengalami infeksi. Biasanya batuk dengan dahak ini disebabkan oleh pneumonia, pilek dan sinusitis. Penyakit asma, bronkitis kronis dan gagal jantung juga memiliki gejala batuk berdahak. Aktivitas Anda mungkin akan sangat terganggu dengan adanya batuk berdahak, selain lelah,  faktor sosial juga dapat terpengaruh dengan adanya dahak yang sering keluar. Segera beri perawatan agar kondisi tenggorokan tidak semakin memburuk.

Baca juga : Cara Mengobati Flu dan Pilek Secara Alami

Cara mengobati batuk berdahak secara alami

Bagi Anda yang ingin cepat sembuh dari batuk berdahak atau sebelum menemui dokter, mungkin beberapa cara mengobati batuk berdahak secara alami dibawah ini berguna dan bisa Anda praktekkan.

1. Uap

Uap hangat merupakan cara terbaik dan sederhana untuk menghilangkan batuk berdahak. Uap yang dihirup melalui hidung mambantu mencairkan dahak, sehingga akan lebih mudah untuk keluar.

Kalian dapat melakukan metode ini dengan menuangkan air yang baru mendidih dalam mangkuk besar. Kemudian dekatkan wajah Anda pada mangkuk tersebut, tutup kepala Anda dengan handuk, hingga kepala dan mangkuk tertutupi. Lalu tarik napas dan keluarkan selama 10 menit. Metode sederhana ini dapat dilakukan beberapa kali sehari.

2. Air Garam

Cara mudah lainnya adalah dengan berkumur, menggunakan air hangat campur garam. Selain untuk mengobati sakit gigi, dengan menggunakan air garam hangat mampu menenangkan tenggorokan yang mengalami iritasi. Sedangkan garam membantu membunuh bakteri penyebab infeksi, sehingga dapat mengurangi produksi dahak dalam tenggorokan.

Untuk membuat air garam hangat ini mudah sekali, cukup siapkan segelas air hangat, dan beri garam seperempat sendok. Ulangi kegiatan berkumur ini tiga atau lebih dalam sehari.

3. Jus Lemon

Kandungan dalam lemon dapat mengurangi dahak, ditambah anti bakteri dan tingginya vitamin C yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi.

Cara mengkonsumsinya campurkan dua sendok perasan lemon dan satu sendok madu kedalam air hangat. Lalu minum sekurang-kurangnya 3 kali sehari. Cara lainnya  bisa langsung menghisap potongan lemon yang telah diberi taburan garam dan merica.

4. Jahe

Dekongestan alami yang terdapat pada jahe mampu melawan infeksi saluran pernapasan. Dan disertai, antivirus, antibakteri dan juga kandungan yang berperan sebagai ekspektoran dapat dengan mudah mengatasi dahak.

Dapatkan khasiat dan manfaat jahe dengan cara diamkan beberapa menit air panas yang telah dicampur dengan satu sendok irisan jahe. Kemudian tambahkan dua sendok madu, dan minum dua atau tiga kali sehari. Atau, bisa juga dengan mengunyah langsung irisan jahe. Dan jahe merupakan satu dari 9 cara cepat untuk mengobati batu berdahak yang paling banyak digunakan.

5. Kunyit

Dahak berlebihan yang disebabkan bakteri dapat dikurangi dengan antiseptik dari kandungan kunyit. Kunyit juga membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Konsumsi segelas susu hangat dengan campuran satu sendok air perasaan kunyit. Minum segelas dipagi hari dan sebelum tidur. Cara berbeda juga dapat dilakukan, yaitu dengan menelan langsung air perasaan kunyit satu sendok, dilanjutkan dengan segelas air untuk menghilangkan rasa pahit, lakukan tiga kali sehari. Atau, bisa juga berkumur dengan air hangat yang telah diaduk dengan kunyit dan garam, ulangi dua kali sehari.

6. Madu

Madu memiliki antibakteri, antijamur dan antivirus, yang membuatnya cocok dijadikan sebagai obat praktis untuk menenangkan radang tenggorokan dan mengatasi dahak. Ditambah, sifat antiseptik dalam madu dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh, yang mampu memulihkan infeksi lebih cepat.

Konsumsi satu sendok madu dengan taburan lada putih atau hitam, dua kali sehari. Perlu diketahui, lada mempercepat penyembuhan infeksi tenggorokan, sementara madu mengencerkan dan menekan produksi dahak. Bisa juga dengan mencampurkan madu kedalam air hangat, minum dua atau tiga kali sehari.

7. Wortel

Wortel sangat efektif mengobati batuk berdahak. Kandungan wortel, seperti antioksidan dan vitamin C mampu meningkatkan sistem imun. Ditambah dengan berbagai nutrisi lain, yang membuat wortel dapat mengurangi gejala-gejala batuk berdahak.

Dapatkan khasiatnya, dengan menghaluskan empat wortel segar. Campur dengan air, tambahkan juga 2 sendok madu dan minum setiap hari, pagi dan malam.

Faktor makanan juga berpengaruh terhadap penyembuhan batuk berdahak. Cara mengobati batuk berdahak secara alami diatas tidak akan berpengaruh, apabila kebiasaan mengkonsumsi makan tidak sehat terus dilakukan. Waspadai batuk berkepanjangan Apabila cara-cara diatas tidak merubah kondisi kesehatan Anda, segera hubungi dokter.

Semoga informasi tentang Cara mengobati batuk berdahak secara alami ini bisa membantu dan bermanfaat bagi Anda.

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Untuk informasi produk
silakan hubungi kami
sms / whatsapp :

087886358209

Info Kesehatan Lainnya

See all posts