Cara Mencegah Kanker Rahim
in ,

Tips Cara Mencegah Kanker Rahim Pada Wanita

Tips Cara Mencegah Kanker Rahim Pada Wanita  – Kanker serviks atau kanker rahim merupakan momok bagi kalangan perempuan. Orang yang telah terjangkit kanker rahim cukup sulit untuk bisa sembuh secara total kecuali harus diangkat rahim. Tetapi jika seseorang sudah diangkat rahimnya akan membuat orang tersebut tidak bisa hamil dan memiliki keturunan. Mencegah kanker rahim tentunya lebih mudah dari pada mengobati.

Baca : Kenali Gejala dan Penyebab Kanker Rahim

Agar tidak terjangkit penyakit ini lebih baik melakukan pencegahan. Ada banyak sekali cara mudah mencegah Kanker Serviks yang dapat Anda lakukan. Dengan melakukan pencegahan akan membuat Anda bisa terhindar dari penyakit yang berbahaya ini.

Cara Mencegah Kanker Rahim

Berikut ini beberapa tips cara mencegah kanker rahim

  1. Jauhi rokok
    Peringatan bagi wanita perokok. Nikotin selain menyebabkan kanker paru dan penyakit jantung juga meningkatkan risiko kanker leher rahim. Nikotin mempermudah semua sel selaput lendir seluruh tubuh bereaksi dan mudah terangsang baik tenggorokan, paru maupun leher rahim.
  2. Kebiasaan membersihkan vagina dengan balk.
    Belakangan sudah banyak beredar berbagai antiseptik untuk kesehatan maupun untuk kosmetik. Padahal pencucian vagina dengan zat-zat tertentu malah merangsang timbulnya kanker serviks. Rangsangan yang terus-menerus meningkatkan risiko terjadinya kanker. Jadi, sebaiknya pencucian vagina tidak memakai zat kimia, kecuali atas saran dokter. Juga cairan yang bertujuan untuk membunuh kuman, akan membunuh basil Donderlain yang secara normal ada di dalam vagina. Padahal basil Donderlain berfungsi untuk menjaga keasaman vagina (pH). Bila pH terganggu, tumbuh kuman atau jamur hingga timbul penyakit.
  3. Menaburi vagina dengan talk karena gatal dan basah
    Pemakaian talk pada vagina perempuan usia subur berisiko timbulanker ovarium. Karena pada perempuan usia subur, terjadi luka di ovarium setiap peristiwa ovulasi. Talk bisa masuk ke dalam luka tersebut dan berisiko tim-bul kanker.
  4. Berganti-ganti pasangan seksual
    Perilaku seperti ini beriserjadi kanker serviks dan kanker rahim. Hal ini berkaitan dengan infeksi Human Papiloma Virus (HPV). Virus ini menyebabkan sel mukosa menjadi cepat membelah hingga melebihi kebutuhan, dan lama-lama meningkatkan risiko terjadi kanker.
  5. Usia pernikahan
    Perempuan yang tidak menikah atau terlambat menikah berisiko menderita kanker ovarium dan kanker endometrium. Karena ovulasi terus terjadi setiap siklus tanpa istirahat, berarti rangsangan terhadap endometrium terus terjadi.
  6. Penggunaan estrogen
    Seperti pada perempuan yang terlambat memasuki usia menopause, rangsangan terhadap endometrium berlangsung lebih lama. Endometrium lebih sering terpapar estrogen, hingga lebih berisiko timbul kanker. Demikian pula yang terjadi pada perempuan yang memakai estrogen, memungkinkan berisiko menderita kanker. Di negara mperempuan menopause menggunakan estrogen untuk mencegah osteoporosis dan penyakit jantung. Hal ini akan merangsang endometrium menebal dan merangsang terjadi perubahan sel endometrium hingga berisiko timbul kanker. Dengan demikian, pemakaian estrogen pada perempuan menopause harus di bawah pengawasan dokter agar perubahan menjadi kanker dapat dideteksi secara dini.
  7. Makanan yang terbuat dari kedelai diyakini mengurangi risiko terjadi kanker
    Penelitian di Cina yang melibatkan 1.700 perempuan, ditemukan bahwa yang gernar mengkonsumsi makanan yang terbuat dari kacang kedelai lebih kecil risiko menderita kanker. Penelitian dilaksanakan di Sanghai pada 832 wanita antara tahun 1997-2001, dengan umur antara 30-69 tahun. Kelompotrol terdiri atas 846 perempuan dengan kelompok umur yang sama. Dari penelitian ini juga terlihat risiko kejadian kanker rahim akan lebih kecil pada peremoverweight yang mengkonsumsi makanan yang terbuat dari kacang kedelai seperti tempe. Makanan dari kacang kedelai kaya dengan isoflavones, kelompok phytoestrogen yang bertindak seperti estrogen di dalam tubuh. Phitoestrogen bermanfaat mencegah kejadian penyakit jantung dan kanker.
    Baca juga : Makanan Pencegah Kanker Rahim dan Kanker Serviks
  8. Olah Raga
    Olahraga merupakan aktivitas penting yang wajib dilakukan oleh setiap orang, tubuh kita akan ‘rentan’ terhadap penyakit jika kita tak menjalani kebiasaan sehat ini. Baik dilakukan oleh anak-anak hingga lansia, bahkan untuk ibu hamil karena hal tersebut dapat mencegah kanker rahim.
    Cukup olahraga 38 menit setiap hari. Menurut penelitian World Cancer Research Fund’s Continuous Update Project di Inggris, kebiasaan sehat ini membantu mencegah 44 % kasus kanker baru.Bukti kuat menunjukan 3.700 penyakit kanker rahim bisa dicegah. Kanker rahim sebagian besar menyerang wanita yang berusia 60 tahun ke atas. Biasanya sel kanker menyerang endometrium yaitu lapisan rahim.”Kanker endometrium salah satu kanker paling umum di kalangan wanita tetapi sebagian besar kasus dapat dicegah dengan mempertahankan berat badan serta tetap aktif secara fisik,” ujar dr. Elisa Bandera, associate professor of epidemiology di Rutgers Cancer Institute.Para ilmuwan percaya ada beberapa hubungan antara lemak tubuh dan sel kanker. Seperti sel-sel lemak melepaskan hormon yang dapat meningkatkan risiko beberapa jenis kanker.Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu untuk menjaga kadar hormon tetap sehat. Serta menjadi Solusi kanker serviks pada wanita memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menjaga sistem pencernaan tetap dalam kondisi baik.

Bagi Anda yang sudah terjangkit penyakit kanker rahim, segera konsultasikan dengan dokter agar segera mendapatkan pertolongan. Untuk pengobatan secara alternatif kami sarankan dengan mengonsumsi Obat herbal kanker serviks K-Muricata.

Obat Penyakit Kanker Rahim Herbal Paling Ampuh

Written by Obat Herbal

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Obat Alami Paru-Paru Basah Paling Ampuh

Cara Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa

Cara Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa