Cara Mengatasi Bronkitis Secara Alami

No Comments
Cara Mengatasi Bronkitis Secara Alami

Cara mengatasi bronkitis secara alami, Bronkitis merupakan suatu kondisi peradangan pada area bronkus (yakni saluran udara menuju paru-paru). Bronkitis umumnya bersifat ringan yang pada akhirnya dapat sembuh total. Bronkitis sendiri biasanya disebabkan oleh adanya infeksi seperti campak, batuk rejan, dan radang tenggorokan. Selain itu, bronkitis bisa disebabkan oleh virus atau bakteri. Penyakit bronkitis yang berulang terjadi bisa dialami oleh perokok maupun penderita sakit paru-paru dan saluran pernapasan yang sifatnya menahun. Infeksi yang berulang ini bisa terjadi sebagai akibat dari kondisi sinusitis kronis, alergi, bronkiektasis, serta pembesaran amandel di kalangan anak-anak.

Jenis Penyakit Bronkitis

Bronkitis terbagi atas dua tipe, yaitu bronkitis kronis dan akut. Bronkitis kronis dicirikan dengan batuk yang lama sembuh, disertai dahak yang banyak, dan utamanya terjadi pada pagi hari atau di saat tidur. Penyakit ini umumnya didahului oleh adanya infeksi pada saluran pernapasan sebelah atas.

Sementara bronkitis akut tandanya berupa batuk disertai demam dan dahak berwarna kekuningan. Bronkitis akut pada umumnya juga mengenai area paru lainnya.

Selain kedua tipe bronkitis diatas, ada juga jenis bronkitis lainnya, yakni bronkitis iritatif yang bisa disebabkan oleh bermacam jenis debu, amonia, asap dari sumber asam yang kuat, maupun sejumlah pelarut bersifat organik seperti hidrogen sulfida, sulfur dioksida, serta klorin yang biasanya ditemukan pada asap dari kebakaran hutan. Bronkitis bisa juga diakibatkan oleh polusi udara dan rokok / tembakau.

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang cara mengatasi bronkitis secara alami, ada baiknya kita mengetahui gejala-gejala bronkitis agar bisa membedakannya dari penyakit lain yang mirip, seperti Tuberkulosis. Tuberkolosis sendiri disebabkan oleh serangan kuman bernama Mycobacterium tuberculosis, yang mana kepastian penyakit ini didapat dari rontgen dada dan tes laboratorium pada sampel dahak.

Baca juga : Cara Mencegah TBC atau Tuberculosis

Gejala Bronkitis

Gejala-gejala seseorang terkena penyakit bronkitis diantaranya sebagai berikut:

  1. Batuk berdahak (warna dahak bisa kemerahan)
  2. Sering mengalami infeksi pernapasan (semisal flu)
  3. Sesak napas saat melakukan aktivitas ringan atau olahraga
  4. Sakit kepala
  5. Pipi terlihat berwarna kemerahan
  6. Gangguan penglihatan.

Setelah anda mengetahui berbagai gejala dan penyebab penyakit bronkitis, Anda harus lebih cermat dalam memilih cara mengatasi bronkitis agar tepat sesuai sasaran. Obat bronkitis alami adalah salah satu upaya pengobatan terbaik menyembuhkan bronkitis tanpa efek samping.

Cara mengatasi bronkitis secara alami

Pengobatan bronkitis biasanya ditempuh dengan memberikan obat antibiotik atau obat simptomatik. Sedangkan apabila bronkitis disebabkan oleh keberadaan virus, biasanya dapat sembuh sendiri jika penderita banyak istirahat dan makan makanan bergizi. Bagi perokok, dianjurkan untuk berhenti merokok sebab asap rokok dapat menjadi pemicu serangan bronkitis.

Untuk mengatasi bronkitis secara alami, sebenarnya banyak bahan obat tradisional yang bisa kita manfaatkan dari berbagai macam tumbuhan atau tanaman obat di sekitar kita. Berikut adalah beberapa jenis tumbuhan yang bisa gunakan untuk mengobati penyakit bronkitis secara alami beserta cara mengolahnya:

1. Cara mengatasi bronkitis secara alami yang pertama

Ambil daun patikan kerbau dan daun poko sebanyak 1/3 genggam, lalu cuci bersih dan selanjutnya tumbuk daun tersebut sampai halus. Bubuhi dengan minyak jeruk sitrun sebanyak 2 sendok lalu remas-remas. Kemudian balurkan ramuan tersebut di bagian leher penderita, lalu balut. Ulangi terapi tersebut hingga 2 kali sehari atau sebanyak yang dibutuhkan.

2. Cara mengobati bronkitis secara alami kedua

Ambil 2 kuntum bunga kembang sepatu, Selanjutnya cuci bersih dan tumbuk hingga halus. Tambahkan segelas air yang sudah masak dan sedikit garam dapur, lalu peras dan saring airnya. Minumkan air perasan ramuan tersebut hingga 2 kali sehari pada penderita dengan dosis 2 sendok makan per-minumnya.

3. Cara mengobati batuk bronkitis secara alami cara ketiga,

Siapkan beberapa bahan berikut: 1/3 genggam daun bayam duri, Sebatang rumput bolong, Sebatang orang aring, ½ jari polasari, 1 sendok teh adas, 3 jari gula enau, ¼ genggam kayu angin

Cara membuat ramuan obat batuk bronkitis adalah Seluruh bahan ramuan diatas dicuci sampai bersih, lalu potong-potong seperlunya. Selanjutnya rebus dalam air mendidih sebanyak empat gelas, tunggu hingga menyisakan air setengahnya saja. Biarkan hingga dingin ambil airnya. Kemudian minumkan air rebusan tadi hingga 2x sehari pada penderita sebanyak ½ gelas per-minumnya.

Baca juga : Cara mengobati batuk berdahak secara alami

5. Cara Mengatasi Bronkitis Secara ke empat

K-Muricata merupakan Obat alami bronkitis paling efektif untuk mengatasi bronkitis dengan hasil yang optimal dan maksimal. Obat herbal K-Muricata produk berkualitas tinggi yang di proses dengan teknologi modern, sehingga menghasilkan produk herbal yang ampuh dan berkualitas. Teh herbal K-Muricata hasil perpaduan tanaman herbal keladi tikus dan daun sirsak yang berkhasiat sangat ampuh dalam mengatasi berbagi macam penyakit kronis maupun akut. Termasuk salah satunya untuk pengobatan batuk bronkitis.

Daun sirsak yang terkandung dalam herbal tradisional penyembuh bronkitis teh K-Muricata, memiliki kandungan senyawa acetogenin. Khasiat acetogenin memiliki daya kerja 10.00o kali lipat lebih kuat dalam menghambat pertumbuhan sel kanker dibandingkan dengan kemoterapi. Acetogenins juga bekerja sangat selektif, hanya mematikan dan membunuh sel kanker tanpa merusak sel normal lainnya. Khasiat lainnya dari kandungan daun sirsak juga masih memiliki khasiat luar biasa lainnya seperti mengatasi virus, parasit, tumor, mutasi gen dan merileksasi otot, anti kejang, dan tentunya bakteri yang masuk kedalam bronkitis.

Obat Kanker daun sirsak dan keladi tikus

Harga obat Bronkitis K-Muricata Rp. 600.000,- (Belum termasuk ongkos kirim)

Pantangan Makanan Penderita Batuk Bronkitis

Berikut ini beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari hingga masalah pernapasan Anda membaik.

1. Makanan Asin

Makanan tinggi akan kandungan sodium atau garam bisa merusak kesehatan pernapasan dan mengacaukan peredaran darah. Cairan pada jaringan bronkial bakal meningkat dengan mengonsumsi makanan-makanan asin sehingga akan memperparah inflamasi. Bahkan lendir akan semakin mengental karenanya. Makanan beku, daging olahan, sup kalengan, keripik kentang, kerupuk, serta pretzel perlu dihindari.

2. Gula Halus

Gula halus menambah kalori dan rasa manis, tetapi sayangnya minuman dan makanan yang mengandung gula halus hampir tidak mempunyai kandungan nutrisi. Oleh karena itu jika mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula halus di khawatirkan gejala bronkitis dapat menjadi lebih buruk. Jadi, hindari makanan seperti biskuit, brownies, sereal manis, jelly, sirup pancake, susu coklat, permen (kecuali rasa mentol), minuman ringan dan bersoda, kue pie, serta muffin.

3. Produk Susu Berkandungan Lemak Tinggi

Susu merupakan sumber kalsium dan protein tinggi, susu juga merupakan makanan yang baik untuk penderita bronkitis. Tetapi susu yang baik untuk kesehatan pernapasan dan paru-paru adalah yang tidak berlemak tinggi. Akan tetapi produk susu dengan kandungan lemak yang tinggi justru mengganggu pernapasan, seperti sup yang ada krimnya, es krim, cheesecake, dan pizza dengan keju sebagai toppingnya.

Makanan Gorengan

Gejala bronkitis serta radang pada paru-paru dapat diperparah dengan mengonsumsi gorengan. Lebih dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang dipanggang, dibakar, maupun dikukus. Contoh makanan yang digoreng yang sebaiknya tidak dikonsumsi adalah keripik kentang, ayam goreng, serta kentang goreng yang kaya akan lemak jenuh.

Baca juga : Obat Herbal Penyakit TBC Paru-paru Paling Ampuh
Itulah beberapa resep tradisional cara mengatasi bronkitis secara alami. Semoga dengan mempratekkan cara-cara tersebut, sakit bronkitis yang anda derita bisa segera sembuh. Apabila telah sembuh, mulailah untuk kembali ke pola hidup sehat. Selamat mencoba.

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Untuk informasi produk
silakan hubungi kami
sms / whatsapp :

087881220500

Info Kesehatan Lainnya

See all posts