10 Cara Menghindari Risiko Serangan Jantung

No Comments
10 Cara Menghindari Risiko Serangan Jantung

Cara Menghindari Risiko Serangan Jantung. Penyakit jantung adalah sebuah kondisi yang menyebabkan Jantung tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Hal ini karena adanya ganguan kinerja organ jantung dalam memompa darah.

Penyakit jantung menjadi penyebab kematian paling tinggi pada manusia, oleh karena itu ini sangat berbahaya bagi kita. Penyakit jantung ini biasanya menyerang orang yang berusia diatas 45 tahun.

Cara Menghindari Risiko Serangan Jantung

Berikut ini beberapa cara agar kita bisa terhindar dari bahaya penyakit jantung, apa sajakah itu?

1. Tidak merokok

Salah satu faktor besar yang menyebabkan penyakit jantung adalah rokok, khususnya aterosklerosis. Hal ini karena nikotin dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan membuat jantung bekerja lebih keras. Oleh karena itu, berhenti merokok adalah cara terbaik yang bisa dilakukan untuk menghindari penyakit ini. Selain itu, penderita juga akan menurunkan risiko bertambahnya tingkat keparahan penyakit jantung.
Baca : Ketahui manfaat berhenti merokok

2. Kontrol tekanan darah

Rajinlah kontrol tekanan darah ke dokter, khususnya bagi penderita penyakit jantung. Jika tekanan darah Anda lebih tinggi maka akan sangat disarankan untuk cek tekanan darah lebih sering, yang penting ikuti saran dokter.
Baca : Gejala tekanan darah tinggi dan risiko komplikasi

3. Memeriksa kadar kolesterol

Tidak hanya tekanan darah, kadar kolesterol juga harus diperiksa dengan rutin. Cek kadar kolesterol ini bisa dimulai ketika umur 20-an tahun selama 5 tahun sekali. Akan tetapi jika angkanya di atas normal, Anda harus lebih sering mengukur kadar kolesterolnya.
Baca : Cara menurunkan kolesterol secara alami

4. Olahraga

Dengan berolahraga, Anda akan dapat mengontrol gula darah, kolesterol hingga berat badan. Olahraga juga bisa membuat jantung lebih sehat.
Baca juga : Jenis Olahraga Ini Dapat Mencegah Kanker

5. Kontrol gula darah

Khusus untuk penderita diabetes, kontrollah gula darah dengan ketat sehingga akan mengurangi risiko penyakit jantung.
Baca : Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah

6. Konsumsi makanan sehat

Selain olahraga, yang perlu dilakukan oleh penderita penyakit jantung adalah mengubah gaya hidup, termasuk mengonsumsi makanan sehat. Beberapa makanan yang disarankan adalah buah, sayur, biji-bijian, makanan yang mengandung lemak tak jenuh atau rendah lemak jenuh, dan ikan.
Baca : Makanan Sehat Untuk Jantung Berdebar

7. Menjaga berat badan ideal

Hindari obesitas dan kelebihan berat badan. Sebaliknya, dapatkan berat badan ideal dan pertahankan di angka tersebut.
Baca :  Tips Cara Alami Mengatasi Obesitas

8. Kelola stres

Stres memang tidak bisa dihindari, karena setiap hal kadang berpotensi membuat seseorang untuk stres. Yang terpenting adalah bagaimana mengelola stres sehingga tidak menimbulkan penyakit yang lebih serius, salah satunya adalah penyakit jantung.

9. Hidup bersih

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah hidup bersih dan sehat. Kebersihan dan kesehatan ini bisa dimulai dari mencuci tangan hingga bersih. Hal ini akan mengurangi kemungkinan risiko menempelnya bakteri dan virus di tangan yang kemudian akan mengganggu kesehatan.

10. Vaksinasi

Baik saat ada wabah maupun tidak ada wabah flu, penderita penyakit jantung disarankan untuk disuntik vaksin penangkal flu. Hal ini karena flu dapat memperburuk keadaan penderita jantung.
Baca : Penyakit Hepatitis A, B, C pada anak-anak

Itulah 10 Cara Menghindari Risiko Serangan Jantung yang berhasil kami rangkum. Mudah untuk dilakukan, bukan? Semoga bermanfaat.

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Artikel Yang Lain 

See all posts