Cara Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa
in ,

Cara Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa

Cara mencegah bau mulut saat berpuasa, Di Bulan Ramadhan umat Islam menjalankan ibadah puasa. Berpuasa berarti tidak ada asupan melalui mulut sehingga mulut menjadi kering dan menyebabkan bau mulut (halitosis dalam istilah kedokterannya). Bau mulut selama berpuasa memang menimbulkan ketidak nyamanan. Apalagi ketika pekerjaan mengharuskan berinteraksi dengan orang banyak sehingga kita merasa canggung karena bau mulut tersebut.

Saat seseorang berpuasa, aktivitas dalam rongga menjadi mulut berkurang dan menyebabkan rangsangan kelenjar ludah untuk memproduksi saliva (air liur) berkurang. Padahal air liur berfungsi untuk mengontrol pertumbuhan bakteri dalam rongga mulut. Jika produksi air liur berkurang, maka produksi bakteri akan meningkat. Aktivitas bakteri, terutama bakteri anaerob, yang ada di dalam rongga mulut itulah yang membuat bau mulut. Sebesar 98 % penyebab bau mulut itu berasal dari masalah dalam rongga mulut. Dan sisanya itu disebabkan, masalah dalam saluran pencernaan, ginjal, hati dan penyakit sistemik serta infeksi paru-paru, infeksi telinga, hidung dan tenggorokan. Sebelum kita membahas cara mencegah bau mulut tentunya kita harus tahu apa yang menjadi penyebab bau mulut itu sendiri.

Baca juga : Cegah kanker dengan kebersihan gigi dan mulut

Penyebab bau mulut

Bau mulut dapat disebabkan oleh beberapa hal, antara lain :

  • Produksi air liur yang berkurang saat puasa sehingga mulut menjadi lebih kering
  • Bakteri yang berkembang biak di dalam mulut. Mikroorganisme ini bersembunyi di antara gigi dan menutupi lidah, setelah itu akan berkembang biak dan mengeluarkan bau tak sedap.
  • Penyakit gigi dan mulut seperti gigi berlubang, gusi berdarah, penggunaan gigi palsu yang tidak baik, radang gusi karena karang gigi, lidah kotor dan periodontitis.
  • Kondisi penyakit maag dapat menyebabkan bau mulut bila melepaskan gas dan bersendawa.
  • Penyakit lain seperti liver, saluran pernapasan , gangguan ginjal atau penyakit keganasan (kanker rongga mulut).
  • Makanan yang berbau tajam seperti bawang merah, bawang putih, ikan dapat menyebabkan bau mulut, bahkan bau tersebut akan tetap ada setelah menggosok gigi.
  • Kebiasaan buruk seperti merokok, mengunyah tembakau dapat meninggalkan rasa dan bau yang benar-benar buruk di mulut.
  • Radang amandel.
  • Infeksi sinus.

Baca juga :  Obat Herbal Kanker Mulut Alami Paling Ampuh

Cara mencegah bau mulut saat berpuasa

Sebenarnya bau mulut saat menjalankan puasa tak perlu dirisaukan, beberapa tips sederhana cara mencegah bau mulut selama puasa, yaitu :

  1. Menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan cara menggosok gigi dan lidah sehabis makan sahur dan sebelum tidur. Bersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi. Menyikat lidah akan membersihkan bakteri yang menjadi penyebab bau mulut. Dalam sebuah studi ditemukan bahwa dengan menyikat lidah, bau mulut dapat berkurang sebanyak 70%.
  2. Berkumur dengan larutan khusus (antiseptik) untuk menghilangkan bau mulut. Jika menggunakan cairan kumur, jangan memakai cairan dengan kandungan alkohol di atas 25 % karena memicu risiko kanker rongga mulut. Berkumur ternyata hanya mampu mengatasi bau mulut antara 4 hingga 8 jam. Itu pun jika seseorang memiliki kondisi gigi dan mulut yang sehat.
  3. Periksa ke dokter gigi minimal enam bulan sekali.
  4. Hindari rokok dan alkohol karena dapat memperburuk status kebersihan mulut yang memicu terjadinya gingivitis dan periodontitis. Alkohol mengurangi produksi air liur dan berpengaruh terhadap bau mulut.
  5. Perbanyak konsumsi buah-buahan pengusir bau mulut seperti apel, bengkuang dan wortel.
  6. Konsumsi teh hijau mengandung bahan aktif catechin yang dapat menghilangkan plak, menurunkan kadar gula darah serta membunuh bakteri penyebab bau mulut. Minumlah 2-5 cangkir teh hijau sehari.
  7. Makan keju rendah karbohidrat, tinggi kalsium dan mengandung fosfat, dapat memperkuat email gigi, meningkatkan produksi air liur dan mengurangi pertumbuhan karang gigi.
  8. Mengonsumsi air putih minimal satu liter (8-10 gelas) sehari selama berbuka hingga sahur. Ini untuk menjaga keseimbangan air dalam tubuh.
  9. Asupan makanan probiotik seperti yogurt yang memelihara pencernaan dan menghambat bau mulut.
  10. Cek sinus, karena infeksi sinus dapat menyebabkan bau mulut.
  11. Hindari menyantap hidangan yang beraroma ‘aduhai’ seperti petai, jengkol, bawang mentah, durian pada saat bersantap sahur.
  12. Saat sahur, sebaiknya makan dengan menu sayuran tumis atau sayur bening kemudian ditutup semangkuk buah segar.
  13. Konsumsi rempah-rempah seperti ketumbar, mint, rosemary, dan kapulaga akan sangat baik untuk menghilangkan bau mulut.
  14. Konsumsi vitamin C seperti berry, jeruk, dan melon. Dapatkan vitamin C dari buah dan makanan lain, tetapi jangan dari suplemen karena suplemen justru memperparah bau mulut.
  15. Lebih banyak mengonsumsi makanan seperti dalam bentuk sop atau sayur-sayuran berkuah. “Dianjurkan juga minum jus pada saat berbuka,”

Baca : Cara Alami Menghilangkan Bau Mulut

Itulah beberap tips Cara mencegah bau mulut saat berpuasa, semoga bisa membantu dan selamat menjalankan ibadah puasa.

Written by Obat Herbal

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Cara Mencegah Kanker Rahim

Tips Cara Mencegah Kanker Rahim Pada Wanita

Perawatan Kanker Serviks Berdasarkan Stadiumnya

Perawatan Kanker Serviks Berdasarkan Stadiumnya