Cara Alami Mengatasi Perut Kembung

No Comments
Cara Alami Mengatasi Perut Kembung

Cara Alami Mengatasi Perut Kembung. Perut kembung pada saat ini merupakan gejala atau kejadian yang banyak di alami oleh banyak orang, apalagi pada saat kondisi puasa atau tidak melakukan pola makan yang baik. Mencari tahu mengatasi perut kembung merupakan hal yang perlu anda ketahui untuk terhindar dari penyakit perut kembung.

Perut kembung adalah gejala yang di alami oleh seseorang karena terlalu banyaknya gas/udara di dalam perut. Kondisi tersebut akan menyebabkan pembengkakan abnormal atau peningkatan diameter di daerah perut sehingga perut terasa sangat penuh, yang dapat menyebabkan sakit perut.

Pada umumnya secara normal tubuh akan menghasilkan udara sebanyak 0,5 – 1,5 liter gas, jika kondisinya melebihi maka akan membuat perut menjadi terasa tidak enak karena kembung.

Penyebab perut kembung

Penyebab perut kembung bisa bermacam-macam, perut kembung bisa disebabkan karena cuaca dingin sehingga menjadi masuk angin. Selain itu pola makan yang tidak baik atau disebabkan karena menderita kelainan pada sistem pencernaan (celiac disease) juga bisa menyebabkan anda menderita perut kembung. Kondisi stress juga bisa menstimulasi timbulnya perut kembung karena saat stress saluran pencernaan tidak bekerja dengan optimal yaitu menyebabkan produksi air liur menjadi berkurang, enzim pencernaan menjadi lebih sedikit, sehingga makanan tidak bisa dicerna dengan sempurna. Proses pencernaan yang tidak sempurna membuat produksi gas menjadi meningkat sehingga membuat perut menjadi kembung.

Walaupun jarang terjadi, pada kasus tertentu perut kembung juga dipicu oleh alergi atau intoleransi obat dan makanan serta penyakit seperti dispepsia, gangguan pankreas, dan sembelit.

Pencegahan perut kembung

Mencegah adalah lebih baik dari pada mengatasi perut kembung, beberapa hal yang dapat anda lakukan agar terhindar dari perut kembung :

1. Memperbaiki pola makan

Usahakan untuk melakukan pola makan yang baik dengan selalu mengunyah makanan yang anda makan setidaknya 20 kali sebelum anda telan. Hal ini agar memudahkan kerja saluran pencernaan anda. Perbanyak mengkonsumsi makanan yang direbus serta berkuah serat hindari makanan yang sulit untuk dicerna seperti bawang, kubis, buah mentah/mengkal, ubi jalar, kopi, cokelat, dan goreng-gorengan. Konsumsi lebih banyak air putih dan hindari minuman yang mengandung alkohol.

2. Hindari stress yang berlebihan

Salah satu penyebab fungsi saluran pencernaan tidak bekerja dengan optimal adalah karena kondisi stress. Oleh karena usahakan agar anda tidak mengalami stress yang berlebihan. Segera mencari solusi jika anda merasa sedang dalam kondisi stress misalnya dengan melakukan liburan bersama keluarga, melakukan aktifitas yang anda sukai dan sebagainya.

3. Rutin berolah raga

Melakukan olah raga yang rutin akan membantu pergerakan usus agar dapat melakukan proses pencernaan dengan baik. Olah raga yang anda lakukan tidak perlu yang berat, cukup lakukan olah raga ringan seperti jogging atau jalan sehat akan tetapi rutin dilakukan.

Pengobatan perut kembung

Untuk anda yang saat ini menderita perut kembung, anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter. Biasanya pengobatan yang diberikan untuk mengatasi perut kembung adalah obat antifoam. Obat antifoam berfungsi untuk menghilangkan gelembung gas dalam usus dan memungkinkan udara keluar melalui kentut sehingga akan meringankan perut kembung anda.

Cara alami mengatasi perut kembung

Untuk pengobatan perut kembung secara alami ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan cepat. Berikut ini tips cara mengatasi perut kembung secara alami :

1. Cara mengatasi perut kembung dengan manfaat jahe

Salah satu cara mengatasi perut kembung secara alami adalah dengan memanfaatkan tanaman herbal jahe. Jahe merupakan salah satu obat kembung alami, Cara memanfaatkan jahe sebagai obat perut kembung alami adalah dengan cara ambil beberapa ruas jahe, cuci sampai bersih kemudian di potong-potong menjadi beberapa bagian. Selanjutnya direbus sampai matang tambahkan gula secukupnya , atau juga bisa diseduh dengan air panas menjadi wedang jahe, kemudian segera minum dalam keadaan hangat.

Baca juga : Khasiat dan Manfaat Jahe Merah bagi Kesehatan

Cara pengobatan kembung alami dengan ahe ini sangat mudah dilakukan dan cara ini tidak menimbulkan efek samping.

2. Cara alami mengatasi kembung dengan Bawang merah

Bahan alami lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi perut kembung adalah bawang merah. Cara penggunaan adalah dengan menyiapkan beberapa bawang merah selanjutnya diparut, campurkan minyak telon atau minyak kayu putih kedalam parutan bawang merah tadi. Kemudian tempelkanlah parutan bawang merah tadi pada bagian pusar.

3. Mengatasi perut kembung secara alami dengan kayu manis

Cara mengatasi perut kembung secara alami lainnya adalah dengan menggunakan kayu manis. Caranya adalah dengan merebus kayu manis dengan air hingga mendidih tambahkan sedikit gula, kemudian dinginkan. Minumlah air ramuan kayu manis ini selagi hangat secara rutin.

4. Mengatasi perut kembung secara alami dengan temu putih

Cara alami mengobati perut kembung dengan memanfaatkan temu putih adalah dengan cara merebus hingga mendidih, selanutnya dinginkan. Minumlah air ramuan temu putih ini selagi hangat.

5. Cara alami mengobati perut kembung dengan Jeruk nipis

Bahan alami lain yang bisa membantu mengatasi perut kembung adalah jeruk nipis. Cara membuat ramuan obat kembung alami dengan jeruk nipis adalah dengan cara memeras jeruk nipis, ambil airnya dan dan tambahkan beberapa tetes minyak telon atau minyak kayu putih setelah itu oleskan pada bagian perut Anda.

6. Cara Alami Mengatasi perut kembung dengan pacar cina

Cara alami mengatasi perut kembung menggunakan pacar cina adalah dengan cara direbus sampai matang, dinginkan. Setelah itu minumlah air rebusan pacar cina tersebut secara rutin dan teratur.

7. Mengatasi perut kembung secara alami dengan kapulaga

Cara alami mengatasi perut kembung dengan menggunakan kapulaga adalah dengan kapulaga cara direbus hiingga matang, setelah dinginkan. Minumlah air ramuan kapulaga ini secara rutin dan teratur untuk mendapatkan hasil terbaik.

8. Mengatasi perut kembung secara alami dengan buah beligo

Cara alami mengatasi perut kembung secara cepat lainnya adalah dengan menggunakan buah beligo. Cara membuat ramuan untuk mengatasi kembung adalah, siapkan buah beligo ukuran sedang kemudian kupas kulitnya. Kemudian potong-potong kecil- kecil selanutnya direbus dengan air secukupnya hingga tersisa setengah gelas. Selanutnya dinginkan dan saring airnya, untuk Mengatasi Perut Kembung Secara Alami sebaiknya minum airnya secara teratur.

9. Mengatasi perut kembung secara alami dengan daun delima putih

Salah satu cara alami mengatasi perut kembung adalah dengan menggunakan daun delima putih. Cara membuatnya adalah dengan menyiapkan 5 helai daun delima putih, dan ½ gelas air. Daun delima putih dicuci sampai bersih lalu diremas-remas tambahkan air kemudian rebus hingga mendidih. Dinginkan rebusan daun delima putih dan saring airnya. Untuk Mengatasi Perut Kembung Secara Alami minumlah airnya 3 kali sehari secara teratur.

Baca juga : Manfaat Delima Merah dan Khasiatnya untuk Kesehatan

Demikian ulasan mengenai penyebab perut kembung serta Cara Alami Mengatasi Perut Kembung. Semoga ulasan ini bermanfaat dan berguna bagi kita semua.

Obatherbal-murah.com adalah blog informasi kesehatan terutama pengobatan secara alami dan tradisional agar dapat membantu meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Untuk informasi produk
silakan hubungi kami
sms / whatsapp :

087881220500

Info Kesehatan Lainnya

See all posts